Widget HTML Atas

12 Pantai di Medan & Sumatera Utara yang Hits Dikunjungi

pantai di medan sumatera utara - image via instagram/harefa240990
Setelah wisata pulau, tidak salah menyebut bahwa pantai merupakan tujuan wisata bahari favorit di Sumatera Utara. Bahkan di kota Medan, pantai yang indah juga beragam bisa dijadikan untuk tempat berlibur ketika ingin merasakan suasana laut.

Mungkin selama ini kamu tahu bahwa Pantai Olo Panggabean adalah satu-satunya pantai di Medan yang terkenal. Padahal jika dieskplorasi, ternyata Sumut menyuguhkan tempat wisata berupa pantai yang indah. Bahkan letak sebagian destinasi itu cukup dekat lantaran masih berada di sekitaran Kota Medan.

Pantai di Medan dan Sumut

Lantas, pantai apa saja yang wajib dikunjungi di Sumatera Utara dan kota Medan? Berikut sederet daftar destinasi dan nama tempat yang pariwisatasumut.net rekomendasikan.

1. Pantai Sincanang

pantai di ekowisata mangrove sincanang
Pantai Sincanang terletak di utara Kota Medan dan hanya terpisah jarak 23 km. Pantai Sincanang adalah tujuan wisata yang akan dipilih oleh pemerhati lingkungan. Kealamian pantai tropis, kepadatan hutan bakau dan sederet kegiatan yang digemari para beach lover.

Di sini anda akan menikmati kekhasan pantai mangrove yang tak banyak dimiliki oleh negara lain. Pengelola menyiapkan banyak aktivitas bagi pengunjung. Dari penanaman, pengolahan hingga wisata edukasi. Untuk menuju tempat ini, anda hanya perlu mengambil rute Medan - Belawan.

Tiket masuk bagi wisatawan dibedakan atas dua jenis yaitu perseorangan dan rombongan. Pun, anda harus menaiki boat atau perahu penyeberangan untuk benar-benar sampai di lokasi. Dengan begitu panorama laut khas pesisir dapat anda nikmati sekaligus.
Lokasi: Jalan Pulau Sincanang, Medan Belawan, Sumatera Utara, 20414

2. Pantai Olo

pantai olo medan
Tempat wisata pantai di Medan yang boleh dikatakan paling populer. Bagi mereka yang sudah lama menetap di Medan, Ocean's Pacific atau Pantai Olo merupakan destinasi lawas yang banyak menyimpan kenangan indah. Sayang, keelokan tempat ini tidak bisa bersaing dengan obyek wisata lain.

Semenjak dibuka puluhan tahun silam, pantai murah ini belum mengalami perubahan. Tampilannya masih sama seperti dulu. Kendati demikian, tempat wisata ini masih ramai dikunjungi meski harga tiketnya Rp15.000 per unit kendaraan terbilang mahal.

Selain cari angin, tak cukup banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan pengunjung. Hanya menikmati sajian panorama laut lepas dan kapal pelabuhan yang berlalu-lalang dari Magna Gema Nusantara dan Ekawira Abadi. Pun, rata-rata pengunjung didominasi oleh orang yang hobi memancing ikan.
Alamat: Medan, Sumatera Utara - google map

3. Pantai Sialang Buah

sialang buah via fb/romanregar
Ke pantai pasir putih ini jaraknya 34 km dari Medan. Ya, pantai Sialang Buah adalah tempat wisata di Teluk Mengkudu yang memiliki daya tarik pasir putih sehingga menawarkan panorama alam serba eksotis.

Di sini pengunjung tak akan bosan menghabiskan waktu. Pasalnya tepi Sialang Buah sudah lengkap dengan fasilitas yang memanjakan momen liburan keluarga. Seperti pondok wisata, area camping dan juga spot permainan air.
Lokasi: Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai, Sumut 

4. Pantai Mutiara 88

image source: serdangbedagaikab.go.id
Satu lagi pantai yang keren dan sayang kalau dilewatkan ketika berada di Medan, yakni Pantai Mutiara 88 Sentang. Tak terlalu jauh, tempat wisata bernuansa tropis ini dapat dicapai 2 jam saja. Aksesnya sendiri sangatlah mudah. sekitar 88 mil ke arah timut dari kota Medan.

Jika tak ingin berenang, kamu bisa berjalan-jalan seraya menghirup udara segar. Kegiatan lainnya yaitu memancing ikan dan berkeliling dengan menyewa perahu para nelayan. Atau, mencari kerang di antara pasir hitam yang unik.

Pantai Mutiara 88 adalah tempat wisata berkarakteristik tenang. Deburan ombak dan hembusan angin yang lambat menciptakan nuansa damai. Teruntuk kamu yang nyaman dengan tempat sepi, Pantai Mutiara 88 sangat pantas dikunjungi.
Lokasi: dusun kota pari, pantai cermin, sergei - titik koordinat

5. Romance Bay

romance bay, pantai terdekat dari medan
Romance Bay merupakan identitas yang diberikan oleh pemilik pantai yang menyuguhkan panorama pantai tropis menghadap ke laut timur pulau Sumatera. Tempat ini sangatlah hits karena pengelola selalu menghadirkan wahana terbaru.

Ciri khas pantai terdekat di Medan ini adalah taman berfoto yang unik di setiap sisi pantai. Eits, berwisata di Romance Bay tak melulu tentang laut. Sea food segar di spot tempat makan tak boleh dilewatkan.

