Widget HTML Atas

Budaya Batak Mangalahat Horbo


pariwisataSUMUT.Net - Mangalahat Horbo Bius adalah sebuah ritual budaya di Tanah Batak yang diadakan pada waktu-waktu tertentu. Budaya Batak yang satu ini dapat anda temukan di wilayah kawasan Danau Toba seperti Samosir, Toba Samosir, Simalungun dan beberapa kabupaten lainnya.

Budaya Batak yang satu ini kerap ditampilkan pada pagelaran kebudayaan dan juga event-event pariwisata. Bila anda pernah berkunjung ke Pesta Danau Toba atau Festival Danau Toba maka ritual budaya ini akan dipertontonkan kepada khalayak umum. Keunikan dan fungsinya sebagai wujud eksistensi Batak menjadi alasan mengapa ritual ini sudah sewajibnya untuk dilestarikan.

Sejarah Mangalahat Horbo
Tradisi turun temurun di kalangan komunitas Batak ini cukup menarik simpati dan ketertarikan wisatawan baik domestik maupun internasional. Terkait asal mual ritual Mangalahat Horbo telah banyak diberitakan oleh media. Mangalahat Horbo berasal dari kepercayaan Batak terkait keberadaan Debata Mula Jadi Nabolon yang dipercaya memiliki kekuatan untuk menebus dosa dan juga mendatangkan kemakmuran. tujuan ini diwujudkan dalam prosesi Mangalahat Horbo Bius. Untuk mengetahui prosesi, silahkan baca tulisan kami: prosesi mangalahat horbo.

Berlangganan via Email