Top Ad unit 728 × 90

Libur ke Sarilamak, 12 tempat wisata di Lima Puluh Kota wajib dijelajah

-- --
wisata lima puluh kota dan sarilamak - image via looteguh
Kita mungkin sering mendengar tentang wisata Sarilamak. Tetapi kita perlu mengetahui bahwa masih banyak tempat wisata di sekitar Kabupaten Lima Puluh Kota terbaru belum terekspos. Sebelum itu, kita perlu fokus memilih destinasi yang ingin dijelajahi. Apakah destinasi alam atau justru pusat rekreasi.

Wisata Lima Puluh Kota adalah gerbang utama turisme Sumatera Barat paling potensial. Seperti diwartakan Dispar Sumbar yang menyebut bahwa Lima Puluh Kota memiliki semua tipe destinasi yang dibutuhkan setiap pelancong. Baik itu air terjun, danau, situs sejarah - budaya maupun tempat berlibur yang hits dan kekinian.

Tempat Wisata di Lima Puluh Kota

Apabila sedang berlibur ke Sarilamak, kita bisa memilih rangkaian destinasi populer di Lima Puluh Kota yang telah dirangkum pariwisatasumut.net berikut.

Pemandian Batang Tabik

image via instagram/avheswon
Batang Tabik adalah pemandian wisata alam di kelurahan/nagari Sungai Kamuyang. Uniknya, kolam tersebut ditinggali oleh ikan-ikan air tawar. Airnya yang jernih mengisi dua buah kolam. Satu sudah modern dan satunya lagi masih mempertahankan sifat alami.

Percaya atau tidak, sumber air pemandian ini disebut-sebut berasal dari Danau Singkarak. Itulah mengapa Pemandian Batang Tabik tersebut tak pernah kering meskipun musim kemarau berkepanjangan.

Selain digunakan untuk tempat rekreasi, Batang Tabik dimanfaatkan juga untuk mensuplai kebutuhan air minum Kota Payakumbuh dan Kab. Lima Puluh Kota. Wisata ini punya sederet fasilitas, yaitu ruang ganti, musholla dan toilet. Tiket masuk ke dalam hanya Rp5k per pengunjung.

Lokasi: kelurahan sungai kamuyang, kecamatan luak, kabupaten lima puluh kota, sumbar 25173 (titik koordinat).

2. Kapalo Banda Taram

image via @bhenkanita
Berduyun-duyun orang ke Kapalo Banda Taram setelah foto danau buatan di Kab Lima Puluh Kota tersebut berseliweran di sosial media. Tak perlu kaget, keelokan alamnya sendiri memang begitu luar biasa dan memikat hati.

Kapalo Banda Taram ialah spot terbaru yang wajib dijelajahi. Pasalnya, kita bisa melakukan berbagai kegiatan di sana. Tentunya selain mandi-mandi, berburu foto epik bagi penikmat fotografi akan sangat mengasikkan.

Di tempat tersebut, kita pun bisa mengunjungi destinasi anyar yakni Bukit Godang Taram. Destinasi ini unik karena hanya terdiri dari 1 buah bukit sehingga tampak mencolok. Nah, cocok bagi penikmat alam yang sedang mencari tempat camping di Lima Puluh Kota.

Lokasi: nagari taram, kecamatan harau, lima puluh kota (peta google).

3. Air Terjun Sarasah Murai

image via adityanusantara_
Tertantang untuk berwisata olahraga sekaligus berpetualang menyibak eksotisnya alam Sarilamak, maka Air Terjun Sarasah Murai adalah destinasi pilihan berikutnya. Terletak di sekitar Sarasah Bunta. lantas apa daya tariknya?

Air terjun ini merupakan tujuan berlibur yang menyenangkan. Sebab tidak hanya indah dengan air terjun berlatar bebatuan granit. Terdapat juga spot panjat tebing dan lintas alam yang seru untuk liburan.

Lokasi: nagari tarantang, kecamatan harau, lima puluh kab, sumbar (peta google)

4. Bukit Kelinci

image via @yunanda86/ig
Wisata kekinian Lima Puluh Kota beragam sekali, sebut saja Bukit Kelinci. Bukit ini terletak di kecamatan Aakabiluru. Lantaran dapat pula diakses dari arah Payakumbuh serta kabupaten lainnya, tempat ini otomatis selalu dipadati oleh pengunjung.

Wisata kekinian ini mengandalkan spot berfoto seperti kincir angin dan payung terbang. Paling menarik adalah peternakan kelinci yang dibuat di tengah bukit. Berbekal tiket masuk Rp10k, pelancong akan dimanjakan ragam tempat berfoto yang hits.

Lokasi: nagari koto tangah batu hampa, kec akabiluru. (peta google).

5. Panorama Kayu Kolek

image credit: rioroma13
Wisata Panorama Kayu Kolek ialah destinasi terbaru yang mengandalkan pemandangan landskap perkotaan. Tak hanya siang, bahkan malam sekali pun tempat ini jadi tempat nongkrong anak-anak hits Lima Puluh Kota.

Paling khas dari Panorama Kayu Kolek yakni view awan dan kabut yang terhampar indah. Lantaran terletak di dataran tinggi Nagari Sikabu-Kabu, kita harus mengikuti rute menanjak untuk sampai di sana. Tapi pemandangannya dijamin bikin terpana.

