Top Ad unit 728 × 90

Paling Dicari, 9 Fasilitas di Hotel yang Bikin Tamu Rela Bayar Mahal

-- --
Akomodasi merupakan rumpun industri pariwisata berupa bangunan komersil yang di dalamnya terdapat berbagai jenis pelayanan jasa, baik intangible maupun tangible. Demi memaksimalkan entitas brand serta memenuhi kebutuhan tamu, maka disediakan fasilitas hotel berlimpah yang bisa dinikmati secara gratis karena biayanya sudah termasuk harga kamar.

Kendati demikian, fasilitas di hotel tentu berbeda. Tergantung dari klasifikasi penginapan itu sendiri apakah sudah termasuk kategori berbintang 5 atau sebaliknya. Pun, lokasi geografis suatu hotel akan ikut memengaruhi. Ya, akomodasi di kota besar jelas berbeda dibandingkan dengan yang letaknya ada di tempat wisata.

fasilitas hotel - credit: @santikapremieredyandramedan
Bagi para pencari destinasi liburan hotel atau kerap disebut staycation, fasilitas tentu dijadikan poin utama dalam memilih penginapan. Apakah harga mahal yang dibayar setimpal dengan fasilitas yang akan diperoleh.

Tak jarang, wisatawan staycation urung melakukan pemesanan karena beberapa alasan. Misalnya, fasilitas di dalam dan di luar kamar yang kurang mendukung aktivitas untuk berlibur.

Fasilitas di Hotel

Fasilitas hotel ialah fasilitas yang disediakan oleh pengelola akomodasi untuk kepentingan tamu atau client.

Lalu, apa saja sarana hotel yang paling banyak dicari dan membuat tamu tamu rela membayar mahal di suatu tempat menginap?

fasilitas hotel credit: jwmarriottmedan

1. Breakfast

Sarapan pagi paling banyak difavoritkan oleh tamu. Ini juga yang menjadi alasan mengapa rata-rata manajemen hotel selalu memasukkan sarapan pagi dalam harga kamar. Nah, umumnya gaya breakfast di suatu penginapan pun berbeda.

Adapun gaya sarapan di hotel terdiri dari 4 jenis, yaitu continental breakfast, english breakfast, american breakfast juga menu sarapan ala Indonesia. Kapan lagi coba bisa makan dengan hidangan yang sepenuhnya dikerjakan oleh chef profesional?

2. Restoran

Selain digunakan untuk tempat bersantap dan berkumpul, tamu yang bekerja sebagai pebisnis biasanya memilih areal restoran untuk membicarakan bisnis dengan klien. Sebab itu, tak sedikit hotel memiliki restoran lebih dari dua.

Tak hanya hall, unit usaha di bidang gastronomi ini bisa juga dipakai untuk kegiatan lain seperti acara pernikahan atau ulang tahun.

Restoran dalam hotel atau resort menyajikan banyak sekali jenis makanan. Bagi foodies, signature dish atau menu khas yang dimiliki restoran hotel biasanya paling dicari. Perlu diketahui, service di restoran terdiri dari beberapa jenis yakni banquet, ala carte menu hingga buffet.

credit: @hotelniagaraparapat

3. Kolam Renang

Hotel di kota metropolitan seperti Medan selalu menyediakan fasilitas kolam renang. Sebut saja JW Marriot Medan yang terkenal dengan kolam renang roof top atau Hotel Danau Toba yang membuka area kolam renangnya untuk publik.

Nyatanya, fungsi kolam renang kini tak lagi sebatas untuk sarana olahraga. Fasilitas tersebut sering juga digunakan sebagai rekreasi.

Nah, kolam renang di hotel dirancang untuk tempat bersantai. Kolamnya dibuat dangkal dan paling dalam hanya 2 meter. Agar tamu semakin rileks, area kolam dilengkapi dengan kursi santai dan cabana.

4. Bar

Sarana hiburan malam di hotel sepertinya tak luput dari kebutuhan tamu. Meski sama-sama menyediakan makanan seperti di restoran, bar sedikit berbeda karena hanya dibuka saat malam. Menunya tentu lebih komplit dan lebih banyak menyajikan minuman.

5. Internet Gratis

Kelancaran akses internet di hotel juga menjadi salah satu kunci yang bikin tamu betah menginap. Apalagi kalau hotspot internet yang disediakan gratis dan tidak terbatas. Yap, kebutuhan digital memang sangat pokok saat ini.

Kalau dulu akses Wi-Fi di hotel hanya ada di area tertentu. Kini sudah banyak yang memperluas jaringan internet hingga ke kamar tamu. Jadi bagi guest yang maunya staycation di kamar, tak perlu harus beranjak ke area lobby.

fasilitas kamar credit: @jwmarriottmedan

6. Parkir

Tamu yang membawa kendaraan pribadi tentunya memerlukan tempat untuk memarkirkan mobil atau motor mereka tanpa perlu was-was. Fasilitas parkir hotel di kota besar umumnya berada di basement atau lantai dasar dan terkoneksi dengan front office. Sedangkan parkiran di resort bisa dijumpai di area terbuka (outdoor).

Baca Juga: Tempat Mengurus Paspor di Medan

7. Layanan Front Office

Front office ialah departemen bagian depan hotel yang memang sangat penting sebab segala aktivitas hotel bertumpu di sini. Mulai dari pusat reservasi, penitipan barang hingga tempat tamu berkeluh kesah atau menyampaikan komplain.

Sangking pentingnya, departemen F.O tak akan pernah sepi dari hotelier. Meski hotelnya masih berbintang 1 bahkan penginapan sekali pun.

8. AC

Terlepas dari kebersihan kamar yang juga jadi perhatian tamu, air conditioner (AC) juga ternyata sangat dibutuhkan tamu. Sulit dibayangkan jika kamar tidak diberikan fasilitas AC, tentu bakal pengap apalagi jika ruangannya tidak memiliki aliran sirkulasi udara yang bagus.

9. Spot Foto

Trend foto kekinian tak cuma dicari oleh traveller Gen Z, tiap orang yang menginap di hotel pasti mencari spot untuk berfoto. Untungnya, setiap area hotel cukup menawan untuk dijadikan back drop selfie. Terlebih lagi kalau resortnya punya pemandangan menawan, pasti akan jadi incaran!

Selain 9 fasilitas hotel yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa pertimbangan lain yang bisa jadi dibutuhkan tamu seperti sauna dan spa yang semuanya ada di dalam hotel. Nah, sudah siap liburan ke hotel?
Paling Dicari, 9 Fasilitas di Hotel yang Bikin Tamu Rela Bayar Mahal Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/05/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.