Top Ad unit 728 × 90

Sigura Gura, Bendungan Terbesar Di Indonesia

-- --
paritohan sigura-gura
Bendungan Sigura-Gura terletak di Kabupaten Asahan yang beribukotakan Kisaran. Bendungan yang menyandang status terbesar ke dua di Indonesia setelah Bendungan Sutami ini menjadi salah satu sumber pembangkit listrik terbesar di provinsi Sumatera Utara (PLTA Sigura-gura).

Dibangun oleh investor dari negara Jepang untuk pabrik INALUM yang kini telah kembali ke tangan Indonesia telah dimulai pembangunannya sejak Mei 1978 hingga akhirnya selesai pada Desember 1981, dengan kata lain menghabiskan waktu sekitar 3 tahun. Bendungan yang sumber airnya berasal dari sungai Asahan ini memiliki tinggi mencapai 46 meter dan volume 6.140.000 m3 yang ditahan oleh struktur beton Gravity.

Bendungan Sigura-gura dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 206 Mega Watt (MW). Keunikan Sigura-Gura yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumut ini ada pada lokasi pembangkit listrik itu sendiri yang berada jauh di dalam tanah di kedalaman 200 meter. Sumber air Bendungan Sigura-Gura berasal dari Toba, danau terbesar di Asia Tenggara.

Baca: Tempat Wisata di Kabupaten Asahan

Kawasan Bendungan Sigura-Gura sebenarnya tidak dibuka untuk umum, rata-rata pengunjung yang datang juga berasal dari sekolah tinggi atau universitas yang bertujuan untuk mengadakan study tour.

Namun, di beberapa titik Anda dapat menyaksikan panorama alam yang masih berada di wilayah Bendungan Sigura-Gura seperti Paritohan yang populer lantaran keindahan kontur serta areal perbukitannya.
Sigura Gura, Bendungan Terbesar Di Indonesia Reviewed by Pariwisata Sumut on 5/21/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.