Top Ad unit 728 × 90

Keren! Ada Aek Sabaon di Sibio-bio, Tapanuli Selatan

Bukan Tabagsel namanya jika tak kaya akan beragam obyek wisata. Terdiri dari 1 pemerintahan kota dan 4 kabupaten, Tapanuli Bagian Selatan punya sederet cagar alam populer seperti Batang Gadis National Park, Dolok Sibual-buali hingga Dolok Sipirok.

Mulai 2017 lalu, nama Sibio-bio semakin populer bagi warga Medan dan Sumut berkat keberadaan Wisata Aek Sabaon. Lokasinya yang dekat dari Padang Sidempuan ditambah panorama alam serta keunikannya, destinasi Tapsel di Desa Sibio-bio, Marancar ini bahkan sempat kebanjiran pengunjung.

1. Pesona Aek Sabaon, Sibio Bio

aek sabaon sibiobio - foto: instagram/nayov7la

Apa sih daya tarik tempat wisata di Tapanuli Selatan ini?. Nah, ada bangunan permanen yang hampir keseluruhannya terbuat dari kaca, tepatnya di lantai 2. Kalau kata orang, seperti di luar negeri. Bangunan ini semakin terlihat menawan lantaran berhadapan dengan danau buatan. Pemandangannya juga kece, apalagi di pagi hari ketika kabut turun.

Kerennya lagi, tidak jauh dari Aek Sabaon ada juga Sibio-bio Adventure Park sehingga kamu bisa mengunjungi 2 tempat sekaligus.

sibiobio tapsel - foto: instagram/nisfupane
Di sekeliling danau yang dihuni ikan warna-warni ini juga ada beberapa rumah-rumah kecil khas Tapanuli Selatan. Ya, sejak dahulu sebagian wilayah di Tapsel memang identik dengan rumah ijuk. Hal ini berkaitan dengan aktivitas Sorik Marapi. Penggunaan ijuk dipercaya mampu menghindari panas abu yang berasal dari Sorik Marapi.

Baca: 7 Bandara di Sumatera Utara

Sejauh mata melihat, tampak pula hutan hijau dan masih lebat. Seperti diketahui, Aek Sabaon berada di sekitar kawasan kaki Gunung Lubuk Raya. Sangking kecenya, banyak calon suami-istri yang mengambil photo shot di Aek Sabaon untuk keperluan pra-wedding.

Seraya menyeruput alias minum kopi Mandailing, kamu bisa santai di bangku yang sudah disediakan pihak pengelola. Kalau merasa lapar, tersedia beragam menu makanan dan minuman.

view di malam hari - instagram/nicky_a_idrus

2. Lokasi Aek Sabaon dan Aksesibilitas

Tempat wisata yang berada di Kecamatan Marancar ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat melalui rute berikut: Kota Padang Sidempuan - Joring Natobang - Simasom - Huraba - Aek Sabaon Julu. Tidak terlalu jauh kok, cuma 45 menit hingga 1 jam perjalanan.

3. Tiket Masuk Aek Sabaon

Enggak perlu khawatir deh, dengan membayar retribusi sebesar Rp10.000 kamu sudah dapat masuk dan berkeliling sepuasnya di Wisata Aek Sabaon, tidak mahal kan?

Tak hanya wisata buatan ini saja, masih banyak lho destinasi lainnya di Tapanuli Selatan. Ayo telusur Pariwisata Sumut! (SK/PSN).
Keren! Ada Aek Sabaon di Sibio-bio, Tapanuli Selatan Reviewed by Pariwisata Sumut on 11/27/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.