Top Ad unit 728 × 90

Fakta Pulau Mentawai yang Wajib Diketahui Sebelum Berwisata ke Sana

-- --
pulau mentawai - image cr: @makaronisresort
Kepulauan Mentawai, di sebelah ujung Barat kota Padang, destinasi selancar terbaik di Sumatera Barat, memiliki rangkaian wisata giga favorit yang membuat turis luar dan domestik penasaran untuk mengunjungi.

Perjalanan menuju Kepulauan Mentawai akan memberikan pengalaman wisata terbaik. Dari menelusuri alam permai, laut menantang hingga mengenal entitas budaya lokal yang mana cukup jarang diketahui oleh orang Indonesia.

Sebenarnya, tidak cukup sekali untuk menikmati wisata Kepulauan Mentawai. Lambat laun, eksotika daerah ini akan terus memanggil tiap pengunjung untuk kembali datang melepas rindu. Dan, bercengkrama dengan masyarakatnya.

Fakta Pulau Mentawai

Di Kepulauan Mentawai, traveler akan mendapatkan banyak hal mencengangkan yang juga perlu diketahui bagi yang ingin ke sana, berikut adalah 10 fakta mengenai Pulau Mentawai

1. Perjalanan ke Pulau Mentawai

transportasi di mentawai - credit: @faqihjuve
Amat disayangkan, transportasi yang sedia ke Pulau Mentawai hanya kapal laut. Belum ada sama sekali maskapai penerbangan ke sana. Meskipun sudah ada Bandar Udara Rokot, namun masih dalam tahap rencana pengembangan. Adapun pesawat yang bisa mendarat masih sekelas perintis.

Mau atau tidak, traveler harus ke Padang terlebih dahulu sebelum menuju Tuapejat, ibukota Kabupaten Kep. Mentawai. Kemudian menggunakan kapal laut, satu-satunya transportasi yang hingga kini masih terpakai.

Transportasi yang tersedia adalah kapal laut bernama KMP Gambolo dan KMP Ambu-ambu. Kedua kapal itu bersandar di Pelabuhan teluk Bungus, Padang. Dan merupakan transport bertipe massal sehingga harga tiketnya lebih murah yakni Rp250.000/orang.

Alternatif lain yaitu menggunakan layanan Mentawai Fast, kapal cepat di Pelabuhan Muaro. Kalau naik transportasi jenis ini, perjalanan lebih singkat hanya 4-5 jam tetapi biayanya tentu lebih mahal.

Jadwal keberangkatan kapal laut dan kapal cepat tidak menentu. Sangat dianjurkan untuk selalu memantau langsung karena bisa sekonyong-konyong terjadi perubahan jadwal. Seluruh kapal nantinya akan berlabuh di Tuapeijat dan Sikakap.

Lain dari itu, masing-masing resort di Mentawai memiliki sarana transport yang biasa digunakan untuk private trip. Seperti Macaronis Surf Resort dan Ebay Playground Sufcamp.

2. Kepulauan Mentawai Terdiri dari Beberapa Daerah Administratif

kepulauan mentawai - credit: @bmbng_k
Disesuaikan dengan laman resmi Pemprov Sumbar, Kepulauan Mentawai terbagi ke dalam 10 kecamatan. Paling strategis dan sering disinggahi pelancong adalah Pulau Siberut, Pagai Selatan, Sikakap dan Pulau Sipora.

Perahu motor masih menjadi sarana penghubung antar pulau. Jika ingin berpindah ke lokasi lain, bisa menyewa atau ikut pemberangkatan sesuai jadwal. Lagi lagi, perlu diperhatikan lantaran perahu motor akan berangkat kalau penumpang sudah penuh, kecuali Anda memutuskan untuk menyewa.

3. Ragam Penginapan di Sana

credit: @alexandrehubner
Penginapan tak terkonsentrasi di pusat keramaian tetapi di kantung-kantung destinasi. Secara kelas, mengandalkan resort dan camp selancar. Penginapan paling murah yaitu Mentai Bagus di Pulau Sipura. Sedangkan di Taman Nasional Pulau Siberut, harganya relatif sama di kisaran harga Rp900.000- Rp1 juta.

Dengan kata lain, sangatlah mudah mendapatkan tempat bermalam di Kepulauan Mentawai. Tetapi untuk para backpacker yang ingin eksplor destinasi di sana, lebih baik menginap di rumah penduduk atau membawa alat-alat camping.

4. Sikakap, Sisi Lain dari Kepulauan

sikakap - credit: @rhynal_16
Pertemuan antara lempeng daratan Pagai Utara dan Selatan menciptakan Selat Sikakap yang luas. Selat ini, merupakan lokasi pemukiman bagi warga pendatang dari luar Suku Mentawai.

Jika pulau lainnya banyak didiami suku asli, maka Selat Sikakap justru paling hetero. Meski lebih banyak ditinggali suku Padang, tetapi di selat ini pun banyak Suku Nias, Batak dan Jawa. Jelas, atmosfernya sangat berbeda.

Aktivitas ekonomi di Sikakap lebih kompleks. Memang jarang terlihat turis, namun sesekali mereka datang guna membeli kebutuhan pribadi. 

5. Sederet Lokasi Pulau yang Menjadikan Mentawai Destinasi Liburan Wajib

credit: @aland_dobson
Ketika tersebut kata Mentawai, segera terlintas tempat wisata apa yang menarik dan harus dikunjungi di sana? apakah hanya surfing atau pemandangan bawah laut saja? tidak, berikut pariwisatasumut.net ulas untuk Anda.

Destinasi utama bagi wisatawan nusantara adalah pulau Pagai Selatan dan Pulau Pagai Utara. Kedua spot ini, dapat dijadikan titik awal untuk mengunjungi obyek di sekitarnya.

Bakat Meinuang
Dari pulau itu, Anda dapat menjelajah Pulau Bakkat Menuang (Bakat Meinuang). Pesona Bakkat Menuang, sangat menyatu dengan keindahan alam. Laut bersih dengan pepohonan rindang akan membuat terkesima. Gerombolan penyu hijau di sini akan menambah pengalaman berlibur karena dari seluruh gugusan, tempat ini menjadi lokasi bertelurnya penyu.

Goa Pamintaijat
Selain menawarkan hamparan pasir putih, terselip sebuah goa di Desa Malakopa, Pagai Selatan yang bernama Goa Pamintaijat. Destinasi tersebut terletak di salah satu sudut pantai yang menghadap ke laut lepas dengan kedalaman sekitar 60 meter.

Kuliner Mentawai
Makanan khas Mentawai umumnya berbahan dasar sagu. Di Tuapeijat dan Sikakap, traveler dapat ikut dengan warga setempat membuat panganan tradisional seperti Kapurut Sagu, Anggau, Toek hingga Batra yang lezat dan tak akan bisa dijumpai di destinasi lain.
Fakta Pulau Mentawai yang Wajib Diketahui Sebelum Berwisata ke Sana Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/31/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.