Top Ad unit 728 × 90

Danau Linting, Keindahan Alam Misterius di Tiga Juhar

-- --
danau linting - credit: instagram/bagus_vizianggara
Di tengah menjamurnya tren jadi Youtuber, tak sedikit influencer yang memilih genre horor sebagai konten Youtube mereka. Selain bikin penasaran, kategori perjalanan wisata misteri sepertinya memang banyak disukai penonton.

Jika tempat misterius yang biasa dibahas Youtuber adalah rumah atau bangunan tua, maka berbeda dengan wisata Danau Linting yang justru berada di tengah indahnya alam Tiga Juhar. Dapat dicapai 2 jam dari pusat Kota Medan, spot tersebut menyimpan legenda dan fakta yang hingga kini tak kunjung terungkap.

Danau Linting

Sejajar dengan Goa Ergendang dan Lau Mentar Canyon, satu-satunya danau di Kabupaten Deli Serdang ini memiliki panorama ekstra instagenik. Asal-usul terbentuknya pun tak kalah menarik dan masih ramai dibicarakan.

1. Sisi Misterius dari Danau Linting

danau linting - credit: @iwanvan
Sepintas, tidak ada yang aneh disini jika Traveler baru pertama kali berkunjung. Namun, bila ditelusuri lebih lanjut akan ada hal-hal unik yang membuat pengunjung melongo.

1 dari 10 danau di Sumatera Utara ini dulunya hanya perbukitan kecil hingga suatu malam terdengar dentuman keras yang mengagetkan warga. Paginya, sudah terbentuk cekungan kecil yang dipenuhi air berwarna hijau toscha.

Suhu air yang hangat pun pernah diteliti dan dinyatakan memiliki unsur belerang. Uniknya, pernah ada yang berniat untuk mengukur kedalaman dari danau misterius tersebut tetapi hasilnya nihil sampai sekarang.

Fakta lainnya, terdapat beberapa goa di Danau Linting yang masing-masing bernama Goa Emas, Goa Perak serta Goa Delapan Putri. Ketiga goa tersebut pun punya daya tarik sesuai gelarnya. Di Goa Emas misalnya, sang penjaga mengatakan jika di bagian atas terdapat butiran emas, begitu juga dengan Goa 8 Puti dan Goa Perak.

goa emas di danau linting via @ochegusniar
Menurut pengalaman para pengunjung, suasana mistis di ke-3 goa itu lumayan terasa. Ditambah keberadaan stalagmit dan stalagnit yang menyerupai hewan melata seperti kelewar dan ular semakin menambah sensasi ketika berada di dalamnya.

2. Spot Wisata Instagramable dan Cocok Bagi Youtuber

danau di deli serdang via @ageng_wulan
Tentu tidak perlu takut seandainya ingin menikmati keindahan danau seluas 3 hektar ini. Buktinya cukup banyak pengunjung yang datang saat weekend maupun di musim liburan. Bahkan tidak sedikit yang bertamasya bersama keluarga disini.

Ramainya wisatawan disini karena terpikat akan cerita tentang proses terbentuknya hingga legenda yang menyelimutinya. Jika sedang mengincar spot misterius yang seru dimasukkan ke channel Youtube, keunikan Danau Linting wajib diabadikan lewat video.

Pun keindahannya akan membuat Traveler merasa tenang dan damai. Warna danau yang mencolok, membiaskan cahaya matahari dan merembes lewat pepohonan di sekitar sangatlah instagramable.

3. Kegiatan Menarik di Danau Linting

instagenik via @auliarchi
Sama seperti Aek Rangat yang disnyalir punya kandungan belerang, spot wisata menawan ini sering juga dimanfaatkan pengunjung untuk pemandian, terutama bagi mereka yang punya masalah dengan kesehatan kulit.

Wisatawan keluarga yang datang kesini dapat membawa dan menggelar tikar di bawah pohon beringin atau tepian danau yang ditumbuhi rumput Jepang. Kalau tak mau direpotkan, pengunjung dapat menyewa tikar dari pedagang makanan.

4. Lokasi
Obyek wisata air berupa danau ini terletak di Desa Sibunga-Bunga, Tiga Juhar, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

5. Tiket Masuk
Biaya masuk ke Danau Linting hanya Rp5.000 diluar dari biaya parkir.

Luasnya Deli Serdang membuat wilayah kabupaten ini termasuk kaya akan destinasi apalagi beberapa spot wisatanya berjarak cukup dekat kalau ditempuh dari Kota Medan. (WH/PSN)
Danau Linting, Keindahan Alam Misterius di Tiga Juhar Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/13/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.