Widget HTML Atas

11 Tempat Wisata di Bagansiapiapi (Rokan Hilir) Terbaru & Terkini

Kabupaten Rohil atau biasa disebut Rokan Hilir merupakan salah satu daerah maju di provinsi riau. Dengan pusat kota Bagansiapiapi, kabupaten seluas 8.881 km persegi ini hits lewat julukan "Negeri Seribu Kubah". Di daerah ini terdapat berbagai macam destinasi wisata, tempat-tempat tersebut memiliki pesona alam dengan rajut budaya yang khas.

Bertepatan dengan hari libur, banyak tempat wisata di Rokan Hilir (Rohil) dan Bagansiapiapi didatangi. Seperti pemandangan alam yang indah, pantai, air terjun, pulau terpencil, rangkaian tempat bersejarah dan spot-spot lain yang akan pariwisatasumut.net sebutkan satu per satu.

Tempat Wisata di Bagansiapiapi Rokan Hilir

Bagi kamu yang sedang berencana liburan ke Rokan Hilir, inilah sejumlah daftar rekomendasi tempat wisata di Rokan Hilir yang sepertinya wajib dikunjungi.

Masjid Al-Ikhlas Bagan Siapiapi

Tempat Wisata di Bagansiapiapi
image credit: sitimasha.blogspot.com
Masjid Al Ikhlas adalah Islamic Centre sekaligus pusat peribadatan dengan desain sangat unik serta memiliki arsitektur khas. Terletak di Bagan Siapi Api, objek wisata religi ini menjadi kebanggaan masyarakat Rokan Hilir sehingga didaulat sebagai ikon daerah. 

Kolam megah dan taman yang indah membuat destinasi wisata ini sangat dielu-elukan keindahannya. Lain lagi menara kubah dan ukuran masjidnya yang memang sangat luas. Tak heran jika pengunjung berdatangan ke sana setiap waktu meski sedang tidak musim liburan.

Destinasi wisata ini dibuka untuk umum. Lantaran dijadikan juga untuk tempat peribadatan, maka setiap orang bebas berkunjung sesuai jam buka tanpa perlu membeli tiket masuk. Yap, di mana lagi kamu bisa liburan gratis ke tempat indah selain di Bagansiapiapi?

  • Lokasi: Kota Bagan Siapiapi, Rokan Hilir
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 jam

Taman Kota Bagan

image credit: antony liem/googlemap
Taman Kota Bagan ini adalah satu satu taman yang sangat indah. Banyak sekali pepohonan ditanam di sekitar yang membuat suasananya selalu sejuk dan teduh. Di sekitar objek wisata tersebut, dibuat juga beberapa sarana permainan anak seperti perosotan, jungkat-jungkit dan ayunan.

Taman Kota di Rokan Hilir ini ditata layaknya taman outdoor yang modern. Terdapat beberapa patung hewan yang menambah keindahannya. Beberapa diantaranya patung jerapah, gajah, bangau dan sebuah kolam ikan yang diisi dengan bermacam ikan warna-warni.

Taman Kota ini menjadi spot favorit warga untuk bercengkrama di sore hari. Selain kawula muda Bagansiapiapi, tak sedikit juga orangtua membawa anak-anak mereka ke sini untuk bermain. Suasananya yang teduh serta permainannya yang beragam memang patut dijadikan tujuan rekreasi.

  • Lokasi: Jalan Aman, Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir

Pulau Jemur

Tempat Wisata di Rokan Hilir
image credit: @irhasibnu
Pulau Jemur yang terletak di lepas pantai Kecamatan Pasir Limau, menjadi salah satu destinasi favorit di Rokan Hilir. Pantai di pulau ini dilapisi oleh pasir putih kemerahan, sedangkan di bagian depan terbentang laut biru yang sangat eksotik. Sangat cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving.

Pulau ini memiliki luas 3,5 hektar. Di dalamnya terdapat beberapa objek menarik, yaitu onggokan batu karang yang menyerupai telapak kaki. Menurut penjaga pulau, batu tersebut disnyalir merupakan bekas pijakan kaki Panglima Layar. Selain itu ada juga sebuah benteng Belanda yang dipugar.

