Top Ad unit 728 × 90

14 tempat wisata di Tebing Tinggi yang Menarik untuk Dikunjungi

-- --
Tebing Tinggi, salah satu daerah kebanggaan di Sumatera Utara, si kota lemang ini cukup menarik untuk dijadikan tempat berlibur. Ya, ada banyak tempat wisata di Tebing Tinggi yang patut untuk dikunjungi.

Berada di jalur lintas strategis antar kabupaten, Kota Tebing Tinggi cukup sering disinggahi oleh wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Namun, wisata Tebing Tinggi sebenarnya tak kalah keren. Mulai waterpark, kuliner hingga destinasi alam dapat dijumpai di kota berjarak 80 kilometer dari Medan tersebut.

tebing tinggi

Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Supaya memudahkan momen liburan ke kota adipura dan toleran ini,  tim pariwisatasumut.net akan mengulas deretan obyek wisata di Kota Tebing Tinggi yang tentunya menarik dan juga populer.

1. Taman Kota Tebing Tinggi

taman kota via @@ivanbuci
Tempat nongkrong di Tebing Tinggi untuk segala usia yang tergolong luas dan ditata sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan hijau. Di berbagai sudut, disediakan juga arena bermain bagi balita dan lapak beristirahat berupa tempat duduk yang nyaman.

Taman Kota Tebing Tinggi ini merupakan proyek revitalisasi dari terminal Pingkrah yang dulunya sudah tidak difungsikan. Warga Tebing Tinggi biasanya menghabiskan waktu untuk refreshing dan jogging. Selain itu, ada juga pedagang yang menyediakan aneka makanan ringan.

Taman di Tebing Tinggi ini berada di Jalan Diponegoro, Rambung, Kecamatan Tebing Tinggi Kota dan buka setiap hari tanpa pungutan tiket masuk.

2. Waterpark Gundaling Paya Pasir

waterpark gundaling paya pasir
Waterpark di Tebing Tinggi yang paling populer karena punya sederet wahana air yang asik untuk menghabiskan waktu luang. Di Waterpark Gundaling, Traveler bisa mencoba beragam permainan yang ada seperti kolam renang dan

Waterpark Gundaling Tebing Tinggi buka setiap hari dari pukul 08.00 - 18.00, kecuali untuk Senin dan Selasa, destinasi wisata air tersebut biasanya tutup. Untuk tiket masuk ke Waterpark Gundaling hanya Rp10.000/orang. Menariknya, usia di bawah 8 tahun bisa masuk gratis.

3. Taman Revolusi Mental

taman revolusi mental
Nah disini terdapat Taman Revolusi Mental juga lho, sejak dibangun 2017 silam, Taman Revolusi Mental Tebing Tinggi jadi tempat yang ramai dikunjungi warga lokal untuk sekedar bersantai atau berfoto.

Dari seluruh kota di Indonesia, Tebing Tinggi dulunya terpilih sebagai kota yang dijadikan sebagai percontohan program nasional Nawacita. Saat ini, Taman Revolusi Mental yang berdekatan dengan Taman Sri Mersing ini digunakan untuk tempat pertemuan, ajang seni budaya dan sederet kegiatan berfaedah lainnya.

4. Bah Bolon Arung Jeram

bah bolon via @travelingmedan
Meski bukan di Tebing Tinggi, Ancol Arung Jeram atau Bah Bolon sering dijadikan rujukan wisata di sekitar Tebing Tinggi karena jaraknya yang lebih dekat jika dibandingkan dengan Kabupaten Serdang Bedagai.

Nah, Arung Jeram Bah Bolon tepat sekali untuk Traveler yang mau mencoba adu adrenalin, melewati derasnya arus sungai dan menyaksikan pemandangan serba eksotik di sepanjang alur. Serunya lagi, spot rafting di Sumatera Utara ini layak untuk pemula.

5. Ramadhan Fair Kecamatan Rambutan

ramadan fair tebing tinggi
Spot untuk berburu takjil saat Ramadan di Tebing Tinggi? teman traveler dapat melangkahkan kaki ke kawasan Kecamatan Rambutan. Di tempat ini beragam jenis makanan untuk hidangan berbuka puasa berjejer di sepanjang jalan Gunung Leuser.

Menariknya, Ramadan Fair Kecamatan Rambutan tak hanya diisi pedagang makanan saja, bahkan beragam busana untuk menyambut lebaran pun bisa ditemukan di tempat ini. Eit, tetapi hanya dibuka sekali dalam setahun ya.

6. Taman Edukasi Kelurahan Lalang

taman edukasi via @tebingtinggku
Ingin berlibur sambil belajar? perlu nih jalan-jalan ke Taman Edukasi Kelurahan Lalang. Di wisata Tebing Tinggi tersebut pengunjung akan melihat serangkaian jenis tanaman buah dan bunga yang tertata rapi.

Selain itu pengunjung dapat melihat proses pemeliharaan ala agrowisata dan bagaimana cara memanfaatkan sampah tanaman melalui proses daur ulang. Di sini juga seru kok untuk berfoto-foto. Lokasi Taman Edukasi Kelurahan Lalang ini terletak di jalan Bukit Bundar, Tebing Tinggi.

7. Istana Negeri Padang

istana negeri padang via lely panjaitan
Destinasi sejarah di Tebing Tinggi yang cukup populer bernama Istana Negeri Padang ini sudah berdiri sejak tahun 1800-an. Usia bangunannya memang cukup tua tetapi tetap meninggalkan kesan peradaban Melayu yang tak lekang di makan zaman.

