Widget HTML Atas

Loken Barn Resort - Lokasi, Tiket Masuk & Ragam Pesona

Loken Barn Resort merupakan destinasi wisata dengan konsep rumah Belanda di Tongging. Tempat yang termasuk baru dibuka ini menyuguhkan arsitektur bangunan serta desain dengan nuansa khas Negeri Kincir Angin. Terdapat pula taman dan pemandangan lanskap Danau Toba yang melengkapinya.
 
loken barn resort
image credit: instagram.agungwijaya44/melcinliongmakeupart
Loken Resort menjadi destinasi pilihan wisatawan luar dan warga sekitar mulai pertengahan tahun 2022. Destinasi ini memang memadukan aspek alam, kuliner dan budaya dalam satu tempat. Sehingga ketiga aspek tersebut bisa pengunjung nikmati sekaligus.
 
Beberapa sarana yang menjadi keunggulan wisata di Loken Barn Resort membawa pengunjung merasakan suasana Belanda. Seperti kincir angin berukuran besar, rumah tradisional, menara pandang dan beranda setinggi 3 meter.
 

Harga Tiket Masuk

Dengan biaya cukup terjangkau, wisatawan sudah bisa masuk ke Loken Barn Resort tanpa harus membayar mahal. Harga tiket masuk yang dibanderol relatif murah baik saat weekday (hari biasa) maupun weekend (akhir pekan).
 
Tiket Umum: Rp10.000/orang
Biaya Parkir: Rp0/unit
 
Tiket masuk tersebut dibayarkan langsung di pos retribusi. Kemudian, bagi wisatawan yang membawa kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak perlu membayar biaya parkir alias gratis.
 
 

Alamat Loken Barn Resort

Lokasi Loken Resort terletak di kawasan Tongging, tepatnya Desa Pangambatan, Jalan Gajah Bobok, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 22173. Kontak/nomor telepon pengelola 081370177729. Akses menuju alamat tersebut bisa dilihat pada peta berikut:
 
 
Rute ke lokasi tidak sulit untuk ditemukan, pengunjung asal Medan dapat mengambil rute langsung ke Merek. Lanjutkan rute ke arah Tongging, sebelum sampai di desa tersebut, akan ada papan petunjuk arah. Waktu perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 3 jam atau berjarak sekitar 109 km.
 

Aktivitas dan Wisata Loken Resort

Berada di Loken Resort seolah mewujudkan mimpi berlibur ke Belanda. Karena sesuai namanya, tempat ini memang didesain mirip bak negeri Holland. Hampir semua spot dan wahana wisata yang dibangun pengelola identik dengan ciri khas negara Belanda.
 
Meski penataannya dirancang mirip negeri Belanda, tapi ada satu hal yang bikin pesonanya berbeda, apalagi kalau bukan Danau Toba. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya akan menemukan bangunan yang keren untuk aktivitas foto saja. 
 
Didirikan di atas lahan seluas 1 hektar, tak sulit bagi pemilik untuk mengembangkan destinasi ini sesuai rancangan 'Netherland Vibe'. Bahkan, pengunjung dapat mengisi waktu kunjungan lewat sederet aktivitas menyenangkan. Berikut beberapa diantaranya.
 

1. Nongkrong Menikmati Loken Barn

loken barn
image credit: febiyolahalolo/ig
Tidak semua bangunan di tempat ini diberi nama tertentu. Kecuali Loken Barn, sebuah rumah yang interior dan eksteriornya mengangkat konsep portico. Sebenarnya, rumah yang dijadikan cafe ini adalah daya tarik utama yang membuat orang berkunjung.

Rumah yang didominasi warna putih, hijau dan merah ini difungsikan sebagai cafe. Karena itu pula, wisatawan tidak cuma bisa melihat arsitektur bangunan dari luarnya saja, tetapi juga menengok ruangan dan seisinya sembari mencicipi menu yang tersedia.

