Widget HTML Atas

Taman Eden 100 - Tiket Masuk, 7 Gambar & Aktivitas Terbaru 2021

Ingin Liburan Ke Taman Eden 100? Periksa Info Terbaru Seputar Objek Wisata Sekitar yang Hits Dikunjungi Wisatawan. Temukan Fakta Menarik dari Taman Seluas 40 hektar di Lumbanrang Ini Agar Perjalanan Berlibur Lebih Mengesankan.
 
Taman Eden 100 merupakan objek wisata rimba di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Rang, Kab. Toba. Ini adalah destinasi yang didirikan oleh Marandus Sirait, sosok pecinta alam yang gemar melestarikan alam. Berbagai fasilitas dan pengembangan pun terus ditambahkan sejak dibuka sampai sekarang.
 
taman eden 100
taman eden 100 tobasa
Tentu tidak berlebihan jika menyebut Taman Eden 100 menjadi benteng kearifan lokal Batak. Lokasi taman ini sangat kental dengan aura pesona hutan hijau, ragam varietas tumbuhan langka serta berbagai pilihan obyek wisata yang tersebar di lahan seluas 40 hektar.
 
Pada awalnya, pendiri objek wisata ini pulang kampung untuk kembali memelihara lingkungan di tanah asalnya. Untuk modal awal, ia menjual beberapa alat musik. Hasil penjualan dari barang-barang itu digunakan untuk mengembangkan potensi hutan yang sekarang dikenal dengan Taman Eden 100.
 
Marandus sirait tak berpantang-surut menanami lahan dengan beragam tumbuhan buah dengan jumlah mencapai ratusan jenis. Berikut seputaran info tentang Taman Eden 100, mencakup kegiatan wisata, tiket masuk dan akses menuju ke lokasi.

Aktivitas Wisata di Taman Eden 100

taman eden 100
image credit: instagram/masjon_sirait
Taman Eden 100 Tobasa berdiri di ketinggian 1.750 mdpl. Adapun wisata yang dikembangkan berkonsep "Travel to The Deep Forest". Hutan yang dahulu sempat dipadati ilalang dan tandus kini berganti menjadi spot liburan yang menyenangkan.
 
Terdapat beberapa objek menarik di seputaran Taman Eden 100 yang ditawarkan kepada pengunjung. Yaitu Bukit Manja, Air Terjun 7 Tingkat, Rumah Tarzan, Camping Ground, Konservasi dan Bank Pohon Evergreen dan tumbuhan khas setempat.
 
Memadainya fasilitas di taman ini sekaligus menjadi alasan mutlak bagi wisatawan lokal dan turis mancanegara untuk mengunjunginya. Begitu juga pesona yang ditawarkan, ada beragam destinasi pilihan yang dapat sobat traveler kunjungi di sini.
 

1. Air Terjun 7 Tingkat

taman eden 100
air terjun taman eden via @dona.sirait
Ada 3 buah air terjun dengan jarak lokasi cukup berjauhan. Pertama adalah Air Terjun 2 Tingkat, debit air terjun ini tidak terlalu deras sehingga pas untuk liburan keluarga. Pengunjung diperkenankan untuk mandi dan menikmati segarnya air yang mengalir.

Kedua, Air Terjun 7 Tingkat yang jaraknya cukup jauh, sekitar 7 kilometer dari pos koordinasi sehingga layak untuk wisata trekking. Sesuai namanya, air terjun ini terdiri dari 7 tingkatan. Air terjun yang mengalir jernih bisa dimandikan.

Ketiga, diberi nama Air Terjun Goa Kelelawar, lebih dekat dari posko dengan jarak sekitar 5 kilometer saja. Air terjun unik ini berada tepat di bibir Gua Kelelawar, bagi adventurer, menjelajah isi goa ini tentu sangatlah menantang.

2. Bukit Manja

Kerap dijadikan sebagai area tracking dan camping bagi para petualang. Dari titik ini, para traveler dapat menyaksikan landskap indah di kawasan Lumban Julu, Tobasa. Untuk menuju titik puncak Bukit Manja, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.
 
Di bandingkan spot lainnya, track ke Bukit Manja tergolong sulit, karena memerlukan ketahanan fisik.
Namun, bagi yang sudah sering mendaki gunung, hal ini tentu tidaklah menjadi masalah. Sesampainya di puncak Bukit Manja, sobat traveler akan melihat panorama Danau Toba di kejauhan.

3. Gunung Sipangulu Bao

sipangulu bao mt
Kalau ingin menyaksikan sudut lain berupa bentang permadani hutan hijau di Toba Samosir, Gunung Sipangulu Bao (2.150 mdpl) wajib sekali untuk kamu kunjungi. Wilayah ini termasuk ke dalam tipe hutan rimba, sehingga dibutuhkan jasa pemandu untuk menelusuri trek untuk sampai ke puncak.
 
