Widget HTML Atas

Pesona Danau Siais di Tapanuli Selatan

Pariwisata Sumut Net - Tapanuli Selatan, salah satu kabupaten yang berada di kawasan Barat provinsi Sumatera Utara menyimpan beragam destinasi wisata yang masih jarang terjamah. Di kabupaten yang masyarakatnya mayoritas berasal dari etnis Mandailing ini memiliki danau terbesar kedua di Sumatera Utara yakni Danau Siais.

Danau Siais Danau Siais terletak di Desa Rianiate dengan jarak sekitar 40 kilometer dari Padang Sidempuan yang kini telah berstatus sebagai kotamadya. Tidak hanya menarik sebagai tujuan wisata alam, Siais juga memiliki kearifan lokal yang belum diketahui secara luas oleh publik kecuali masyarakat di sekitar lokasi.

image: instagram/afdi_kurniawan
Dengan luas mencapai 4 hektar, aksesibilitas menuju Danau Siais memang belum dikelola secara optimal padahal danau ini merupakan salah satu potensi pariwisata Tapanuli Tengah. Apalagi dengan kontur wilayah berupa pegunungan hijau ditambah suasana dingin tentu saja Siais memiliki daya tarik tersendiri bila dibenahi secara serius.

1. Kegiatan Menarik di Danau Siais

image: instagram.com/donny_pur
Para penduduk dan pengunjung rata-rata menyalurkan hobi memancing mereka, seperti diketahui, di kawasan perairan air tawar ini terdapat banyak jenis ikan. Kamu juga bisa menjelajah sekitar danau dengan menggunakan sampan. Menariknya, di sekitar Siais ada juga Air Terjun Siais yang memiliki ketinggian mencapai.

Ada lebih dari 20 danau di Sumatera Utara, 7 diantaranya dapat kamu lihat pada video berikut ini:


2. Rute dan Transportasi ke Danau Siais

Dari Medan kamu dapat menggunakan dua moda transportasi sesuai pilihan. Jika memanfaatkan transportasi udara, maka berangkatlah dari Kuala Namu International Airport (KNO) menuju Aek Godang Airport di Padang Lawas Utara. Dari bandar udara tersebut, silahkan melanjutkan perjalanan ke Gunung Tua dan dilanjutkan ke Desa Rianiate. Namun bila memanfaatkan transportasi darat, di sekitar jalan Sisingamangaraja banyak terdapat angkutan umum yang akan membawa kamu ke Padang Sidempuan hanya saja waktu yang dibutuhkan cukup lama.

Selain Danau Siais, masih banyak loh destinasi wisata menarik lainnya di Tapanuli Selatan diantaranya: Aek Sirambe, Danau Marsabut dan Haritte Sibual-Buali.