Widget HTML Atas

Wisata Pulau Sembilan di Pangkalan Susu Kabupaten Langkat

pulau sembilan
Pulau Sembilan mungkin terdengar asing di telinga Anda, namun tidak bagi beberapa komunitas dan para pegiat lingkungan terutama mereka yang berkonsentrasi pada pelestarian hutan Mangrove.

Pulau Sembilan ini berada di wilayah kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Selain Pulau Sembilan, sebenarnya masih ada satu pulau lain lagi bernama Pulau Kampai, letak keduanya berdekatan satu dengan yang lain.

Pulau Sembilan Langkat

Pulau dengan luas sekitar 370 hektar ini tergolong unik, selain karena lokasinya yang dikelilingi oleh laut dan menghadap ke Selat Melaka, daerah ini adalah cermin dari kehidupan para nelayan di Indonesia yang hidupnya memprihatinkan.

Tak hanya itu saja, perambahan hutan mangrove yang dijadikan sebagai perkebunan kelapa sawit membuat mata para pengiat dan pemerhati lingkungan tercenung serta ikut bertindak.

pulau sembilan
1. Pesona Wisata Pulau Sembilan
Menikmati pesisir pantai yang berpasir putih merupakan kegiatan menarik, selain itu Anda dapat menghabiskan waktu menikmati suasana sunrise dan sunset.

Bila Anda memiliki hobi bersepeda, Anda dapat menelusuri sekeliling pulau seraya melihat kehidupan para penduduk yang tinggal di sekitar kawasan.

Pulau Sembilan dahulunya merupakan lokasi pertambangan minyak Pertamina sehingga sampai saat ini anda dapat melihat indahnya suasana malam karena dikejauhan terdapat banyak lampu-lampu di sekitar lokasi pertambangan.

Anda juga dapat mencoba memancing ikan di sekitar Pulau Sembilan. Terdapat berbagai aneka ragam ikan di sekitar kawasan. Anda juga dapat mengunjungi Pulau Kampai.

2. Lokasi dan Rute ke Pulau Sembilan
Untuk menuju lokasi anda dapat menggunakan transportasi darat yakni angkutan berupa bus dari Amplas dan Pinang Baris. Alternatif lain adalah menggunakan kereta api, namun anda harus kembali menaikki transportasi lokal.

Waktu tempuh dari Kota Medan ke Pangkalan Susu membutuhkan waktu sekitar 4 jam dan waktu tempuh dari Pangkalan Susu ke Pulau Sembilan menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Anda dapat menggunakan transportasi penyebrangan kapal laut.