Widget HTML Atas

Wisata Padang Sidempuan, 7 Tempat di Kota Salak Ini Wajib Dikunjungi

wisata padang sidempuan
Padang Sidempuan memang populer sebagai penghasil buah Salak terbaik di Sumatera Utara, itulah mengapa kota yang baru dibentuk sejak 2001 silam ini sering mendapat julukan sekaligus memiliki ikon otentik 'Si Kota Salak'.

Terdiri dari 5 kecamatan, ada beberapa destinasi di sekitar Padang Sidempuan yang dapat dipilih traveller sebagai tujun berlibur. Dari panorama alam, situs budaya hingga tempat wisata di Padangsidimpuan lainnya yang terbaru dan beragam spot hits untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Padang Sidempuan

Menempuh jarak 385 kilometer dari Kota Medan ke Padang Sidempuan, pada umumnya akses transportasi yang lumrah digunakan adalah bus lintas provinsi dengan durasi perjalanan sekitar 9 jam.

1. Puncak Simarsayang

simarsayang - via @fixprointerrior14
Tor atau Puncak Simarsayang berlokasi di sekitar Losung Batu, Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Di tempat wisata ini, traveller nggak hanya bisa menikmati keindahan panoramanya saja tetapi bisa juga nongkrong sembari menunggu matahari tenggelam.

Nah, dari Puncak Simarsayang yang posisinya berada di perbukitan ini, kamu akan terpesona akan indahnya pemandangan landskap Kota Sidempuan. Lantaran tiket masuk gratis, wisata Simarsayang yang juga menyediakan spot wisata selfie menjadi destinasi favorit oleh masyarakat lokal maupun para pendatang.

2. Wisata Kembar Agro

kembar agro
Travellers, jika mau liburan asyik di tempat wisata baru di Padang Sidempuan, maka kamu wajib berkunjung ke Kembar Agro yang beralamat di Jalan Abdul Haris Nasution, Gunung Natolu, Batunadua. Spot kekinian ini pun banyak direkomendasikan oleh orang Sidempuan sendiri.


Sejuk, indah dipandang, kreatif dan tertata bersih merupakan 4 ciri khas dari Kembar Agro yang akan dirasakan oleh wisatawan. Sesuai namanya, daya tarik Kembar Agro tak lepas dari konsep agrowisata yang dibaurkan dengan pariwisata kreatif.

Pengunjung cukup membayar biaya retribusi Rp5.000 saja, dengan tiket masuk Kembar Agro yang tergolong murah itu, kamu sudah bisa berfoto sepuasnya di kapal, rumah-rumah mini dan beragam wahana menarik lainnya.

3. Kolam Renang Siharang Karang

siharang karang via dede mente
Tidak banyak kolam renang yang sumber airnya langsung dari pegunungan seperti Siharang Karang. Suasananya pun nyaman dan hijau karena sekeliling area dipadati pohon berukuran besar dan pohon kelapa yang rindang.

Meski tidak semegah kolam renang lainnya, objek wisata Siharang Karang adalah pilihan wisata air terbaik yang ada di Kota Salak. Airnya yang dingin dan alami pasti akan membuat rasa lelah pengunjung hilang seketika. Menariknya lagi, biaya masuk ke Siharang Karang termasuk murah hanya sebesar Rp7.000.

4. Bagas Godang Pijorkoling

crdit: @dhonyzr
Terasa kurang lengkap kalau saat ke Padangsidempuan tetapi melewatkan bangunan bersejarah  Bagas Godang Pijorkoling. Berlokasi di Jalan Mangaraja Imbang, Pijarkoling, Pasid Tenggara, Bagas Godang ini merupakan situs peninggalan berupa istana kerajaan.

Area Bagas Godang Pijorkoling kondisinya sangat terawat dan bentuk aslinya masih terjaga. Padahal istana di Padangsidempuan ini sudah dibangun sebelum Indonesia Merdeka. Nggak kebayang kan bagaimana beruntungnya kalau bisa menginjakkan kaki di situs perjuangan kemerdekaan ini?

5. Waterpark dan Kolam Renang di Padang Sidempuan

kaisar waterpark via @yanthie_boreg
Ingin menyegarkan badan sambil refreshing atau butuh informasi kolam renang ada di sekitar Padangsidempuan? tak ketinggalan dari kota lainnya, di Pasid juga ada beberapa wahana rekreasi air yang wajib dipertimbangkan.

Seandainya kamu mau rekreasi ke waterpark dan menikmati asiknya wahana air, dapat memilih Kaisar Waterpark yang berlokasi di Joring Natobang, Angkola Julu. Namun jika pilihan kamu adalah kolam renang, ada beberapa diantaranya yang cukup menarik seperti Libers dan Kolam Renang Pudun yang cocok dijadikan sebagai tujuan liburan keluarga.

6. Wisata Strawberry Habibun

wisata agro padangsidimpuan
Kebun Strawberry Habibun merupakan obyek wisata agro yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kamu sudah tentu tahu dong apa kegiatan disini? ya, sesuai namanya pengunjung akan diajak memetik buah strawberry langsung dari kebun.

Berada di Jalan Sibio-bio Marancar, Angkola Timur, di wisata Strawberry Habibun kamu bisa memetik buah dan menjadikannya sebagai oleh-oleh. Selain itu, pengunjung pun diperkenankan untuk membeli bibit.

7. Wisata Alam Puncak Angkola

puncak angkola
Mengeksplor Padang Sidempuan nggak boleh tanggung, yuk ke Puncak Angkola yang menawarkan pemandian alam sekaligus pemandangan asri. Bernama lengkap Kolam Renang Puncak Angkola dan terletak di Joring Lombang, Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Sumut, wisata alam ini juga masih baru dan dibuka sejak 2017 lalu.

Baca Juga: Tempat Wisata di Panyabungan

Di Puncak Angkola, Traveler bisa merasakan sensasi dinginnya pemandian alami yang dialirkan ke dalam kolam renang. Kawasan puncak tersebut cukup luas sehingga mata tidak akan jemu ataupun bosan. Liburan disini pasti menyenangkan karena seisi area dilengkapi fasilitas wahana bermain, tempat camping dan cafetaria.

Liburan kesini gak perlu pakai pusing karena fasilitas pariwisata seperti akomodasi dan hotel sudah banyak di pusat Kota Padang Sidempuan. Jangan lupa untuk hunting kuliner dan beli Buah Salak untuk oleh-oleh sehabis traveling! (wh/sk/psn)