Widget HTML Atas

Merdeka Walk - Pujasera di Medan, Buka 24 Jam Dilengkapi Hiburan

Bila menyebut Pujasera di Medan, Merdeka Walk adalah satu dari sekian banyak pusat jajanan sejuta rasa ter-hits. Tempat berkumpulnya turis di ibukota ini menawarkan konsep wisata belanja dan food court (makanan dan minuman) dalam satu kawasan destinasi.

Keberadaan Merdeka Walk atau lebih sering dipanggil MW yang terletak di inti kota menjadikan pujasera yang berada di Medan tersebut nyaris tak pernah sepi. Lantaran cukup difavoritkan oleh turis asing dan kawula muda, maka selalu saja ada orang yang nongkrong di depan restoran-restorannya sejak pagi buta.

Menemukan restoran di Merdeka Walk Medan bukanlah hal sulit, sob! Ketika sudah sampai di Jalan Balai Kota, sederet outlet makanan fast food di bantaran Lapangan Merdeka bisa dipilih. Apalagi destinasi tersebut tak pernah ditutup, buka selama 24 jam.

Kendati agak kurang sreg disebut night market, sebenarnya sudah sejak awal Merdeka Walk dibangun dengan konsep wisata kuliner malam dan hiburan. Terlebih lagi, posisinya yang diapit oleh sekumpulan bangunan sejarah di inti kota, ikut menghadirkan daya tarik urban yang memiliki nilai jual tersendiri bagi wisatawan.

MERDEKA WALK MEDAN

Meski sempat tersiar kabar bahwa Merdeka Walk ditutup dalam waktu dekat, dan muncul wacana mengubah wajah Pujasera Medan itu menjadi ruang terbuka hijau. Tetapi sampai sekarang, belum ada tanda-tanda jika hal itu akan direalisasikan. Apalagi sebelum masa pandemi, aktivitas bisnis wisata di tempat ini yang masih berjalan normal.

Makanan dan Minuman di Merdeka Walk

merdeka walk, pujasera medan - image via @awkmaholtra/google map
Di Pujasera Medan yang modern dan strategis ini, kalian bisa menjumpai beberapa kafe dan fast food yang dibuka selama 24 jam penuh Sebut saja McDonald, Pizza Hut dan Starbucks yang terletak di Merdeka Walk Medan.

Menemukan minuman dan makanan di Merdeka Walk sangatlah mudah. Jika ingin makanan lebih bernutrisi dan khas Indonesia yang bagus dikonsumsi, pengunjung bisa mencicipi makanan tradisional di Tenda Nelayan (Nelayan Jala-jala), The Coffee Crowd atau Ayam Penyet Ria.

Bagi kalian yang ingin nongkrong, di sini ada juga Ram's Cafe yang menawarkan paket makanan menggugah selera. Dari nasi goreng, camilan, mie goreng, bakso, sup, dinsum dan minuman penyegar dahaga adalah menu andalan dari Ram's Cafe.

Tempat ngopi di MW ada nggak nih? tenang saja, selain Starbucks, kalian bisa menyeruput kopi yang pahitnya nikmat di Warung Kopi Srikandi. Semua kafe dan restoran yang berada di MW menyediakan 2 pilihan tempat duduk untuk menyantap makanan, yakni indoor dan outdoor.

Hiburan di Merdeka Walk

merdeka walk medan
sederet kafe di mw - image via @johanprasetyo/google map
MW Medan juga merupakan pusat entertainment di tengah Kota Medan. Mulai dari pementasan seni, pameran dan ekshibisi, lomba fashion show/modeling hingga bermacam permainan ala night market tersedia lengkap di kawasan wisata MICE terpadu seluas 1.200 meter persegi ini.

Bila mengunjunginya pada hari Sabtu dan Minggu, pentas di tengah MW Medan yang diberi nama Center Piece akan diisi dengan penampilan musik hidup. Kecuali panggung tersebut dipakai oleh event organizer, maka kita bisa menyaksikan suguhan hiburan berbeda.

Misalnya lagi pengen makan di MW bareng anak-anak, bisa sekalian membawa mereka singgah ke aneka wahana permainan di sana, seperti happy cars dan zona Amazon yang seru. Owh iya, spot berfoto di sini juga lumayan bagus untuk dijadikan latar berfoto karena di sekitarnya terdapat banyak sekali landarmark kota Medan.

Tidak itu saja, kalau kalian memilih duduk di arah barat MW, akan ada layar tancap berukuran raksasa, letaknya di sebelah Pizza Hut. Selain menyuguhkan film-film nge-hits, pertandingan bola juga sering ditayangkan di sini, mantaplah untuk nonton bareng alias nobar.

Sejarah Merdeka Walk

pintu masuk mw
Pada awalnya di kompleks ini hanyalah tanah kosong pedestrian, kemudian mulai dibangun pusat jajanan sejuta rasa (Pujasera) pada tahun 2005 oleh Pemko Medan. Melalui dinas pariwisata dan kebudayaan, lokasi bergengsi ini ditata menjadi Merdeka Walk yang kita kenal sekarang.

Dalam perjalanannya, pujasera Medan yang didirikan pada masa pemerintahan Abdillah, Wali Kota Medan tahun 2005-2008 tersebut berkembang cukup pesat dan menjadi salah satu pusat bisnis kuliner dan hiburan malam yang populer dari masa ke masa.

14 April 2005 merupakan tahun awal diresmikannya Merdeka Walk Medan, luasnya sekitar 1200 meter. Berbentuk memanjang dengan arsitektur modern. Secara keseluruhan, bangunan dan gedung di sini dibuat permanen. Adapun statusnya dimiliki oleh Pemko Medan sedangkan pengelolaan dibawah kontraktor swasta.

Fasilitas

mw medan
image via liputan6.com
Selain kafe dan restoran, fasilitas pendukungnya boleh dikatakan sangat lengkap, bisa memberikan kenyamanan bagi orang yang mengunjungi Pujasera Medan ini. Terdapat pos penjagaan polisi, pusat informasi wisata, rest room, panggung hiburan dan parkiran khusus untuk kendaraan roda dua.

Tempat wisata Medan yang strategis ini juga ditambahi tenant dan outlet khusus, masing-masing menjajakan berbagai brand lokal. Karena itu, tak sedikit wisatawan domestik dan turis singgah ke sini entah untuk membeli oleh-oleh khas, seperti pakaian dan kudapan.

Berjalan-jalan di MW Medan baik pagi dan siang suasananya hampir sama. Tapi saat malam hari, atmosfirnya sedikit berbeda. Pasalnya, pepohonan di sini dilengkapi dengan dekorasi lampu, terutama jika kalian masuk dari gerbang utama MW.

Lokasi

Merdeka Walk beralamat di Jalan Balai Kota, Kesawan, Medan Barat, Sumatera Utara 20231. Atau, silahkan lihat map berformat 360 street view berikut.


Akses ke sini sangatlah mudah meski ditempuh dari berbagai rute. Tambah lagi, rata-rata transportasi publik berupa angkutan umum atau sudako selalu mengambil rute yang melewati trayek ini. Sehingga tidak akan kesulitan menemukan letak Pujasera di Medan yang dibuka selama 24 jam penuh tersebut.

Berlangganan via Email