Nongkrong di cafe ini jadi kegiatan yang paling diminati wisatawan. Duduk santai sambil menyesap secangkir kopi di tengah udara yang dingin, pengunjung dapat leluasa melihat pemandangan di luar bangunan. Tentunya selain kopi, masih banyak menu makanan dan minuman lain yang bisa pengunjung pesan.
 

2. Menara/Dermaga Pandang

loken barn resort
keindahan yang tersaji dari gardu pandang - image credit: ig/juni_lim
Daya tarik selanjutnya di tempat ini adalah beranda atau menara pandang. Bangunannya sengaja dibuat lebih tinggi dibandingkan bangunan yang lain. Hal itu dimaksudkan agar semua pemandangan di sekitar dapat terlihat secara keseluruhan.
 
Setelah menaiki tangga dan berada di atas menara, saatnya menikmati sensasi berdiri di atas menara. Tenang saja, lantainya tidak licin sehingga cukup aman saat dipijak. Dengan begitu, pengunjung dipastikan merasa nyaman tanpa perlu khawatir akan terjatuh.
 
Dari atas menara ini pula, pemandangan yang sebelumnya tidak terlihat jika dari bawah akan tampak lebih jelas. Mulai dari view Tongging, sunrise dan sunset, perairan Danau Toba hingga lajur perbukitan Bukit Barisan yang membentang indah bagaikan permadani hijau.
 

3. Berfoto di Depan Kincir Angin

loken resort
spot favorit wisatawan untuk selfie - image credit: instagram/sosuke_picture
Keunggulan lainnya yang membuat Loken Barn seperti negara Belanda di Tongging yaitu Kincir Angin. Ya, bangunan yang satu ini memang sering kali dikaitkan dengan negara tersebut. Apalagi ukurannya cukup besar, sehingga tidak terkesan sebagai properti saja.
 
Bukan hanya pemandangannya, pun semua bangunan, termasuk kincir angin ini sangat menawan untuk diabadikan dengan kamera. Lebih lagi, di sekitar kincir terdapat sebuah danau kecil buatan dengan jembatan merah yang juga bisa wisatawan pilih untuk latar foto.
 
Bagi penikmat fotografi, masih banyak sekali spot dan angle yang menarik untuk dipotret. Hampir semua spot cukup Instagramable dan gambarnya layak diunggah ke media sosial. Bahkan jika tertarik, tempat ini pun sangat bagus untuk foto pre-wedding.
 

Jam Buka

Menariknya, jam buka Loken Resort punya waktu operasional yang cukup panjang. Karenanya, pengunjung yang datang jauh-jauh dari luar kota tidak perlu terburu-buru. Untuk area wisatanya sendiri dibuka mulai pukul 08.00 - 20.00 WIB setiap hari mulai Senin hingga Minggu.
 
Sementara itu, akomodasi penginapan yang tersedia di tempat ini dibuka selama 24 jam. Wisatawan yang ingin menginap bisa datang kapan saja. Kalau tujuannya cuma berlibur, sebaiknya berkunjung ketika cuaca cerah baik pagi, siang maupun sore agar pemandangan tidak terhalang kabut.
 
 

Fasilitas Loken Barn Resort

Demi menunjang kebutuhan sekaligus kenyamanan bagi para wisatawan. Maka di tempat ini sudah disediakan sejumlah fasilitas lengkap yang semuanya dapat dinikmati setiap pengunjung. Beberapa diantaranya yaitu:
 
- Cafe/Tempat Nongkrong
- Akomodasi Penginapan
- Area Parkir (Roda Dua dan Empat)
- Toilet
- Spot Foto
 
Bagi yang suka wisata dengan nuansa Belanda, tempat di Sumatera Utara ini sepertinya wajib masuk destinasi berikutnya yang harus dikunjungi. Selain terjangkau, tempatnya pun pas untuk mengajak keluarga habiskan quality time bersama.