Widget HTML Atas

7 Potret Pulau Putri Sibolga, Biaya Trip dan Akses ke Lokasi

Potensi destinasi bahari atau marine tourism di Sumut tak boleh dipandang sebelah mata. Salah satu tempat asik untuk dijelajah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam dan perlu diceritakan adalah Pulau Putri Sibolga.

pulau putri sibolga tapteng via @evajevank dan veronicawijaya1
Berada di elevansi 720 m dan berlokasi di Tapteng, Pulau Putri Sibolga merupakan daratan kecil yang dikelilingi samudera biru di tepi barat Sumatera. Selain kondisi geografis tersebut, ukuran pulau ini sendiri diketahui cukup sempit. Jika dilihat berdasarkan batas laut, maka luas totalnya yakni 2,5 hektar.

Pergi berwisata ke pulau Putri berarti menikmati perjalanan yang memberikan seribu pengalaman. Usai nge-trip ke sana, dijamin puas akan keindahan bawah laut di Sibolga. Plus, pemandangan pohon kelapa dan pantai putih di sepanjang dermaga kapal yang sulit dilupakan.

Akses ke Pulau Putri Sibolga tidak sulit kok, yakni dengan menggunakan sarana kapal penyebrangan dari Sibolga atau Tapteng. Jadi sebenarnya, sahabat PSN tidak memerlukan jasa guide atau paket wisata. Secara detail, simak ulasan berikut.

Pulau Putri Sibolga

Secara administratif, terletak di Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah. Tapi entah kenapa lebih familiar dengan akhiran Sibolga. Dari pelabuhan ke sana jaraknya sekitar 12 mil.

1. Biaya Tiket dan Kapal 2020

kapal ke pulau via tri putri panjaitan
Lantaran tak sedekat pulau karang dan pulau unggas, maka biaya kapal ke pulau Putri Sibolga tentunya lebih mahal. Perlu diingat, tidak ada jadwal penyebrangan tetap ke tempat indah itu. Mau atau tidak, hanya ada 1 pilihan yakni menyewa kapal seharian penuh.

Adapun kapalnya biasa bersandar di pelabuhan Sibolga. Biaya sewa kapal pulang pergi dengan jumlah penumpang sebanyak 10 s/d 15 orang dengan perjalanan dua jam dikenai harga Rp2.000.000 per unit.

Harga sewa kapal umumnya akan mengalami kenaikan di saat libur besar seperti tahun baru, natal, imlek maupun idul fitri. Opsi lain agar lebih murah tentu menggunakan perahu nelayan. Atau, mengajak teman beramai-ramai sehingga biayanya dapat dibagi-bagi.

Itu saja bajet berlibur yang perlu dikeluarkan selain kebutuhan pribadi. Pasalnya, sampai sekarang tidak ada pungutan retribusi maupun tiket masuk.

2. Fasilitas dan Akomodasi

tidak ada penginapan di pulau putri via siman pratama/fb
Jangan berharap akan menemukan hotel di Pulau Putri. Karena sama sekali tidak ada akomodasi di sini, maka opsinya adalah camping atau berkemah. Namun, jika khawatir terkait keamanan, lebih bagus memilih penginapan di sibolga.

Pulau Putri di Sibolga sendiri minus dari segi fasilitas. Amenitas yang dijumpai hanya dermaga kapal kecil dan sebuah gubuk yang sudah ditinggal pemilik.

Kalau keputusan berlibur sudah bulat, perlu mempersiapkan kebutuhan yang akan dipakai selama di sana. Meliputi makanan, pakaian renang, peralatan snorkeling dan minuman. Satu lagi yang cukup urgent, ketersediaan air tawar sama sekali tidak ada.

Hal Menarik di Pulau Putri Sibolga

Membicarakan tentang aktivitas wisatanya, tentu tidak lepas dari eksotika yang dimiliki. Kira-kira, hal seperti apa sajakah yang bisa dilihat?