Gunung Sipangulu Bao sendiri merupakan kawasan hutan landai yang menantang. Dengan sudut kemiringan mencapai 60 derajat. Pendakian ke atas sangat memacu adrenalin. Selama perjalanan itu pula, akan banyak tumbuhan liar dan langka yang pendaki jumpai.
 
Taman Eden 100 sering kali dijadikan untuk lokasi outbond baik oleh komunitas maupun perusahaan. Selain karena sejuk dan indah, terdapat pula banyak titik camping sehingga para pengunjung dapat memilih lokasi sesuai minat.

4. Menyinggahi Rumah Tarzan

rumah tarzan taman eden
Di tempat ini kamu juga bisa menjumpai sebuah rumah pohon yang cukup unik, menyerupai kediaman tokoh fiksi Tarzan. Dari permukaan tanah, Rumah Tarzan ini berada di ketinggian 10 meter dan tersedia tangga untuk wisatawan yang ingin ke atas.
 
Rumah Tarzan ini sering sekali dipakai pengunjung Taman Eden 100 untuk berfoto. Kalau sudah naik dan berada di atas rumah. Kita akan dipuaskan dengan pemandangan indah dengan lansekap alam yang memesona. Jadi, pastikan membawa kamera ketika mengunjungi spot ini ya.

5. Bank Pohon dan Budidaya Tanaman Lokal

petunjuk arah
Untuk konservasi sekaligus mengembangkan rasa cinta terhadap alam, ada pusat pelestarian alam yang sengaja dibuat bagi para pengunjung. Dekat dengan Rumah Tarzan, di sana setiap wisatawan akan diberi 1 buah pohon dengan label nama si penanam. Kegiatan wisata yang satu ini sangat diminati karena pengunjung tidak sekedar liburan biasa.
 
Pengembangan potensi wisata yang diterapkan oleh Taman Eden 100 sangat layak ditiru oleh pemilik wisata alam lainnya, seperti gerakan penanaman dan juga pembibitan berupa bank pohon yang dinamai "Evergreen".
 
Dalam jangka waktu tertentu, bibit tersebut akan disumbangkan kepada masyarakat Toba Samosir dan daerah lain yang tengah mengadakan penghijauan. Atraksi wisata Taman Eden 100 ini tidak akan kamu temui di destinasi lainnya. Termasuk melihat tumbuhan khas setempat.
 
taman eden 100
andaliman
Kamu dapat menengok tanaman Andaliman, Hariara, Andalehat, Tahul-tahul, Sampinur dan lainnya. Di sini, sobat traveler bisa juga melihat "Toba Orchid Park", khusus dibuat untuk konservasi tanaman bunga Anggrek Toba yang memiliki koleksi cukup banyak.
 
Keberadaan tanaman lokal ini tentu saja menjadi benteng untuk mempertahankan kearifan dan pola hidup masyarakat setempat sehingga kelak terus terjaga dan dapat dipelajari.

Fasilitas dan Lokasi

Taman Eden 100 Terletak Desa Sionggang Utara, Lumbanrang, Lumban Julu. Sebuah wilayah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Perjalanan ke lokasi dapat ditempuh sekitar 24 menit dari Parapat dengan jarak 16,3 km. Cukup jauh dari Kota Medan, tetapi kamu pasti senang sesampai di sana.
 
Jalan menuju Taman Eden 100 sudah lumayan memadai. Sayangnya, jarang sekali angkutan umum yang langsung ke sana. Satu-satunya cara ialah dengan membawa kendaraan pribadi. Kalian bisa gunakan GPS atau Google Map sebagai panduan rute.
 
Selain sederet obyek wisata mulai dari ecotourism, budaya dan alam. Taman Eden dilengkapi beragam fasilitas seperti penginapan dengan harga terjangkau, camping ground, tersedianya toilet bersih, aula (ruang rapat) dan kebun strawberry.

Tiket Masuk Taman Eden 100

Pengunjung akan dikenai tiket masuk untuk menikmati Taman Eden 100. Biaya berlibur di taman ini disesuaikan dengan tujuan berkunjung dan jumlah peserta. Sebab, kebanyakan wisatawan yang berlibur ke sana bertipe rombongan atau tamu grup.
 
Namun, tiket masuk yang dibanderol tidak terlalu besar, bahkan relatif murah dan hanya ssekitar Rp3.000 hingga 10.000/orang. Tarif tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan dan akses ke beberapa objek wisata.
 
Travelers, Taman Eden 100 di Lumbanrang ini wajib kamu kunjungi jika kamu ingin menelusuri destinasi di seputaran Danau Toba. (AN/PSN)

Berlangganan via Email