Top Ad unit 728 × 90

4 Fakta Tugu Becak Pematang Siantar, Ikon Pariwisata Kota Terbesar Kedua di Sumatera Utara

Tugu Becak Pematang Siantar diresmikan oleh pemerintah pada Oktober 2016 lalu bersamaan dengan konvoi becak bermotor yang berhasil mendapatkan penghargaan dari museum MURI. Dengan tampilan dan arsitektur sederhana namun unik, Tugu dengan dominasi warna merah putih dan hitam tersebut diharapkan menjadi salah satu ikon pariwisata Siantar.


Sejarah Keberadaan Becak Motor BSA di Siantar

Birmingham Small Army atau lebih dikenal dengan singkatan BSA, merupakan jenis motor langka yang mulai diproduksi di Inggris pada tahun 1940 dan kemudian dihentikan produksinya pada 1960. Perusahaan BSA sendiri muncul pada 1861 silam oleh 14 orang pendiri Birmingham Small Arms Company.

Di awal peluncuran, BSA dirancang sebagai kebutuhan transportasi di masa perang yang kemudian dibawa oleh penjajah ke berbagai negara. Salah satunya adalah Indonesia.

Baca juga artikel menarik kami lainnya tentang Pariwisata Pematang Siantar
Tempat Wisata di Pematang Siantar
Jarak dari Medan ke Berbagai Kota di Sumatera Utara

Penyebaran Motor BSA di Pematang Siantar
 
Motor BSA beredar di Indonesia pada masa penjajahan. Jarak tempuh dari Medan ke Pematang Siantar menjadi alasan mengapa para prajurit penjajah memiliki motor jenis ini. Seiring dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia, motor-motor tersebut pun berpindah tangan kepada masyarakat lokal. Hingga saat ini diketahui ada sekitar 1000-an motor BSA di Pematang Siantar.



Kelangkaan BSA di Seluruh Dunia

Walaupun diproduksi di Inggris, nyatanya BSA sangat langka di negara tersebut, hingga saat ini hanya tersisa 800 unit, Finlandia 250 unit sedangkan di negara Kanguru, Australia, BSA hanya ada 400 unit. Berbanding terbalik dengan Kota Pematang Siantar, Indonesia yang diketahui jumlahnya ada sekitar 1000 unit.

Digunakan Sebagai Moda Transportasi Publik 
Meski tergolong langka, masyarakat Siantar menggunakan kendaraan BSA sebagai moda transportasi umum dan tentu saja sudah dirombak terlebih dahulu. Sebagian lainnya kini dimiliki oleh beberapa kolektor.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, maka didirikanlah Tugu Becak BSA yang kini menjadi ikon pariwisata di Pematang Siantar. Jika Anda ingin melihat langsung atau berfoto di monumen ini, maka Anda dapat menuju lokasi yang beralamat di Jalan Merdeka.
4 Fakta Tugu Becak Pematang Siantar, Ikon Pariwisata Kota Terbesar Kedua di Sumatera Utara Reviewed by pariwisata SUMUT on December 05, 2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.