Widget HTML Atas

7 Danau di Riau yang Menakjubkan dan Wajib Dikunjungi

Tak bisa disangkal bahwa Riau merupakan provinsi yang luas. Karenanya, terdapat beragam jenis pilihan destinasi alam yang dapat dikunjungi selain pantai dan gunung. Salah satu kegiatan alternatif yang menyenangkan adalah berwisata ke danau.

Riau mempunyai sederet danau yang menakjubkan. Di mana, sebagian danau tersebut masih terkungkung di tengah hutan sehingga menyimpan nuansa indahnya alam. Meskipun beberapa diantaranya adalah buatan, setidaknya terdapat 36 buah danau di Riau.

Dari pada mendekam dalam riuhnya suasana kota, bukankah lebih bagus mengeksplor danau di Riau? Tak hanya mampu memberikan ketenangan, tempat wisata air juga sanggup menciptakan keceriaan. Sebagai referensi, berikut nama-namanya.

1. Danau Biru di Duri

danau di riau
danau air biru di duri riau
Danau Air Biru merupakan salah satu danau populer di Provinsi Riau. Berlokasi di Desa Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Duri.

Terbentang dengan hamparan air berwarna biru di bagian tengah. Siapapun pasti tercengang atas keindahan yang dimiliki. Tak perlu bertanya-tanya jika ternyata ada danau secantik ini di Riau. Hanya saja, Anda mungkin kaget setelah mengetahui asal mula terbentuknya.

Konon, danau seluas setengah hektar ini terwujud setelah sebuah perusahaan menghentikan proyek perkebunan sawit. Setelah ditinggali, cekungan itu lantas terisi oleh hujan dan lambat laut membentuk sebuah telaga biru.

Untuk ke sana, pengunjung akan melewati barak-barak pekerja sawit yang tak lagi di pakai. Setelah melewati jalan setapak dan melihat permukaan air berwarna putih-biru, itu artinya danau di Duri tersebut sudah dekat. Tempat ini belum dikelola sehingga kita dibebaskan dari biaya masuk.

Lokasi: Desa Beringin, Talang Muandau, Duri (titik koordinat).

2. Danau Limbungan

danau limbungan pekanbaru riau - credit: yunidepa
Satu lagi danau di Riau sayang dilewatkan adalah Danau Limbungan. Dibandingkan yang lain, bendungan ini sudah lumayan anyar bagi warga Pekanbaru. Hal itu ditandai dengan kelengkapan fasilitas wisatanya yang begitu komplit.

Danau ini hanya berjarak 15 km dari Pekanbaru. Perjalanan pun tidak akan melelahkan karena ditopang alam yang begitu elok dan permai. Tempatnya persis di kaki perbukitan, pohon-pohon besar ikut berkontribusi menyegarkan udara yang terhirup.

Sisi aestetik di Danau Limbungan sangat sesuai bagi yang doyan narsis. Hampir seluruh sudut keren untuk berswafoto. Jika sudah dirasa puas mengabadikannya lewat kamera. Mencicipi kuliner-nya put patut dilakukan.

3. Danau Zamrud Siak

danau di riau - credit: @abbiyurakha
Zamrud Siak merupakan danau yang terbentuk secara alami. Sesuai namanya, danau ini berlokasi di Desa Zamrud, kawasan penopang hutan rawa di Kabupaten Siak yang mempertemukan dua jenis air berbeda yaitu tawar dan asin (laut).

Namun di balik semua pesona danau di utara Riau ini, pengunjung tidaklah bebas untuk berkeliaran. Setiap pelancong wajib memegang surat izin agar diperkenankan masuk. Adapun surat tersebut dapat diperoleh dari balai konservasi.

Pemandangan paling mewah yang di temukan di Danau Zamrud Siak adalah air berwarna hitam. Fenomena unik itu disebabkan oleh tanah gambut rawa yang bersifat asam sehingga memengaruhi corak danau itu sendiri.

4. Danau Napangga

danau napangga - credit: @is.hak94
Mencakup lahan 500 hektar, Napangga adalah danau terluas di provinsi Riau.

Membahas hal ikhwal tentang Danau Napangga berarti sekaligus menyusuri peradaban suku Bonai yang menata pinggir perairan tawar itu sebagai pemukiman. Melihat deretan pepohonan hijau dengan air jenih yang terhampar, wajar jika tempat ini jadi plesiran raja-raja Riau.

Jangan tanyakan aktivitas wisata seperti apa saja yang direkomendasikan saat berada di Danau Napangga. Menyaksikan airnya saja sudah begitu merilekskan pikiran. Apalagi jika memutuskan untuk berenang, niscaya akan memanjakan raga dan jiwa.

5. Danau Khayangan

danau khayangan - credit: lyne_vina94
Bandar Khayangan atau sering juga disebut Danau Lembah Sari ialah bendungan irigasi seluas 14 hektar yang sekarang telah berkembang sebagai tujuan rekreasi baru. Berlokasi persis di selatan Pekanbaru, jarak dari pusat kota ke sana  hanya terpaut 17 km.

Harga tiket masuk ke danau terdekat di Pekanbaru bukanlah kendala besar, cukup hanya merogoh kocek Rp5 ribu saja. Setelah melunasi biaya masuk, rengkuhlah pesona danau buatan Bandar Khayangan melalui serangkaian kegiatan mengasyikan.

Ide menarik, coba manfaatkan rumah pohon di sisi danau untuk berfoto. Spot itu dijamin instagramable dan akan memperindah feed media sosial kamu lebih terlihat fancy. Selanjutnya, mengeksplorasi danau dengan mengayuh perahu kapal. Seharian berlibur di danau bendungan yang dibangun tahun 90-an tersebut sama sekali tak membosankan.

6. Danau Raja Rengat

danau raja rengat riau - credit: fotorengat
Danau Raja Rengat merupakan danau bersejarah terkait kerajaan melayu.yang terletak di ibukota kabupaten Indragiri Hulu (Inhul) Riau.

Kawasan taman wisata Danau Raja yang luasnya diperkirakan sekitar 200 meter tersebut difasilitasi amenitas komplit. Bagi penikmat gold sunset, di sinilah tempat paling asik menunggu momen itu. Sebelum waktunya tiba, kalian bisa susuri tepian danau.

Kedalaman danau tersebut sama seperti Danau Linting yang juga belum diketahui. Sebab itu, pengunjung selalu diminta untuk selalu berhati-hati apabila sedang berenang. Tak sungkan rasanya mengatakan bahwa Danau Raja ini paling ikonik yang menawarkan keindahan alam berbalut sejarah.

7. Danau Meduyan

danau meduyan
Terakhir adalah danau Meduyan yang barangkali sangat familiar bagi warga Indragiri Hulu. Terutama ketika langit sedang biru, pesonanya yang menebarkan kedamaian seolah menahan kita agar tetap bertahan menikmatinya.

Perairan tawar ini memang tidaklah jernih, bahkan cenderung kecoklatan. Namun, objek wisata di kelurahan Negeri Lama tersebut tetap difavoritkan warga karena panorama khas Inhul yang disajikan. Di sini, terdapat jembatan aestetik yang keren untuk difoto.

Jika siang tempat danau ini selalu sepi, maka pemandangan berbeda akan muncul jelang sore hari. Tua maupun muda biasanya menghabiskan waktu senja di sana sebelum malam tiba.

Serangkaian danau keren di provinsi Riau di atas mewakili danau lainnya yang tersebar di sederet kabupaten berbeda. Lalu, sudahkah siap untuk segera menjelajah?

Berlangganan via Email