Top Ad unit 728 × 90

6 Foto Patung Dewa Murugan di Langkat, Mirip Batu Caves Malaysia!

-- --
patung dewa murugan di langkat - image via rio ginting & ammar ammar
Traveling ke Malaysia untuk melihat Batu Caves? tunggu dulu! Sepertinya sahabat PSN perlu mengetahui Patung Murugan di Langkat yang memiliki struktur dan bentuk serupa. Keindahan entitas dari Dewa Murugan di Kuil Padang Cermin tersebut, sekaligus menjadi daya tarik memesona dan menambah objek wisata religi populer di Indonesia.

Patung Murugan merupakan benda tiga dimensi, diperuntukkan bagi umat Hindu Sumatera Utara yang beribadah di Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil. Lantaran begitu megah dan memegang predikat tertinggi kedua, destinasi ini membuat pelancong termotivasi untuk berkunjung.

Patung Dewa Murugan Langkat

Berada di komplek Kuil Raja Rajeshwari Amman Kovil, perjalanan dari Ibukota Stabat sekitar 28,8 km (47 menit). Agar kenal lebih detail, berikut pariwisatasumut.net ulas fakta unik yang disertai dengan gambar.

1. Kedua Tertinggi di Dunia

patung tertinggi kedua di dunia via @visitsumut
Perbandingan tinggi antara Patung Murugan Malaysia dan Langkat rasionya 17:42 meter, atau terpaut 26 meter.

Dengan demikian, Patung Murugan versi Langkat merupakan patung perwujudan utama tertinggi kedua. Sedangkan destinasi yang menjadi andalan Malaysia di kawasan wisata Selangor itu, menempati urutan kesatu.

Selama ini orang Medan bahkan Indonesia cukup banyak menghabiskan waktu berlibur ke negara Malaysia. Dan, tujuan primadonanya adalah Batu Caves. Maka dengan keberadaan objek religi di Langkat yang tak kalah elok, seenggaknya bisa menjawab rasa penasaran traveler sebelum plesiran ke luar negeri.

2. Sejarah dan Pembangunan

kuil raja rajeshwari tampak dari belakang
Pengerjaan gedung, patung dan seluruh arca dalam komplek kuil terbesar di Langkat pastilah membutuhkan keahlian khusus. Apalagi Murugan identik sebagai Dewa pelindung yang sangat dihormati di beberapa negara.

Untuk itu, seniman pahat, pekerja lainnya dan bahan material sengaja didatangkan dari India, guna membuat karya master piece seperti yang bisa dilihat sekarang. Pembangunan komplek kuil ini sendiri rampung pada 2012 setelah dikerjakan selama 11 bulan.

3. Bentuk Patung

area pintu masuk
Menariknya, gambaran Patung Dewa Murugan di Batu Caves sama persis dengan yang ada di Langkat. Yakni menampilkan sosok Dewa muda, berparas menarik dengan material terbuat dari kuningan berwarna keemasan yang indah.

Arstiktur di Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil pun tak kalah menarik, pahatan dinding kuil terlihat elegan dan memesona. Perlu diketahui, kawasan kuil tersebut dibangun permanen dengan sarana lengkap.

4. Jam Operasional

waktu kunjungan ke museum
Komplek kuil ini tidak ramai setiap hari, hanya di waktu tertentu saja, utamanya ketika umat Hindu mengadakan hari raya besar. Sebab itu, pengunjung diberikan izin untuk menengok keindahannya setiap hari tanpa biaya masuk.

Jam kunjungan dibuka mulai dari Senin - Minggu. Namun, gerbang masuk hanya dibuka oleh penjaga sampai jam 12 siang. Memang tidak ada aturan tertentu, namun layaknya destinasi religi lainnya, kenakanlah pakaian yang sopan.

5. Perjalanan ke Lokasi



Akses ke lokasi sangatlah mudah. 37 kilometer dari ibukot Sumut, Medan ke arah Binjai. Nah, dari kota Rambutan ini, cuma berjarak 14 kilometer untuk tiba di lokasi yaitu Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai. Ikuti panduan pada map.

Sumatera Utara sebenarnya punya beberapa situs religi Hindu yang menarik. Tak hanya Patung Murugan, ada juga Kuil Shri Mariamman Medan dan Kampung Bali di Langkat.
6 Foto Patung Dewa Murugan di Langkat, Mirip Batu Caves Malaysia! Reviewed by Pariwisata Sumut on 11/09/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.