Top Ad unit 728 × 90

5 tempat di Pulau Sumatera mirip New Zealand, indah luar biasa!

-- --
pulau sumatera rasa new zealand - image @ghaardi
Pemandangan savana hijau nan luas, lahan peternakan, tebing menakjubkan dan pesona alam yang senantiasa diatapi oleh langit biru merupakan ciri khas dari sederet destinasi hits di New Zealand. Namun, Tanah Air tak kalah epik. Pasalnya beberapa spot terbaru di Indonesia banyak yang memiliki penampakan serupa seperti di Selandia Baru.

Di Pulau Sumatera misalnya, ada beberapa tempat wisata dengan panorama yang mirip seperti New Zealand. Jika traveler berkunjung ke sana, rasanya sedang berada di Milford Sound atau Waiheke Island. Tak mengherankan jika lokasi luar biasa tersebut jadi tujuan berlibur bagi wisatawan domestik yang ingin merasakan sensasi berlibur ala luar negeri.

Tempat Wisata di Pulau Sumatera yang Mirip New Zealand

Kelima destinasi di Pulau Sumatera yang mirip dengan New Zealand tersebar di Sumatera Barat, Aceh, Lampung dan Sumatera Utara.

1. Bukit Teletubies Danau Toba

teletubies hill in lake toba, paropo - image: instagram/dms_h07
Layaknya Milford Sound, Bukit Teletubies Paropo di Danau Toba adalah replika New Zealand pertama yang spektakuler. Jalur-jalur bukit di Paropo ini menjadi tempat berkelana terbaik. Lanskapnya jadi pemandangan terbaik karena menyatukan danau, puncak menjulang dan pepohonan dalam satu frame.

Membangun tenda di atas perdu hijau Bukit Teletubies di Danau Toba akan menjadi cara terbaik untuk menikmati alam ini. Bagi yang hobi kayaking, cobalah telusuri keindahannya dari tengah perairan.

Perjalanan ke Paropo sangatlah mudah, hanya 6 jam kalau mengambil rute dari Kota Medan. Tetapi, belum banyak angkutan umum menuju daerah ini. Sehingga memerlukan rental mobil atau naik kendaraan pribadi saja.

Lokasi: Desa Paropo, Kecamatan Silahsabungan, Dairi, Sumatera Utara. (titik koordinat)

2. Padang Mangateh

padang mangateh image : instagram/fajarvandra_ii
Padang Mangatas merupakan lahan yang difungsikan sebagai tempat beternak sapi di atas sabana seluas 280 hektar. Tempatnya pun menawan karena dibelakang kompleks peternakan itu terdapat Gunung Sago dengan ketinggian 900 mdpl.

Nah, bagi yang ingin memasuki Padang Mangatas, ada caranya lho! jadi tidak sembarang orang bisa berkunjung ke Agrodome-nya Payakumbuh ini. caranya cukup ribet, mulai dari mendaftar online, memberikan surat keterangan hingga menunggu putusan dari pengelola. Tambah lagi, kalau kunjungannya perseorangan tidak akan diberi izin.

Lokasi: Jalan Padang Mangatas, Desa Mungo, Kec. Luak, Kab. Lima Puluih Kota, Sumbar (koordinat titik)

3. Kebun Raya Liwa 

kebun raya liwa - image: instagram/sailiwa
Kebun Raya Liwa Lampung, kontur alamnya yang bergelombang akan segera membuat pengunjung ingat akan negara Kiwi. 

Kebun Raya Liwa merupakan komplek taman tematik, pusat penelitian dan pengembangan yang diinisiasi keberadaannya oleh LIPI. Dibuka pada Desember 2017 dan telah memiliki koleksi 2.282 spesimen. Menurut situs resmi, kebun botani terbesar di Pulau Sumatera ini memang difokuskan untuk kegiatan konservasi sama seperti Christchurch Botanic Gardens di Selandia Baru.

Kendati demikian, Kebun Raya Liwa justru tampil berbeda dibandingkan destinasi botani kebanyakan. Lebih berwarna dan konsepnya tak ketinggalan dengan trend wisata kekinian. Lantaran berada di dataran tinggi, kebun ini pun tak jarang disinggahi oleh kabut yang indah. 

Lokasi: Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Bart, Provinsi Lampung. (koordinat)

4. Lembah Harau

lembah harau - image credit: @tomybudiarto
Bentangan alam berbentuk ngarai dataran tinggi dengan tebing yang terjal pun sudah jadi ciri khas dari geografis Selandia Baru. Salah satu destinasi populer sesuai gambaran tersebut adalah Wildwire Wanaka yang sekilas memikiki kontur serupa dengan Lembah Harau.

Lembah Harau merupakan cagar alam seluas 700 hektar yang seluruhnya membentang di Kecamatan Harau dan dibentengi dinding alami berstruktur batu granit yang membentuk sudut vertikal mencapai 180 derajat.

Baik Harau maupun Wildwire Wanaka dikenal sebagai destinasi panjat tebing. Meski demikian, kedua tempat tersebut tentu punya sisi unik tersendiri.

Lokasi: Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (titik koordinat)

5. Pulau Bunta Aceh Besar

pulau bunta - credit: @khalid_noer
Perpaduan laut dan pantai berbatu karang yang menyelimuti Pulau Bunta di Aceh Besar pun tak kalah mirip dibandingkan Waiheke Island di Selandia Baru.

Di balik itu, pesona bawah laut kedua pulau itu pun sangat elok. Bedanya, Pulau Bunta yang diketahui memiliki luas 120 hektar, tidak berpenghuni dan masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga menawarkan kesan alami. Sebab itu, keindahannya patut diberi nilai A+.

Bayangkan kalau traveler sedang berada di sana, menyaksikan pesonanya dari tebing yang di bawahnya terhampar batu karang yang dihujani deburan ombak, menyenangkan sekali bukan?

Lokasi: Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh (titik koordinat)

Ternyata, pesona menakjubkan Selandia Baru bisa juga dijumpai di berbagai tempat wisata di Pulau Sumatera. Sudah siap untuk menjelajah destinasi yang merefleksikan destinasi dunia tersebut? (wh/psn)
5 tempat di Pulau Sumatera mirip New Zealand, indah luar biasa! Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/29/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.