Top Ad unit 728 × 90

Air Terjun Pelangi, Indah Seperti Tirai Terhampar di Tengah Alam

-- --
Kalau bianglala identik dengan fragmen warna yang indah dan biasanya muncul di langit setelah turun hujan, maka lain lagi jika menyebut Air Terjun Pelangi yang justru dikenal sebagai destinasi wisata air dan memiliki bentuk seperti hamparan tirai putih.

Air terjun Pelangi Indah merupakan tempat berlibur di Tiga Juhar yang memiliki debit tidak terlalu deras dan cenderung melebar. Meski bukan obyek wisata baru, tempat ini rupanya masih jarang dikunjungi wisatawan, padahal pesonanya cukuplah menarik.

air terjun pelangi indah via @ ferry borhan
Uniknya, di Sumatera Utara terdapat beberapa destinasi yang dinamai Air Terjun Pelangi. Selain di Deli Serdang, masih ada juga di Aek Kanopan Labura. Tetapi kali ini pariwisatasumut.net akan membahas curug terdekat dari pusat Kota Medan saja.

Air Terjun Pelangi Indah

Terletak di Tanjung Timur kecamatan Tanjung Muda Hulu. Tujuan berlibur searah jalan Danau Linting ini dapat ditempuh dari Medan dengan waktu 2 jam perjalanan.

1. Bak Tirai di Tengah Hijaunya Alam

air terjun pelangi via @febrytua
Asal kata 'Pelangi' yang disematkan pada air terjun itu berasal dari fenomena yang bisa dilihat langsung saat berkunjung. Ketika berada di bagian belakang, sinar matahari yang dibiaskan oleh air terjun akan menciptakan penampakan optik berupa lengkungan cahaya warna-warni. Bagi anak IPA, sudah pasti tahu praktik membuat pelangi sederhana, kan?

Nah, bebatuan yang menjadi landasan air terjun pun memiliki tekstur padat. Dari atas bebatuan tersebut, mengalir air terjun yang terbagi-bagi lagi ke beberapa spot. Ketika musim hujan, gambaran airnya sepintas akan menyerupai tirai luas yang dikelilingi oleh pepohonan hijau di sepanjang sisi.

Hanya saja, kamu jangan berharap kalau wisata Pelangi Indah berair jernih seperti Simempar lho! pasalnya air di sini malah berwarna coklat kehijauan. Meski begitu, pengunjung tentu dapat berenang sepuasnya karena spot pemandian wisata Tiga Juhar ini tidak terlalu dalam.

2. Pemandangan Kupu-Kupu Hutan yang Menawan

credit: muh. satrio
Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu memang dikenal karena wisata alamnya yang asri dan masih terjaga. Hal tersebut dapat dibuktikan dari populasi serangga lepidotera atau kupu-kupu yang menambah pemandangan cantik di Air Terjun Pelangi.

Ya, kupu-kupu jenis Gambresius dan Defobus akan tampak bergerombol, terbang hilir-mudik dan sesekali mendarat di pinggir bebatuan. Tidak langka memang, tetapi keindahan fenomena yang sulit ditemukan di daerah perkotaan ini akan menyihir mata traveler karena cantiknya.

Perlu diketahui, keberadaan kupu-kupu juga bisa menjadi gambaran dari kondisi alam di suatu daerah. Semakin asri wilayahnya maka akan semakin gampang pula menemui aneka jenis dari kupu-kupu.

3. Lokasi dan Tiket Masuk

Air Terjun Pelangi beralamat di Desa Tigajuhar, Durian Empat Mbelang, Kabupaten Deli Serdang. Akses jalan raya ke sini sebagian sudah bagus, tetapi dari tepi jalan besar menuju lokasi cukup licin sehingga pengunjung perlu hati-hati agar tidak terpeleset. Bagi yang mengendarai mobil, akses ke sini terbatas dan hanya bisa dilalui oleh 1 unit saja.

Sampai di area parkir, pengunjung akan dimintai biaya Rp5.000 untuk roda 2 dan Rp25.000 untuk jenis mobil. Selanjutnya, wisatawan harus turun melalui tangga. Siapkan tenaga ya, lantaran jumlah tangganya sekitar 100 lebih.

Baca Juga: Taman Buah Lubuk Pakam

Sayangnya, fasilitas di Air Terjun Pelangi Indah belum memuaskan, termasuk tempat untuk berganti pakaian. Sebab itu, usahakan untuk membawa perlengkapan dan makanan jika ingin ke sini. Perlu diperhatikan juga mengenai agenda berkunjung, lebih baik saat musim kemarau karena di musim penghujan debit air biasanya meluap. (th.e/psn)
Air Terjun Pelangi, Indah Seperti Tirai Terhampar di Tengah Alam Reviewed by Pariwisata Sumut on 8/29/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.