Apabila Anda mengunjungi pulau ini untuk liburan, tersedia angkutan kapal ferry di pelabuhan Batu Enam. Biaya ke sana tidak lebih dari Rp300 ribu. Perjalanan selama 2 jam akan melewati rute melalui Sungai Rokan. Setibanya dii sana, sudah ada penginapan untuk tempat bermalam Anda.

  • Lokasi: Pulau Jemur, Kecamatan Pasir Limau, Rokan Hilir

Platinum Waterpark

image credit: lusifernadasari
Berkunjung ke Rokan Hilir nggak bakalan asyik kalau melewatkan Platinum Waterpark. Sesuai dengan nama objek wisatanya, ini merupakan taman air terbesar yang berada di Rohil. Dari kolam renang, wahana bermain sampai water slide bisa dimainkan.

Soal kebersihan, sepertinya kamu tak perlu ragu lagi. Sebab air yang mengaliri seluruh wahana dan kolam sudah melalui proses penyulingan. Para wisatawan yang berkunjung biasanya berenang dan menghabiskan waktu di taman rekreasi ini.

  • Lokasi: Km 5, Jalinsum, Bagan Batu, Kec. Bagan Sinembah, Rokan Hilir.
  • HTM: Rp15.000/orang
  • Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB

Rumah Pohon Bagan Batu

tempat wisata di bagan
rumah pohon bagan batu
Bagi Anda yang gemar berfoto di spot Instagramable, mungkin tertarik atau suka dengan Rumah Pohon Bagan Batu yang menyenangkan untuk Anda kunjungi. Sebab, Anda bisa berfoto di bebeberapa background kekinian yang keren untuk diunggah ke feed Instagram.

Rumah pohon ini menawarkan wisata ala milenial. Suasananya dirancang romantis sehingga sulit untuk Anda tolak. Deretan spot fotografi di sekitarnya membuat Anda seakan sulit beranjak. Adapun spot terbaiknya adalah sebuah kursi yang ditata berbentuk tulisan love.

Karena itu juga, Rumah Pohon ini sangat cocok bagi pasangan yang mendambakan destinasi romantis nan memanjakan mata. Bahkan objek wisata ini bagus juga untuk Anda dan paaangan yang sedang mencari lokasi foto prewedding terbaik di Rokan Hilir.

Sinaboi

tempat wisata di rokan hilir
image credit: diditds.wordpress
Sinaboi adalah lokasi wisata di Rokan Hilir yang dikenal karena memiliki rumah-rumah terapung. Anda bisa bersantai di atas perahu sambil menikmati rumah panggung milik warga. Menariknya lagi, tempat ini populer juga sebagai kawasan Pecinaan.

Di Sinaboi, Anda dapat menyaksikan kesenian tradisional. Meskipun sudah termasuk kawasan modern, tetapi pertunjukan tradisional itu masih tetap dilangsungkan. Bahkan pemerintah daerah berusaha menjadikannya sebagai daya tarik.

Kawasan lokasi wisata ini selalu dikunjungi para pemancing ikan. Vegetasi pantai dengan kawasan mangrove yang terjaga membuat tempat ini memiliki ikan berukuran besar. Jika tidak begitu tertarik dengan aktivitas itu, kalian bisa mengunjungi pusat pelelangan untuk mendapatkan ikan segar.

Kawasan Sungai Rokan

Wisata Rokan Hilir
image credit: putera.ds

Sungai Rokan adalah tempat wisata populer, sekaligus destinasi utama di Rokan Hilir. Tujuan berlibur ini sudah familiar di mata turis mancanegara. Sebab tampilannya seperti sebuah pantai, dimana wisatawan dapat memainkan alat selancar di sungai yang terkenal lewat julukan ombak Bono.

Sungai yang bermuara dari pegunungan ini memiliki panjang mencapai 350 km lebih. Selain dimanfaatkan untuk spot selancar, sungai tersebut juga menjadi pemandian alam. Setiap akhir tahun, pengunjung yang berwisata ke Sungai Rokan selalu membludak.