3. Snorkeling di Bawah Laut yang Menawan

panorama epik di bawah laut sibolga via anjelina gho/fb
Ide kegiatan pertama yang wajib dilakukan di sini adalah menikmati pemandangan bawah laut. Meresapi keindahan suasana laut yang dihiasi terumbu sambil berenang di tengah birunya air jadi hal menarik.

Bersih, nyaman dan tenang lantaran dihiasi panorama vegetasi khas tropis. Kemolekan air laut yang asik direnangi pun tampak rupawan. Tatkala mengapung di atas air, langit biru dan laut rasanya menyatu tanpa sekat.

Setelah bahagia menyaksikan lukisan alam yang indah di bawah laut Sibolga, saatnya untuk naik ke daratan. Mengisitirahatkan diri usai berbasah-basah di air asin. Namun, hewan bulu babi wajib diperhatikan. Hewan laut tersebut komunitasnya cukup banyak.

4. Bermain Pasir di Pantai

pantai berpasir putih dengan laut biru via fransiscus hong
Jatuh cinta akan kecantikan pantai Putri adalah hal biasa. Takjub rasanya menemukan indahnya butiran pasir putih yang halus dengan campuran air laut yang begitu biru di sepanjang bibir pantai putri.

Ketika menjelang malam atau senja, coba habiskan waktu duduk di dermaga kapal. Hembusan angin dari arah laut ke pantai akan menciptakan angin sepoi-sepoi yang meliukkan barisan pohon nyiur. Sejuk, apalagi jika meminum seteguk air kelapa. Sungguh nikmat dunia yang tiada tara.

Bagi si pemburu foto, memanfaatkan momen sunset dengan memotret dermaga serta lanskap pulaunya tidak akan sia-sia. Keelokannya tampak mewah dari berbagai sudut. Ingin tanning? berjemurlah di pantai ini, matahari akan mendukung kemauan itu.

legenda putri runduk di pulau putri via wignyorahadi

Sejarah dan Legenda Pulau Putri Runduk

Di balik sebuah destinasi selalu ada cerita rakyat yang menyertainya. Pun tentang Pulau Putri, bagi orang Sibolga, daratan ini adalah tempat bersembunyi ratu kerajaan yang konon tinggal dan berkuasa di Mursala yakni Putri Runduk.

Legenda ini mengkisahkan sang ratu yang memiliki aura kecantikan luar biasa. Bahkan, pesonanya terpancar hingga ujung negeri. Sebab itu, banyak bangsawan datang berkunjung karena ingin meminangnya. Kendati demikian, ia telah melabuhkan hati kepada Datuk Hitam seorang raja di Sorkam.

Ketika sedang bersenda gurau dengan dayang-dayangnya. Tiba-tiba sebuah kapal merapat, ialah pasukan Raja Janggi dari India yang diketahui ingin meminangnya. Lantaran sudah memiliki kekasih dan tak menyukai karakter Raja Janggi. Ia pun menolak secara halus dan mengajukan syarat.

Di tengah raja Ranggi berusaha memenuhi syaratnya yaitu merapatkan kerajaan Mursala dengan Sorkam, si putri yang jelita mulai menyusun rencana agar si raja tak berhasil. Dibunyikanlah lesung sehingga ayam ikut berkokok. Pertanda bahwa pagi sudah tiba. Sesuai aturan, jika daratan kerajaan dan Sorkam belum menyatu ketika fajar menyingsing, Raja Janggi dianggap gagal.

Sayangnya, hal itu diketahui oleh Raja Janggi sehingga ia murka. Paska berjuang mempertahankan kerajaan tapi sudah tak sanggup lagi, Runduk pun terpaksa melarikan diri. Tempat di mana ia terakhir kali menginjakkan kaki sebelum melompag ke laut inilah yang sedang kita bahas yakni Pulo Puti.

Meski sekarang pulau Puteri jadi idola wisata pantai di Tapteng, tapi hikayatnya tetap dikenang abadi serta tertuang dalam beberapa literasi seni sastra dan budaya. Nah, sudah tahu berapa biaya trip dan akses terbaik ke sana.

Berlangganan via Email