Alamat: nagari tanjuang haro, sikabu-kabu padang panjang, kec. luak (titik koordinat).

6. Rumah Barbie Kuranji

rumah barbie kuranji - image via instagram.com/do.afr
Rumah Barbie Kuranji adalah objek bangunan kastil yang menarik untuk berwisata selfie. Dibangun pada tahun 2006, rumah ini dicat serba putih sedangkan atapnya dibuat sama persis dengan bangunan temporer gaya Eropa.

Rumah tersebut berada di Jorong Kuranji, sekitar 15 kilometer dari Sarimalak. Karena letaknya agak di pedalaman dan dikelilingi pepohonan hijau. Tempat ini memberikan nuansa berlibur layaknya di luar negeri.

Alamat: jalan kuranji, guguak VIII koto, lima puluh koto (titik koordinat).

7. Sarasah Bunta

air terjun sarasah bunta
image via sakawtravelling
Boleh disebut sebagai air terjun terindah di Sumbar, Sarasah Bunta merupakan tujuan wisata populer di kawasan cagar alam lembah Harau yang telah disahkan sekaligus dibuka oleh pemkab setempat sejak tahun 1926.

Sarasah Bunta terdiri dari 3 buah tingkatan. Undakan terakhir mengalirkan air tawar dari pegunungan tropis yang sangat sejuk untuk dimandikan. Meskipun objek wisata ini sudah tergolong tua, pesonanya tetap diminati pelancong, utamanya mereka yang hendak mengelilingi Indonesian Yosemite itu.

8. Menhir Maek: Balai Batu & Padang Luas

menhir maek - image via instagram/arlenpitoy
Objek cagar budaya di sekitar Kab. Lima Puluh Kota pun tak kalah memikat. Komplek Balai Batu misalnya, dijuluki rumah 1.000 megalit, di sana tersimpan peninggalan sejarah pada masa 6 - 2 ribu sebelum masehi yang merupakan andalan wisata nagari Maek.

Di daerah serupa, rasa kagum akan kembali menyeruak usai melihat lebih dari 370 monolith berdiri tegak di Komplek Padang Luas. Menhir-menhir tersebut terletak di lereng perbukitan dan hampir seluruhnya dibuat menghadap Gunung Sago.

9. Gunung Sago

gunung sago - image via @kakisago
Di salah satu patahan Bukit Barisan yang melingkari Lima Puluh Koto, Gunung Sago adalah punggung bumi nagari Minang dengan tinggi puncak kurang lebih 2.261 mdpl. Kendati berstatus aktif, gunung itu cukup menantang untuk dijelajah.

Titik pendakian gunung dimulai dari nagari Sikabu-Kabu. Selama trekking menuju puncak, kita akan disuguhkan flora dan fauna endemik khas dataran tinggi. Berikutnya tanjakan asmara yang jadi titik peristirahatan para pendaki.

10. Danau Koto Panjang

danau koto panjang image via fendri82/instagram
Jejeguran di Danau Kota Panjang pastinya seru, wisata buatan di perbatasan Sarilamak dan Payakumbuh tersebut sudah dibangun semenjak tahun 1979. Namun, potensinya sendiri baru digali beberapa tahun terakhir.

Danau dengan kedalaman 14-16 meter ini seperti asli. Lantaran pepohonan dibiarkan tumbuh mengelilingi danau. Pengunjung pun tak perlu bayar tiket masuk. Rata-rata orang yang datang ke sana adalah anak muda, mereka biasanya mendirikan tenda di pinggiran Danau Koto Panjang.

11. Panorama Selat Melaka

image via @rentaloutdoorpariaman
Yang terbayang pertama kali ketika mendengar Panorama Selat Melaka adalah laut, sedikit terpedaya seandainya sahabat PSN belum tahu seluk-beluk objek wisata di Pangkalan Koto Alam ini. Jelasnya, spot bukan destinasi bahari, tetapi tujuan wisata alam.

Panorama Selat Melaka memiliki momen sunrise dan sunset yang mengagumkan. Terutama jika tidak ada kabut, kita disuguhkan pemandangan kelok 9 hingga keindahan hutan alami. Bahkan dari sini terpampang perbatasan kabupaten dengan provinsi Riau.

12. Waterboom Kasiah Bundo

kolam renang di lima puluh kota
Waterboom Kasih Bundo adalah kolam renang di Sarilamak terbesar sekaligus modern yang dilengkapi deretan wahana permainan. Waterboom atau waterpark ini sebenarnya terletak di Koto Tuo. Hanya saja, rutenya cukup dekat dari ibukota.

Selain Kasiah Bundo, masih ada kolam renang lainnya di sekitaran Lima Puluh Kota, misalnya Pemandian Bakacimpung Piobang. Yap, kedua tempat bermain air ini menjadi lokasi paling asik untuk melepaskan penat dan rutinitas sehari-hari.

Menjelajah sederet objek wisata Sarilamak dan Kabupaten Lima Puluh Kota tentu tak bisa dilakukan dalam sehari saja. Maka dari itu, butuh waktu beberapa hari sangkingnya banyaknya destinasi yang begitu indah.
Libur ke Sarilamak, 12 tempat wisata di Lima Puluh Kota wajib dijelajah Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/11/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.