Top Ad unit 728 × 90

Kuil Shri Mariamman, Wisata Kuil di Medan dengan Pesona India

-- --
kuil shri mariamman
kuil shri mariamman
Kemajemukan etnis budaya sudah tentu menjadi daya tarik bagi turis untuk mengunjungi Medan. Dari beragam situs heritage di daerah yang patut mendapatkan julukan 'The Little Asia' versi Pulau Sumatera, Kuil Shri Mariamman merupakan satu dari sekian banyak destinasi sejarah dan religi yang wajib ditengok.

Shri Mariamman Temple adalah bangunan di pusat kota Medan yang digunakan oleh umat Hindu Tamil sebagai tempat ibadah. Namun, dibalik fungsi tersebut, spot wisata berupa kuil di Medan ini pun ramai dikunjungi para pelancong lantaran memiliki tampilan unik seperti di negeri Bollywood.

Kuil Shri Mariamman

Terletak di Jalan Teuku Umar nomor 18 tepat di seberang Sun Plaza. Kuil di sekitar daerah Petisah ini boleh didatangi oleh siapa saja tanpa biaya masuk. Berikut pariwisatasumut.net himpun sederet fakta menarik dan beberapa potret keindahan yang perlu diketahui sebelum berkunjung.

1. Bukti Otentik Hadirnya Etnis India di Kota Medan

wisata kuil di medan
Ketika menginjakkan kaki di depan pagar yang menutupi area kuil. Pesona arsitektur sudah mulai terasa hadir. Bagian atas gerbang yang dihiasi beragam patung dan lukisan tak luput dari pandangan mata. Sejenak, rasanya bak sedang traveling ke negara India.

Terlebih setelah melewati gerbang, beragam pernak-pernik khas yang didominasi patung Dewa dengan warna mencolok semakin menambah penasaran akan sejarah keberadaan dari Kuil Shri Mariamman yang begitu legendaris.

Berdasarkan prasasti yang terpahat di dinding bagian depan kuil, tujuan berlibur sejarah di Kota Medan ini ternyata sudah ada sejak era 80-an. Tepatnya pada 1881, tahun yang mengawali proses pengerjaan kuil.

Dari berbagai sumber lansiran, selain wilayah Kampung Keling - bangunan megah ini juga sekaligus menjadi simbol sejarah tentang keberadaan etnis Tamil di daerah Medan. Jauh sebelum ibukota dari Sumatera Utara ini berkembang pesat seperti sekarang.

Perlu diketahui, nama Shri Mariamman tidak hanya merujuk terhadap kuil di Medan saja. Namun, di negara Malaysia dan Singapura juga ada bangunan yang diberi nama serupa.

2. Ciptakan Suasana Layaknya di Luar Negeri

kuil di kampung keling medan
kuil di kampung keling
Saat tim Pariwisata Sumut Net mencoba mengeksplor kuil yang biasa dipadati umat Hindu ini, suasananya sedang lengang dan sepi sehingga kami lebih leluasa untuk melihat serta menelusuri secara detail.

Ratusan patung tampak menghiasi seisi area bahkan dari pintu masuk, menara bertingkat yang biasa disebut Gopuram sudah tampak menakjubkan. Lain lagi di bagian atap kuil, terlihat patung menyerupai menara berwarna emas.

Kuil Sri Mariamman sudah direnovasi sebanyak 2 kali semenjak didirikan, yaitu pada 1950 dan 1989. Tujuannya tentu untuk mempertahankan kondisinya agar tak lekang oleh zaman. Terbukti, arsitektur bangunan wisata cagar budaya di Medan tersebut pun semakin kokoh.

Ya, berlibur ke kuil fenomenal dengan predikat sebagai bangunan sejarah umat Hindu tertua di wilayah Kota Medan, bak memberikan sensasi melancong ke luar negeri. Seperti sedang menikmati indahnya wisata kuil di India.

3. Tips Berkunjung ke Kuil Shri Mariamman

kuil shri mariamman medan
patung dewa/dewi
Sebab masih digunakan untuk keperluan ibadah, tentu ada beberapa hal penting yang wajib diketahui dan tak boleh diabaikan. Dari jam buka misalnya, lebih baik datang saat pagi mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

Bila hendak memasuki ruangan, jangan lupa untuk meminta izin kepada penjaga kuil serta mengutarakan maksud kedatangan. Mengambil foto atau gambar Kuil Shri Mariamman pun diperbolehkan, tetapi selama mengabadikan lewat foto, tetaplah memegang prinsip good traveller.

Pun mengenai pakaian, diwajibkan mengenakan busana yang sopan. Apalagi mengingat tempat ini termasuk sakral.

4. Lokasi dan Tiket Masuk

Sebenarnya bukanlah perkara sulit menemukan alamat dari Kuil Shri Mariamman. Letaknya yang ada di tengah kota akan memudahkan kamu. Bila perlu, gunakan peta koordinat di bawah.



Mengenai tiket masuk, tak ada kewajiban bagi para pengunjung. Tetapi kalau berkenan, dapat memberikan seikhlasnya di kotak yang tersedia di bagian pojok.

Kuil yang khas dengan perpaduan dekorasi warna-warni dan dipenuhi ornamen orisinil di Medan ini pastinya sangat menarik bagi penikmat wisata sejarah dan budaya. Selain memberikan wawasan lebih luas, pesona keindahan arsitektur yang instagenik ala India pun akan terasa memorable. (an/psn)
Kuil Shri Mariamman, Wisata Kuil di Medan dengan Pesona India Reviewed by Pariwisata Sumut on 9/25/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.