Widget HTML Atas

Keren! Patung Yesus Danau Toba Setinggi 61 Meter Dibangun di Sibea-bea

foto ilustrasi patung yesus danau toba - image via condenast.co.uk
Pariwisata religi di Kabupaten Samosir akan segera bertambah, sejak 2018 lalu, pembangunan Patung Yesus Kristus sudah dimulai dengan lokasi di Bukit Sibea Bea, Harian Boho. Disebut bahwa patung Yesus Kristus ini akan memiliki tinggi mencapai 61 meter dengan point of view Danau Toba.

Patung Yesus Bukit Sibea-bea Danau Toba

Seperti dilansir dari Gaja Toba, sayembara design Patung Yesus Kristus Memberkati sudah dimulai semenjak 31 Mei 2017 hingga 14 Juli 2017 dengan mengusung konsep Tradisi Batak. Berdasarkan edaran kompetisi design, sebelumnya tertulis jika patung ini akan dibangun di kawasan Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan dua pilihan lokasi alternatif yakni Simalungun dan Toba Samosir (Tobasa).

Proyek yang diinisiasi oleh Perkumpulan Gaja Toba Semesta (PGTS) ini didukung oleh beberapa organisasi/lembaga, yakni Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Laboratorium Hidrogeologi - Instut Teknologi Bandung (ITB) dan Ikatan Ahli Perencana (IAP).

instagram/satryaazmi
Harian Boho merupakan salah satu kawasan Danau Toba yang memiliki panorama menarik. Di lokasi ini juga terdapat beberapa objek wisata seperti Air Terjun Efrata, Janji Martahan dan Partukkoan Na Ginjang.

Sudut Danau Toba di Harian Boho ini sudah sangat dikenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk menikmati danau terbesar di Asia Tenggara yang kini ditetapkan sebagai 1 dari 10 Kawasan Strategis Nasional Pariwisata di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Bukit Sibea-bea di Samosir

Sibea bea adalah salah satu bukit di kecamatan Harian yang membentengi kawasan Janji Martahan dan tidak jauh dari Tecnopark Perikanan BBI Samosir. Bukit tersebut juga diapit desa Turpuk Sihotang serta bukit Holbung.

Ketika dilihat sesuai google earth, bukit Sibea-bea dan desa sekitar Harian Samosir berada pada ketinggian 936 meter dari atas permukaan laut. Lantas, apa saja hal menarik terkait monumen tersebut?

Relief puncak bukit berbentuk lereng dengan kenampakan alam menjadi panorama terbaik. Topografi itu bertambah eksklusif berkat pemandangan alam terbuka yang mengitari area puncak bukit Sibea-bea.

patung yesus sibea-bea image via fadly wardhana

Berketinggian 61 Meter

Karena bukan sekedar destinasi mainstream dan sehubungan dari maksud wisata religi yaitu kegiatan berlibur ke objek yang sarat akan nilai rohani, sekaligus upaya mendekatkan diri kepada Sang Esa, maka monumen umat Kristiani ini akan menjadi tempat rekreasi yang dapat menenangkan raga dan batin.

Destinasi wisata rohani Nasrani berwujud patung Yesus terdekat di Medan, Sumatera Utara tersebut dibuat mengarah ke Pangururan dan pulau Samosir dengan pose sedang memberkati. Jika dihitung dari permukaan pondasi tanah, patung itu dipastikan tegak menjulang dengan tinggi 61 meter.

Tidak dapat dipungkiri jika nuansa Patung Yesus ini dirancang serba megah.

Simak Video Berikut:


Patung Yesus Tertinggi di Dunia

Di penjuru Nusantara sendiri, terdapat beberapa patung Yesus yang sangat anyar. Sewaktu tulisan ini dipublikasikan, Buntu Burake Toraja diklaim sebagai patung tertinggi. Tidak hanya dalam cakupan Indonesia, tetapi juga dunia.

Paling spesial adalah wisata religi ini bakal melampaui tinggi monumen serupa yang ikonik di berbagai belahan dunia. Seperti Cristo de la Concordia di Bolivia dan juga patung Yesus Penebus atau Cristo Redentor di Brasil.

Seiring pembangunan dan pengembangan Bandara Internasional Silangit (Silangit Airport), jika Patung Yesus Kristus Memberkati sudah terealisasi, maka patung ini dipastikan dapat terlihat oleh penumpang pesawat yang hendak berwisata ke Danau Toba.

Berlangganan via Email