Top Ad unit 728 × 90

5 Tempat Wisata di Kota Panyabungan yang Wajib Dikunjungi

-- --
Panyabungan merupakan ibukota dari Mandailing Natal. Kota ini menjadi titik awal dan lokasi persinggahan traveler sebelum menjelajahi destinasi lainnya yang ada di seputaran Kabupaten Madina. Akan tetapi tempat wisata di Panyabungan nggak kalah menarik pasalnya ada banyak sekali spot keren buat dikunjungi.

wisata panyabungan via @papanino_photograph
Selain difungsikan sebagai pusat pemerintahan, Kota Panyabungan yang berjarak sekitar 450 kilometer dari ibukota Provinsi Sumatera Utara ini pun terlihat semakin menawan. Pasalnya, Untuk mempercantik kota yang dijuluki 'Bumi Gordang Sambilan' tersebut, beberapa obyek wisata megah dan menawan telah dibangun.

Tempat Wisata di Panyabungan

Dari mengunjungi bukit penatapan hingga berburu kuliner, berikut deretan wisata Panyabungan yang sudah dirangkum pariwisatasasumut.net untuk teman traveller.

1. Beranda Madina

beranda madina via @misrahnurilah15
Beranda biasanya identik dengan ruangan outdoor yang memiliki atap terbuka dan dibuat melekat di sisi bangunan utama di sebuah gedung. Namun berbeda dengan Beranda Madina, bangunan ini justru berdiri di atas tebing sehingga memberi kesan unik.

Berada di kawasan Parbangunan, daya pikat Beranda Madina yang paling menyedot perhatian adalah lantainya. Ya, lantai Beranda Madina ini terbuat dari kaca tebal dan tembus pandang menyerupai wisata jembatan kaca yang ada di kota lain seperti di Buntu Burake dan Pantai Nguluran.

Hits dan kekinian, pengunjung dapat menginjakkan kaki di atas lantai kaca tersebut untuk berfoto selfie. Apalagi latar perbukitan yang mengepung Kota Panyabungan terlihat epik dan indah. Di sekitar Beranda Madina ada pula jembatan beton buat traveler yang ingin mengitari spot wisata terkenal di Panyabungan ini.

2. Taman Raja Batu

taman raja batu
Masih di kawasan serupa, cocok untuk cuci mata dan dimanjakan dengan view bagus yang tersaji di Taman Raja Batu ini nggak bakal bikin bosan deh. Apalagi di setiap sudut dilengkapi ragam fasilitas yang semakin memanjakan wisatawan.

Taman Raja Batu baru dibangun beberapa tahun terakhir dan merupakan obyek wisata favorit yang tak pernah sepi dari pengunjung. Nah, namanya sendiri berasal dari penataan batu berjumlah 8 buah yang ditata melingkari 1 buah batu besar.

Taman Raja Batu Mandailing Natal memiliki luas sekitar 5 hektar sehingga sering dipakai untuk lokasi event atau acara pemerintahan. Menariknya, biaya masuk baik ke Taman Raja Batu maupun Beranda Madina saat ini gratis lho!

3. Tapian Siri-Siri Syariah

tapian siri-siri via @didiefoe.zed
Lingkar wisata Panyabungan memang bikin takjub, potensi alam dan letaknya kota ini yang diapit oleh perbukitan seolah tak henti mendorong insan pariwisata untuk membuka kawasan wisata baru yang lebih elegan. Tapian Siri-Siri Syariah ini misalnya.

Yap, pesona Tapian Siri-Siri tak lepas dari lokasinya yang berada di tepi aliran Batang Gadis yaitu sungai terbesar di Mandailing Natal. Disini asik untuk mandi-mandi dan rekreasi bersama keluarga. Nah, dulunya destinasi ini rawa-rawa yang kemudian dikembangkan oleh Bupati Madina, H Dahlan Hasan Nasution.

Selain sebagai pemandian alam berupa sungai yang aman karena kedalamannya cukup dangkal, di Tapian Siri-Siri pun ada Bagas Godang yang dahulu sering dipakai untuk bikin acara atau event.

4. Bukit Muhasabah

bukit muhasabah via @annisanelvivi
Lagi mencari tempat camping di Mandailing Natal dan gak jauh dari pusat perkotaan? saatnya menjajal keindahan Bukit Muhasabah yang merupakan obyek wisata perbukitan dengan menawarkan bentang alam hijau dari ketinggian.

Bukit Muhasabah sebenarnya belum benar-benar memadai, namun kendala pada aksesnya tak menyurutkan wisatawan lokal untuk berkunjung lantaran titik spot-nya yang berada di dataran tinggi sehingga para pengunjung secara leluasa dapat menikmati pemandangan kota Panyabungan.

Baca Juga: Pantai di Mandailing Natal

Semilir angin berhembus bakal bikin perjalanan traveler kesini nggak terasa sia-sia. Sisi menarik lain dari Bukit Muhasabah adalah daya tarik berupa bebatuan besar yang diletakkan hampir di seluruh permukaan bukit. Bebatuan ini memang sengaja dibuat agar memberi kesan tersendiri.

5. Berburu Kuliner di Panyabungan

kuliner panyabungan via @nining_kc
Setelah capek jalan-jalan, jangan lupakan mencicipi kuliner Panyabungan yang pastinya lezat. Salah satu jenis makanan khas disini adalah Toge Panyabungan. Makanan asli dari Panyabungan, Mandailing Natal ini sudah cukup populer bahkan sudah banyak juga pedagang Toge Panyabungan di Medan. Namun, mencicipi langsung di daerah asalnya pasti akan terasa lebih nikmat, kan?

Selama di Panyabungan, kamu pasti dong butuh akomodasi untuk menginap. Disini sudah cukup banyak hotel dengan harga yang cukup variatif. Sebut saja Hotel Abara, Payaloting Hotel dan Madina Sejahtera Hotel yang bisa dijadikan rujukan. (wh/th.e/psn)
5 Tempat Wisata di Kota Panyabungan yang Wajib Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on 7/21/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.