Top Ad unit 728 × 90

Keren Nih, Ada Ekowisata 'Taman Eden 100' di Tobasa!

Taman Eden 100 Tobasa - Wisata Taman Eden 100 Tobasa merupakan buah dari perjuangan Marandus Sirait, sosok aktivis lingkungan yang melabuhkan hatinya demi pelestarian alam. Beliau adalah insan yang telah mendirikan Taman Eden di Sionggang Utara, Lumbanrang. Semenjak dibuka, berbagai fasilitas dan pengembangan pun terus dilakukan.

Tidaklah berlebihan jika Taman Eden 100 diberi gelar sebagai benteng kearifan lokal Batak. Destinasi ekowisata ini sangat kental dengan aura pesona hutan hijau, ragam tumbuhan langka serta berbagai pilihan obyek wisata yang tersebar di lahan seluas 40 hektar.

taman eden 100 tobasa
Sejarah Singkat
Keputusan Marandus Sirait untuk 'pulang kampung' berawal dari keprihatinannya terhadap kerusakan lingkungan yang berdampak pada tergerusnya habitat alam. Ia mengambil langkah besar untuk kembali dari Medan ke Tobasa, meninggalkan profesi sebagai musisi dan berjibaku menghutankan 40 hektar tanah milik keluarga.

Untuk modal awal, ia menjual beberapa alat musik. Hasil penjualan dari barang-barang itu digunakan sepenuhnya oleh Marandus Sirait untuk mengelola Taman Eden 100. Tak berpantang-surut menanami lahan dengan beragam tumbuhan buah dengan jumlah mencapai ratusan jenis.

pengunjung dari berbagai daerah
Perlahan, tanah yang dahulunya dipadati ilalang dan tandus pun semakin bertransformasi. Di ketinggian 1.750 mdpl, kini ada surga kecil yang hadir dengan jargon baru: "Travel to The Deep Forest,".

Spot Wisata di Kawasan Taman Eden 100
Memadainya sarana prasarana di obyek wisata Tobasa ini merupakan alasan mutlak bagi wisatawan lokal dan turis mancanegara untuk mengunjungi salah satu obyek wisata di Kabupaten Toba Samosir ini. Begitu juga pesona yang ditawarkan, ada beragam destinasi pilihan yang dapat sobat traveler lakukan di sini:

1. 3 Air Terjun di Taman Eden

air terjun taman eden via @dona.sirait
Ada 3 buah air terjun di sini dengan jarak lokasi cukup berjauhan. Pertama adalah Air Terjun 2 Tingkat, debit air terjun ini tidak terlalu deras sehingga pas untuk liburan keluarga. Pengunjung diperkenankan untuk mandi dan menikmati segarnya air yang mengalir.

Kedua, Air Terjun 7 Tingkat yang jaraknya cukup jauh, sekitar 7 kilometer dari pos koordinasi sehingga layak untuk wisata tracking. Sesuai namanya, air terjun ini terdiri dari 7 tingkatan.

Ketiga, diberi nama Air Terjun Goa Kelelawar, lebih dekat dari posko dengan jarak sekitar 5 kilometer saja. Air terjun unik ini berada tepat di bibir Gua Kelelawar, bagi adventurer, menjelajah isi goa ini tentu sangatlah menantang. 

Lihat: 7 Tempat Wisata di Balige

2. Bukit Manja
Kerap dijadikan sebagai area tracking dan camping bagi para petualang. Dari titik ini, para traveler dapat menyaksikan landskap indah di kawasan Lumban Julu, Tobasa. Untuk menuju titik puncak Bukit Manja, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Di bandingkan spot lainnya, track ke Bukit Manja tergolong sulit, karena memerlukan ketahanan fisik.

Namun, bagi yang sudah sering mendaki gunung, hal ini tentu tidaklah menjadi masalah. Sesampainya di puncak Bukit Manja, sobat traveler akan melihat panorama Danau Toba di kejauhan.