Komplek Istana Negeri Padang yang dibangun pada masa Raja Tengku H. Muhammad Nurdin tersebut cukup mencolok, keseluruhan bangunan identik dengan warna coklat dan hitam dan berbentuk rumah panggung.

Nah, kalau hendak menelusuri sejarah Melayu di Tebing Tinggi, bisa gerak langsung ke alamatnya di Jalan Pala II atau Tengku irwan Hasim, Lingkungan III, Bandar Utama, Tebing Tinggi Kota.

8. Kolam Pancing Padang Merbau

padang merbau
Tempat rekreasi lainnya di Tebing Tinggi yang pas untuk mancing mania adalah Kolam Padang Merbau. Selain mencoba peruntungan lewat kail, disini bisa juga sekalian refreshing bersama keluarga kok.

Hasil tangkapannya bisa dibawa pulang, sistem bayarnya berdasarkan kiloan, sama seperti kolam pancing pada umumnya. Alamat Kolam Pancing Tebing Tinggi ini ada di komplek perumahan Padang Merbau.

9. Pemandian Lubuk Indah

lubuk indah via @tebingtinggiku
Mau yang segar dan bikin adem? coba deh ke kolam renang di Tebing Tinggi yang dinamai Kolam Renang Lubuk Indah ini. dipadukan dengan kolam pancing, Lubuk Indah terdiri dari beberapa kolam renang yang tentunya bersih.

Tiket masuk ke Kolam Renang Lubuk indah yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto ini tergolong murah kok, hanya Rp 10.000/pengunjung. Usai membayar, traveler bisa bersantai dan menyaksikan para pemancing di kolam sebelahnya.

10. Tugu Wahana Tata Nugraha

tugu tata nugraha tebing via @tebingtinggiku
Orang yang tinggal dan berasal dari Tebing Tinggi patut berbangga hati. Selain piala Adipura, kota ini memang sering kali mendapatkan penghargaan tingkat nasional dari waktu ke waktu

Salah satu buktinya adalah Tugu Wahana Tata Nugraha, atas prestasi yang diraih terkait kemampuan mengelola angkutan kota dan lalu lintas. Ya, jalan di Tebing memang sangat bersih dan patut diancungi jempol.

11. Green Hill

green hill via @tebingtinggiku
Spot wisata selfie di Tebing Tinggi juga ada kok, namanya Green Hill. Dulunya, tempat ini adalah pembuangan sampah yang kemudian dirancang lagi sebagai obyek wisata baru instagenik bagi yang hobi berfoto.

Kalau mau ke Green Hill, direkomendasikan waktu sore hari, karena panas matahari sudah turun dan suasana disini akan lebih segar lantaran angin yang berhembus cukup kencang. alamat Green Hill bisa dijangkau dengan mudah, berada di Jalan Baja.

12. Bendungan Sei Padang

bajayu
Walau bukan termasuk salah satu wisata di Tebing Tinggi, Bendungan Sei Padang ini juga jadi favorit warga Tebing Tinggi untuk bersantai lho. Bangunan megah dengan view sungai cukup deras membuat banyak orang memilih Bendungan Sei Padang sebagai hiburan sore bersama keluarga.

Bendungan Sei Padang atau lebih populer dengan nama Bajayu bisa juga jadi lapak mancing dan ngaso di tepi bendungan yang digunakan sebagai irigasi persawahan di Tebing Tinggi ini.

13. Museum Kota Tebing Tinggi

museum tebing tinggi
Gedung berisi dokumentasi dan keterkaitan sejarah ini merupakan satu-satunya museum di Tebing Tinggi yang pengelolaannya dipegang oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan. Museum jenis universal tersebut punya banyak sekali koleksi sejarah.

Di Museum Kota Tebing Tinggi, pengunjung dapat melihat peninggalan yang terkait dengan masa pendudukan Jepang dan Belanda. Dari guci zaman VOc, beragam mata uang serta produk kriya tempo dulu.

Di dalam Museum Tebingtinggi pun ada foto-foto masa lampau, termasuk ketika Presiden RI Pertama dan wakilnya bertolak serta mengunjungi kota seluas 31 kilometer persegi ini. Lokasi Museum Kota Tebing Tinggi terletak di Jalan Kotamadya, Tebing Tinggi Lama.

14. Masjid Raya Nur Addin

masjid raya nur addin via prabu raja bumi
Masjid terbesar di Tebing Tinggi yang sebenarnya dibangun pada tahun 1861 ini merupakan salah satu catatan penting di masa Kerajaan Negeri Padang yang dulunya berkuasa di 5 kerajaan sekaligus yakni Bandar Khalifah, Dolok Merawan, Sipispis dan Bedagai.

Sejarah Masjid Raya Nur Addin tak lepas dari tujuan pendirian bangunan ini yang sejak semula digunakan untuk ibadah dan syiar Islam. Paska dipugar oleh Pemko Tebing Tinggi, transformasi Masjid Raya Nur Addin pun berubah total.

Lokasi Masjid Raya Nur Addin ini pun tak sulit ditemukan, terletak di Jalan Suprapto dan kini menjadi masjid kebanggaan warga Tebing Tinggi.

Jika sedang berada di Kota Tebing Tinggi, jangan lupa juga untuk menikmati Lemang ya, kuliner khas yang sudah sangat populer dan terkenal hingga keluar daerah. (Th.E/SK/PSN).
14 tempat wisata di Tebing Tinggi yang Menarik untuk Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on 5/11/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.