Widget HTML Atas

Pantai Parparean: HTM, Akses ke Lokasi dan Objek Wisata Porsea

Porsea memiliki beberapa tempat liburan yang seru untuk dikunjungi. Sebagai bagian dari Toba Caldera, ada saja destinasi baru yang muncul di tengah geliat bisnis pariwisata. Seperti salah satu objek wisata yang akan Pariwisata Sumut bagikan kali ini, yakni Pantai Parparean.

pantai parparean
salah satu wisata di porsea adalah pantai parparean - image via jatar pang/ellen simanjuntak
Siapa sangka, Pantai Pasir Putih Parparean yang merupakan objek wisata di Porsea ini menjadi lokasi syuting film "Sang Prawira". Hal itu tentu saja berkat pemandangan alam yang keindahannya dapat Anda jumpai hingga sekarang.

Demi menggugah selera liburan sekaligus mengenalkan Porsea bagi Anda yang pertama kali mengadakan perjalanan ke daerah ini. Maka pantai Parparean adalah destinasi paling gampang ditemukan dari jalan raya. Karena aksesibilitas itu pula, pantai dengan pasir putih di Desa Parparean 1 dan 2 ini jadi tempat wisata terpopuler seantero kecamatan.

Aktivitas dan Atraksi di Pantai Parparean

Jika wisatawan tertarik dengan pantai berpasir putih, langsung saja ke Pantai Parparean. Destinasi yang direvitalisasi sejak 2018 dan telah ditata laiknya spot rekreasi modern. Dengan luas lahan 3 hektar, menyuguhkan berbagai jenis wahana mengasyikkan untuk dicoba.

Berikut berbagai aktivitas dan atraksi yang dapat dinikmati di wisata alam Porsea satu ini.

1. Bermain di Air Pantai yang Lapang

tempat wisata di porsea
spot kuliner di pantai pasir putih porsea - image via adelia simanjuntak
Antusias pengunjung ke destinasi Porsea ini sangat tinggi ketika akhir pekan. Tak terkecuali saat hari biasa. Wisatawan yang berdatangan mencakup segala usia, mulai dari muda-mudi, rombongan keluarga hingga dewasa. Sesekali, turis mancanegara dan Nusantara ikut andil meramaikan.

Selain alam menyejukkan dan pemandangan memikat, wisata serba ada ini juga menawarkan kawasan pantai yang sangat lapang dan luas. Dengan begitu, pengunjung tak perlu berdesak-desakan atau khawatir kehabisan tempat. Lebih lagi jika main ke sana saat musim libur panjang.

Pantai ini memang disiapkan oleh Pemkab Toba Samosir agar mampu untuk menampung derasnya arus wisatawan. Lewat pengelolaan yang tepat dan ditopang oleh luasnya tempat rekreasi, maka semua pelancong berkesempatan menikmati seluruh area.

2. Spot Berfoto Klasik Tapi Instagramworthly

image via reynold_gultom/instagram
Pantai Parparean Porsea merupakan destinasi wisata yang menggabungkan eksotika alam dan spot berfoto instagramworthly. Namun di balik itu semua, destinasi ini juga dijadikan sebagai tempat untuk mengekspresikan identitas budaya lokal.

Alam dengan pemandangan yang begitu dramatisir kian menarik dengan latar gapura bercorak gorga. Mungkin, Anda tertarik untuk memilih gerbang tersebut untuk latar belakang foto. Bila masih memerlukan lokasi lain, silahkan mengeksplorasi tempat ini secara menyeluruh ya.

Pantai yang sajikan pemandangan alam di Porsea ini memang tidak terlalu mengedepankan konsep kekinian. Jadi, bagi kalian yang bosan dengan sensasi wisata seperti itu dan berharap menemukan tempat berfoto yang sama keren, ini adalah rekomendasi terbaik.

3. Pantai Pasir Putih Porsea Satu-satunya

pantai pasir putih parparean di porsea - image via @pasaribu_isko
Sesuai dengan identitas awal yang diberikan yaitu Pantai Pasir Putih Parparean, kondisi di seputar pantai ini memang dipenuhi oleh material pasir halus. Jika digenggam, pasir tersebut terasa lembut.

Gelombang ombak kecil tentu cocok sekali untuk aktivitas renang. Pun kecipak air danau Toba sebening kristal dengan kedalaman hanya berkisar 20-40 cm, sensasinya begitu menyegarkan. Percayalah, di sini sangat nyaman dan membuat orang tahan berendam lama sangking dinginnya.

Seandainya ingin menantang diri, jangan lewatkan kegiatan water sport yang ada di wisata Porsea ini. Bosan karena sudah terlalu sering bermain banana boat? Tinggal sewa jet ski, kenakan pelampung dan kemudikan segera motor air yang Anda naiki menuju ke tengah danau.

Fasilitas

image via rifaiqs/instagram
Soal fasilitas, pemkab Tobasa sepertinya tak main-main dalam hal mendorong bisnis pariwisata di daerahnya. Termasuk mendirikan sederet fasilitas yang bisa bikin wisatawan nyaman selama plesiran di pantai ini. Selain kebutuhan standar, tersedia juga beragam sarana pelengkap yang masih bagus dan terawat seperti:

- Gazebo
- Jogging Track
- Landmark Gorga
- Taman Bunga
- Pantai Pasir Putih
- Jet ski
- Sepeda air

Di Pantai Parparean, terdapat zona kuliner yang semua tempat makannya ditata ke arah danau. Karenanya, pengunjung dapat langsung menikmati dua hal secara bersamaan, yaitu makanan dan pemandangan alam yang bisa menyejukkan hati.

Lokasi Pantai Parparean

Pantai ini beralamat di Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, Kab. Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara. Tempat wisata ini dibuka selama 24 jam penuh. (peta lihat di sini). Hanya saja, waktu terbaik untuk berlibur ke sana ialah siang dan sore hari.

Jika ingin mengeksplor wisata di Porsea yang punya pemandangan epik, luangkan waktu panjang untuk mengunjungi pantai pasifik toba, pantai mikha bita serta pardinggaran yang identik dengan pesona sunset dan sunrise memukau.

Biaya berlibur atau tiket ke pantai di Porsea ini tidak mahal kok. Anda cukup menyiapkan bajet sekitar Rp3.000-an saja untuk biaya parkir. Tapi jika ingin menikmati makanan lokal atau mencicipi kuliner yang menggugah selera di sini, perlu merogoh kocek dari Rp10.000-an.

Berlangganan via Email