Pulau Tilan

Tempat Wisata di Rokan Hilir
image credit: @festivalpulautilan
Rokan Hilir memang memiliki sederet pulau-pulau kecil yang belum terlalu populer. Satu diantaranya yang bisa Anda coba kunjungi adalah Pulau Tilan. Sebuah pulau cantik dengan panorama bahari yang sangat memesona.

Pulau Tilan selain menawarkan wisata pantai juga menyajikan ketenangan di tengah alam. Tempat ini sangat rekomended di pilih sebagai tempat berkemah bagi para petualang. Nuansa alamnya yang begitu natural akan membuat Anda benar-benar menyatu dengan alam.

Dermaga dan jalan di sepanjang pinggir pulau membuat destinasi wisata Rokan Hilir ini menjadi lokasi liburan yang paling mudah diakses. Sangking mudahnya, pengunjung bisa datang pagi kemudian pulang menjelang sore.

  • Lokasi: Desa Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Kab. Rokan Hilir 

Desa Rantau Bais

tempat wisata di rokan hilir
Desa Wisata Rantau Bais
Siapa sangka jika objek wisata yang berada di Rokan Hilir ini adalah wilayah yang masih memegang teguh budaya lokalnya? Untuk meyakinkan Anda, datang saja ke Desa Rantau Bais. Desa ini seperti permata tersembunyi yang menawarkan keindahan yang masih jarang diketahui publik.

Meski luas wilayahnya hanya 500 hektar, tetapi tersimpan keindahan yang elok dan belum terjamah di desa ini. Yaitu rumah tradisional bergaya tempo dulu, arsitektur lokal yang khas dan hutan lebat yang mengelilingi Desa Rantau Bais. 

Penduduk desa yang dijumpai juga sangat ramah. Mereka tak akan segan-segan memberi tahu pengunjung mengenai obyek terbaik untuk dikunjungi. Rasanya agak sulit beranjak jika sudah akrab dengan penduduk lokal, bukan?

  • Lokasi: Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Kab Rohil.

Pulau Berkey

pulau berkey wisata rohil
cagar alam pulau berkey
Pulau Barkey merupakan cagar wisata alam di Rokan Hilir. Jika pulau terbentuk karena proses naiknya daratan dari laut, destinasi ini justru muncul secara unik. Bagaimana tidak unik? Daerah seluas 8 ribu hektar tersebut berawal dari proses pendangkalan.

Keunikan itulah yang membuat pulau dan semua yang ada di dalamnya ditunjuk jadi cagar wisata alam. Sampai sekarang, tempat ini belum juga berpenghuni. Tetapi disitulah letak menariknya. Sebab, pengunjung bisa rileks menikmati Pulau Berkey.

Pulau di Kec. Bangko ini menyajikan keindahan dan pesona alam yang luar biasa unik. Siapapun dijamin betah bertahan di sana berhari-hari. Terutama jika sudah bersantai di pantai pasir putihnya, dijamin ingin terus di sini dan merasakan pesonanya yang aduhai.

  • Lokasi: Pulau Berkey, Kecamatan Bangko, Kab. Rokan Hilir.

Pulau Pedamaran

image credit: goriau.com
Masih ada lagi pulau di Rokan Hilir yang bisa Anda kunjungi. Pulau Pedamaran adalah wilayah yang terhubung oleh Jembatan Pedamaran. Dari atas jembatan yang panjang ini Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan muara sungai.

Jembatan tersebut cukup legendaris dan menjadi ikon utama dari kabupaten Rokan. Seperti kita ketahui bersama, Kabupaten Rokan Hilir ini merupakan wilayah yang terdiri dari banyak pulau-pulau kecil yang mempunyai daya tarik tersendiri.

Seperti pulau yang sedang dipersiapkan menjadi destinasi baru ini. Dimana, Kerap dikabarkan oleh media bahwasanya Pulau Pedamaran tengah dirancang sebagai tujuan wisata pasar malam dan pusat olahraga motorcros.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Rokan Hilir dan Bagansiapiapi yang bisa dijadikan bahan referensi sekaligus rekomendasi liburan untuk Anda kunjungi. Jangan lupa untuk datang dan menghabiskan liburanmu ke destinasi tersebut.

Berlangganan via Email