3. Gunung Sipangulu Bao


sipangulu bao mt
Kalau ingin menyaksikan sudut lain berupa bentang permadani hutan hijau di Toba Samosir, Gunung Sipangulu Bao (2.150 mdpl) wajib sekali untuk kamu kunjungi. Wilayah ini termasuk ke dalam tipe hutan rimba, sehingga dibutuhkan jasa pemandu untuk menelusuri track hingga ke puncak Sipangulu Bao.

4. Camping Ground
Taman Eden 100 sering kali dijadikan untuk lokasi outbond baik oleh komunitas maupun perusahaan. Selain karena sejuk dan indah, terdapat pula banyak titik camping sehingga para pengunjung dapat memilih lokasi sesuai minat.

5. Rumah Tarzan

rumah tarzan taman eden
Di tempat ini kamu juga bisa menjumpai sebuah rumah pohon yang cukup unik, menyerupai kediaman tokoh fiksi Tarzan. Dari permukaan tanah, Rumah Tarzan ini berada di ketinggian 10 meter dan tersedia tangga untuk wisatawan yang ingin ke atas.

6. Pusat Penanaman Pohon
Untuk konservasi sekaligus mengembangkan rasa cinta terhadap alam, ada pusat pelestarian alam yang sengaja dibuat bagi para pengunjung. Di sini setiap wisatawan akan diberi 1 buah pohon dengan label nama si penanam. Kegiatan wisata yang satu ini sangat diminati karena pengunjung tidak sekedar liburan biasa.

Lihat: Inilah Tarabunga Balige, Dataran Tinggi Eksotis Tobasa

7. Bank Pohon "Evergreen"
Responsible tourism yang diterapkan sangat layak ditiru oleh pemilik wisata alam lainnya, seperti gerakan penanaman dan juga pembibitan berupa bank pohon yang dinamai "Evergreen". Dalam jangka waktu tertentu, bibit tersebut akan disumbangkan kepada masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap isu pelestarian lingkungan.

petunjuk arah
Surga Bagi Tanaman Khas Batak
Sisi menarik dari Taman Eden 100 yang tidak akan kamu temui di destinasi lainnya adalah kekayaan tumbuhan khas Batak seperti bumbu tradisional batak Andaliman, Hariara, Andalehat, Tahul-tahul, Sampinur dan lainnya. Di sini, sobat traveler bisa juga melihat "Toba Orchid Park", khusus dibuat untuk konservasi tanaman bunga Anggrek Toba yang memiliki koleksi cukup banyak.

andaliman
Keberadaan tanaman khas Batak ini tentu saja menjadi benteng untuk mempertahankan kearifan dan pola hidup masyarakat Batak sehingga kelak terus terjaga dan dapat dipelajari.

Baca: Tarif dan Jadwal KMP Ihan Batak

Lokasi dan Rute
Terletak Desa Sionggang Utara, Lumbanrang, sebuah wilayah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) di kecamatan Lumban Julu. Perjalanan ke lokasi dapat ditempuh sekitar 24 menit dari Parapat dengan jarak 16,3 km.

Retribusi Masuk
Tiket masuk sekitar Rp3.000 hingga 10.000/orang. Harga masuk ini tentu saja tergolong sangat murah.

Fasilitas
Selain sederet obyek wisata mulai dari ecotourism, budaya dan alam. Taman Eden dilengkapi beragam fasilitas seperti penginapan dengan harga terjangkau, camping ground, tersedianya toilet bersih, aula (ruang rapat) dan kebun strawberry.

Travelers, Taman Eden 100 di Lumbanrang ini wajib kamu kunjungi jika kamu ingin menelusuri destinasi di sekitar kawasan Pariwisata Danau Toba. (AN/PSN)
Keren Nih, Ada Ekowisata 'Taman Eden 100' di Tobasa! Reviewed by Pariwisata Sumut on 2/10/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.