Top Ad unit 728 × 90

Inilah 7 dari 33 Pulau di Tapanuli Tengah, Ayo ke Tapteng!

Kabupaten Tapanuli Tengah menyimpan sejuta manikam Pariwisata Sumatera Utara yang begitu mengagumkan. Mulai dari wisata sejarah, pantai, pulau dan tentu saja kuliner.

Letaknya yang berbatasan dengan Samudera Hindia membuat Tapanuli Tengah memiliki sederet pulau-pulau eksotis. Taukah kamu? di kabupaten yang berdekatan dengan Kotamadya Sibolga ini ada 33 pulau di perairan lautnya?


Sebagian besar dari pulau-pulau tersebut memang belum dihuni, meski demikian, ada yang justru namanya sudah sangat terkenal dan acap kali dikunjungi oleh wisatawan berkat keunikan serta daya tariknya, apa saja ya?

1. Pulau Murshala

Berasal dari kata Manshalaar, pulau kecil ini memiliki daya tarik tersendiri dimana terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut. Bagi kamu para penikmat panorama bawah laut, Mursala merupakan pilihan terbaik untuk snorkeling dan diving. Nah pemandangannya emang keren, banyak terumbu karang dan ikan berwarna-warni. Ombak di sekitar pulau ini tergolong aman kok.


Menurut penelusuran, pulau ini menjadi lokasi shooting dua film, yang pertama adalah "Kingkong" dan kedua adalah "Mursala". Pulau ini memang tak memiliki pelabuhan karena memang tak berpenghuni, alasannya sederhana, bentuk pulau dan kondisi geografisnya tidak mendukung.

2. Pulau Putri


Legenda Pulau Putri sudah turun temurun dikisahkan oleh masyarakat Tapanuli Tengah dan Sibolga, menurut penduduk, dahulu di pulau ini tinggal seorang putri bernama "Putri Runduk". Sebab itu pula diberi nama Pulau Putri. Berbeda bila dibandingkan Mursala, tempat ini menjadi pilihan yang tepat bila kamu ingin menikmati suasana malam hari di pulau.

3. Pulau Janggi

Janggi merupakan salah satu pulau yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan, keunikan Janggi terletak pada topografinya yang terjal. Yap, Janggi juga tidak memiliki penghuni. 
 
4. Pulau Kalimatung Nagodang


Tak jauh dari kedua tempat wisata di atas, ada juga Kalimatung yang saat ini tengah ramai dibicarakan oleh traveler lokal. Yap, kalau dilihat dengan aerial video, landskap Kalimatung memang benar-benar menakjubkan, gradasi laut biru ditambah pasir putih di sepanjang pantai bakal bikin kamu betah berlama-lama di Kalimatung. 

5. Pulau Talam

Lain hal dengan pulau Talam, pulau ini berada di semenanjung dan letaknya tidak terlalu jauh dari Pulau Putri. Air laut di Pulau Talam berwarna toscha dan kehijauan, hal ini disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan ganggang laut di sekitar pulau. Lebih menarik lagi, dari Talam kamu dapat menyaksikan keindahan pulau-pulau lainnya yang letaknya cukup jauh.

6. Pulau Sitaban Barat

Nama pulau ini dahulunya Sitambarat, namun pada 2007, pemerintah mengganti namanya menjadi Sitaban Barat. Bedanya, di pulau ini tinggal sekitar 70 rumah tangga yang mayoritas hidup sebagai nelayan. Para nelayan asal Tapteng dan Sibolga juga biasa singgah di Sitaban Barat.

7. Pulau Sorkam Barat

Salah satu pulau yang letaknya dekat dari Barus, pusat peradaban agama Islam pertama di Nusantara nih. Sorkam Barat cukup unik karena karakteristiknya yang datar. Pulau ini juga belum berpenghuni, loh!


How To Get There?

Di sekitar Pelabuhan Sibolga dan Pandan ada banyak kapal nelayan dan boat yang menyediakan jasa tour ke pulau Mursala, Kalimatung dan Putri. Yap, rata-rata pulau di Tapanuli Tengah memang letaknya berdekatan sehingga dapat dikunjungi dalam satu kali perjalanan. Ongkos kapal tergantung kemampuan kamu dalam tawar menawar, harganya mulai dari 1,5 juta dan dapat menampung lebih dari 6 penumpang.

Akomodasi dan Fasilitas

Di sekitar Sibolga dan Pandan ada banyak pilihan untuk penginapan, jika ingin berada di pulau, ada resort di Pulau Pandan. Harganya juga relatif murah kok. (PSN/TE)
Inilah 7 dari 33 Pulau di Tapanuli Tengah, Ayo ke Tapteng! Reviewed by pariwisata Sumut Net on June 24, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.