Widget HTML Atas

Pantai Aloina - Pemandian Alam, Tiket Masuk dan Spot Lokasi

Pantai Aloina adalah sebuah pemandian alam di garis pinggir sungai Lau Tuntung. Persis terletak di Desa Kutalimbaru, Kec. Namo Rambe, Kab. Deli Serdang, Sumut yang memiliki bebatuan granit dan air terjun nan jernih serta bebas polusi udara.
 
pemandian alam pantai aloina
image credit: shery s kembaren/alvan aviranda winata
Selain itu, jembatan penyeberangan dan instalasi spot foto Instagramable turut serta memperindah Pantai Aloina. Ditambah lagi pemandian alam ini memiliki curahan air yang begitu bersih serta baris pepohonan hijau yang ada di sekitaran pantai.
 
Kendati nama pemandian alam Pantai Aloina masih baru terkenal karena belum lama ini dibuka, tetapi dengan lokasi dan kelebihan itu, sudah cukup ramai wisatawan yang datang kemari untuk berekreasi. Baik di akhir pekan maupun pada hari biasa.
 

Harga Tiket Masuk

Pantai Aloina menawarkan tempat liburan yang hemat dan murah-meriah. Dengan harga tiket hanya sebesar Rp5 ribuan saja, wisatawan sudah bisa sepenuhnya menikmati areal pemandian alam dan spot foto di sepanjang bantaran sungai.
 
Tiket Weekend/Weekday: Rp5.000
Biaya Parkir: Rp2.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil)
Biaya Sewa Gazebo: Rp20.000/unit
 
Biaya masuk ke pante atau pemandian alam ini stabil meski Anda mengunjunginya pada saat weekend maupun weekdays. Apalagi harga tiket masuk yang tercantum di atas dibandrol bagi semua usia. Dewasa dan anak-anak diberi tarif yang sama.
 
 

Akses Lokasi

Lokasi pemandian alam Aloina berada tak jauh dari Medan, tapi tidak cukup dekat jika diakses melalui arah Binjai. Alamat lengkapnya di Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia 20354.
 
Jika ditempuh dari ibukota Medan menuju lokasi tersebut dapat dicapai dalam kurun waktu 55 menit atau 27,4 km. Aksesnya akan melewati Jl. Jamin Ginting, kemudian teruskan perjalanan jalan Golf Tuntungan dalam kecepatan normal.
 
Durasi perjalanan bisa lebih cepat pada saat weekday karena jalur transportasi yang dilalui akan lenggang. Sementara pada akhir pekan, berbagai jenis kendaraan meliputi bus dan angkutan umum akan memadati jalan raya. Anda dapat merencanakan trip menggunakan peta.
 

Jam Operasional

Jam buka Pantai Aloina selalu mengikuti jadwal tetap. Mulai hari minggu sampai sabtu dari pukul 08.00 WIB dan tutup jelang sore pukul 17.00 WIB. Jam operasional pante tersebut tidak berubah baik saat weekday maupun weekend.
 
Sebagai pemandian di ruang terbuka, waktu terbaik untuk jejeguran di tempat ini tentu pada siang hari ketika cuaca sedang terik. Namun, jika Anda tertarik merasakan sensasi air yang dingin di pantai tersebut, tidak ada salahnya datang di pagi hari.
 
 

Ragam Pesona di Pantai Aloina

Sesuai namanya yang berasal dari bahasa lokal, disebut Pantai Aloina berarti 'pantai yang menjawab'. Sedangkan kata 'Pante' artinya tempat mandi. Maka dapat disimpulkan jika tempat ini menjadi jawaban bagi wisatawan yang mencari pemandian alami.
 
Sebagai pemandian alam dengan ruang terbuka, pengunjung akan sangat nyaman menikmati suasana damai dan tentram di pinggiran sungai. Apalagi lebatnya pepohonan yang menghijau, kilauan air, batu-batu granit berukuran besar dan air terjun yang seolah ikut menambah keindahannya.
 
