Top Ad unit 728 × 90

Inilah 7 Event Pariwisata dan Budaya di Sumatera Utara

pariwisataSUMUT.Net - Provinsi Sumatera Utara terdiri dari banyak kabupaten yang memiliki keunikan budaya dan pariwisata tersendiri. Seiring dengan kemajuan MICE Industry, setiap tahun diadakan beberapa event berskala nasional dan internasional untuk mendongkrak sektor pariwisata.

Berikut ini merupakan 7 event yang diadakan setiap tahun (reguler) dengan melibatkan kementrian serta stake holder pariwisata.

1. Pesta Ya'ahowu
instagram/davidw3nz_wong
Usai resmi meluncurkan branding "Pulau Sejuta Impian" di Jakarta, Nias semakin berbenah dari waktu ke waktu. Pesta Yaahowu pun semakin dimatangkan dan masuk ke dalam program rutin yang akan diadakan secara bergantian di wilayah kabupaten/kota di Nias.

2. Festival Danau Toba
instagram/puputchom
Sebelum berganti nama, event yang mengangkat budaya dan pariwisata di danau terbesar di Asia Tenggara ini bernama Pesta Danau Toba (PDT) hingga pada 2013 silam, resmi berganti nama menjadi Festival Danau Toba dan untuk pertama kalinya Kabupaten Toba Samosir menjadi tuan rumah perhelatan event terbesar di Sumut ini dengan mengadakan serangkaian sub event berskala internasional. Hingga saat ini, FDT rutin dilakukan sejalan dengan keputusan Presiden Joko Widodo yang menetapkan Danau Toba sebagai 1 dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

3. Pesta Njuah-Njuah
instagram/sanggartari_smansasi

Berangkat dari event lokal, Pesta Njuah-Njuah lebih mengangkat sektor budaya dari Kabupaten Dairi. Setiap tahunnya, Pesta Njuah-Njuah akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari parade kostum, atraksi budaya dan beragam perlombaan. Kata Njuah-Njuah merujuk kepada bahasa Pakpak yang berarti selamat datang.

4.Pesta Oang-Oang
instagram.com/pariwisata_sumut
Tak jauh berbeda dari kabupaten induk, usai berdiri dan memekarkan diri dari Dairi, Pakpak Bharat juga mulai membidik sektor pariwisata dengan mengadakan Pesta Oang-Oang. Konsep dan design eventnya memang tak jauh berbeda.

5. Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU)

Diadakan setiap tahun di Kota Medan, event pemerintah ini secara rutin menghadirkan sederet selebriti papan atas serta menampilkan beragam industri kreatif dan pariwisata dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

6. Pesta Mejuah-Juah
instagram/riccojefriginting
Karo dapat disebut sebagai salah satu kabupaten yang konsisten dalam membangun sektor pariwisata, terlihat dari pertumbuhan dan tingkat kunjungan wisatawan baik domestik dan internasional yang senantiasa semakin berkembang dari waktu ke waktu. Pesta Mejuah Juah biasa diadakan secara rutin. Mengangkat kebudayaan serta beragam kekayaan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Karo.
Inilah 7 Event Pariwisata dan Budaya di Sumatera Utara Reviewed by pariwisata SUMUT on December 04, 2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.