Oleh setiap pesona yang tersaji, banyak aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan di sini. Terutama kegiatan yang menyangkut aktivitas rekreasi di tempat terbuka. Selain remaja dan orangtua, pun anak-anak pasti bahagia Anda ajak bermain air kemari.
 

1. Bermain Air dan Berenang

pantai aloina
image credit: monika astrii manullang
Seperti wisata air pada umumnya, kegiatan berenang dan bermain air tak bisa dilewatkan ketika plesiran ke pantai atau pemandian alam. Rasanya kurang komplit jika tidak basah-basahan. Nah, keseruan satu ini bisa Anda peroleh ketika berlibur di Pantai Aloina.
 
Anda dapat mengajak anak-anak bermain air di pinggiran pemandian alam ini. Beberapa spot berenangnya cukup dangkal. Pastinya sangat seru dan bikin segar, sebab airnya begitu jernih kehijauan. Bahkan kondisi tersebut tidak berubah ketika musim hujan tiba.
 
Kawula muda yang menyukai tantangan lebih suka berenang di bawah jembatan yang berada di bagian hulu atau air terjun. Di sini, alirab Sungai Lau Tuntungan memang sedikit lebih deras dan dalam. Namun, pengunjung harus tetap waspada karena bebatuannya lumayan licin.
 

2. Koleksi Wahana Swa-foto

pemandian alam pantai aloina
dihias spot foto dan taman - image credit: ade purnama/google maps
Setiap pantai maupun pemandian alam selalu menghadirkan daya tarik terbaru bagi wisatawan. Selain agar tidak cepat bosan, pengunjung juga bisa melakukan banyak hal menarik. Terutama soal swa-foto sebagai kenang-kenangan setelah berlibur.
 
Nah, pemandian alam Aloina punya fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Bukan hanya bisa berfoto di tepian pantainya saja, tetapi bisa pula mengambil gambar yang Instagramable di sederet spot khusus yang keren dan lucu.
 
Sebut saja barisan payung warna-warni dan instalasi kayu yang dibentuk menyerupai hati. Di sana, Anda bisa berfoto sepuasnya untuk memenuhi memory kamera. Setelah memilih gambar terbaik, wisatawan bisa langsung mengunggahnya ke media sosial karena pantai ini terjangkau oleh internet.
 
 

3. Bersantai, Menyaksikan Sunset dan Memancing

pantai aloina
image via: instagram/jefferson sinuhaji
Lantaran pantai ini menghadap ke arah barat, maka wisatawan bisa menikmati pesona sunset yang cantik. Jadi, Anda tidak usah buru-buru pulang. Meski pepohonan sedikit menghalangi proses matahari tenggelam, namun temaram cahayanya masih memukau.
 
Sembari menyaksikan matahari bergulir, tersedia gazebo atau pondok kecil di tepian pantai yang dapat Anda gunakan untuk bersantai. Suara burung-burung liar, desau tiupan angin dan gemericik air sungai akan menemani pengunjung melepas hari.
 
Ketika berada di Pantai Aloina Kutalimbaru, pengunjung yang hobi mancing mania dapat membawa perlengkapan pribadi ke sini. Sungai ini dipenuhi oleh ikan-ikan, jika beruntung pengunjung akan memperoleh ikan besar untuk dijadikan menu barbeque.
 

Fasilitas

Terdapat sejumlah fasilitas di pemandian alam dan pantai yang dijamin bisa memenuhi segala keperluan para pengunjung. Baik bagi yang datang bersama rombongan/komunitas maupun perseorangan, seperti:
 
- Kamar mandi
- Bilik bilas
- Gazebo
- Spot foto
- Area parkir
 
Pantai ini memang sangat pas untuk dijadikan tujuan semua orang yang butuh tempat pemandian alami, udara segar dan suasana menenangkan. Sehingga banyak hal dapat dilakukan pengunjung ketika sedang berada di sini.