Baca Selengkapnya: Pantai Romantis, Lokasi dan Tiket Masuk

6. Pantai Gudang Garam

image via fb/rosdelima hutagalung
Meski namanya Pantai Gudang Garam, tapi bukan berarti pantainya adalah tempat penghasil garam laut. Justru sebaliknya, pemandangan yang tersaji hanyalah samudera dan laut belaka. Plus, pohon cemara khas pesisir yang menambah kesegaran udara sekitar.

Kegiatan wisata yang seru untuk dilakukan memang tak jauh berbeda ketika kamu plesiran ke laut. Ombak di sini sama sekali tak besar, jadi jangan khawatir apabila kamu hendak berenang. Selepas puas menikmati airnya, bersantailah sejenak di pinggir pantai sembari menanti sunset menakjubkan di Pantai Gudang Garam.
Lokasi: Kota Pari, Teluk Mengkudu, Sergei

7. Pantai Tureloto

image source: @fandellahagu/instagram
Untuk mendapatkan panorama pantai paling indah, terkadang kita harus rela terbang melintasi pulau. Walau memakan waktu cukup lama dari Medan, sejatinya Pantai Tureloto ibarat destinasi impian para penikmat bahari, tempat wisata ini tak akan membuat kamu kecewa.

Karena namanya memang cukup mendunia, alhasil pantai ini selalu menjadi tujuan wisata favorit turis mancanegara. Pun wisatawan domestic dari luar daerah, tak jarang pula ikut menikmati keindahan Tureloto yang digelari laut merah-nya Indonesia. Sebab, kadar garam di sini sangat tinggi sehingga orang yang berenang akan mengapung.

Karang yang tumbuh berbaris di atas bebatuan juga menciptakan eksotika tersendiri. Lantaran tumbuhan tropis itu tumbuh di tepi pantai, kamu tak perlu snorkeling atau berenang. Lautnya yang biru pun memberikan keelokan tak terhingga, sunggu berbeda jika dibandingkan dengan pantai di Medan.

Baca: Wonderful Indonesia, Inilah Pantai Tureloto Nias

8. Pantai Cermin

image source: @ayupzpart/instagram
Pantai paling menarik dan lokasinya mudah dijangkau dari berbagai sudut Kota Medan adalah Pantai Cermin. Yap, dimana lagi coba bisa menikmati wahana air yang berada di tepi pantai? selain dapat menyaksikan laut, disini wisatawan pun akan disuguhkan atraksi theme park mengasyikkan.

Pantai yang memiliki taman air ini memang dirancang untuk destinasi keluarga. Fasilitasnya ekstra jor-joran, mulai theme park dengan ragam permainan hingga penginapan khas tepi pantai. Sehingga wisatawan yang sedang berkunjung tak perlu mencari akomodasi ke tempat lain.

Baca Selengkapnya: Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Cermin

9. Pantai Salah Namo

pantai di sumatera utara - image doc: pariwisatasumut.net
Masih berniat menyusuri pantai tersembunyi di Sumatera Utara? Beranjak ke timur Kota Medan, Pantai Salah Namo menyimpan keindahan alami yang sangat memanjakan wisatawan dengan atraksi yang dimiliki.

Pantai ini berjarak 70 km dari Pelabuhan Tanjung Tiram. Garis pantainya tidak panjang lantaran lokasinya berada di depan gugusan pulau. Namun, bebatuan dan ikan warna-warni di dalam lautnya akan membuat kamu antusias untuk berenang.

Bila ingin melakukan kegiatan menantang, naiklah ke Mercusuar. Memang sedikit menguras tenaga selama trekking. Tetapi eksotika laut lepas yang ditampilkan tak akan henti membuat kamu mengucap syukur atas keindahan itu.

Yuk baca Pulau Salah Namo untuk mengetahui destinasi selengkapnya.

10. Pantai Pink

image source @djani.us/instagram

Dengan adanya penerbangan via Medan, mengeksplorasi Pantai di kepulauan Nias tidak lagi sulit dilakukan. Di sini, kamu bisa menemukan pantai berpasir merah yaitu Gawu Soyo yang sangat mirip dengan pink beach di Lombok.

Pantai yang mencolok karena berpasir merah ini terletak di . Dinaungi oleh bukit hijau dengan air laut jernih yang menyapu daratan. Tatkala matahari sedang terik-teriknya, warna merah alan memancar secara sempurna.

Fenomena pantai unik berpasir merah ini berlangsung setiap tahun. Jadi sama sekali tidak ada kendala yang perlu ditakutkan wisatawan. Nah, lokasinya sendiri terletak di Harewakhe, Afulu dan merupakan salah satu jajaran tempat di populer Nias.

11. Pantai Sibolazi

image source @imel_sihombing/instagram
Bagi yang hobi fotografi, agendakanlah waktu kunjungan ke Pantai Sibolazi. Tempat ini belum begitu populer dan masih sepi pengunjung. Namun landskap alam yang disajikan tak akan membuat kamu jemu memotret keindahan itu.

Lokasi pantai ini mudah ditemukan karena terletak di daerah tujuan wisata. Hasil potret dari kameramu pasti akan sangat menarik untuk dipajang di media sosial. Bagi pemburu keindahan danau toba yang tersembunyi, wajib datang ke sini.

Langit yang berawan biru dan taman bunga di sisi pantainya menjadi ciri khas utama. Pun tekstur pasir yang halus dan putih di sekujur bibir pantai. Spot ini wajib direkomendasikan bagi sahabat PSN yang ingin berburu foto prewedding dengan nuansa pantai.
Lokasi: Sangkal, Simanindo, Samosir

12. Pantai Barat Natal 

image source: @prasetyabudii/instagram
Beralih ke arah selatan Sumatera Utara, Pantai Barat Natal wajib dikunjungi lantaran memiliki garis pantai terpanjang di Pulau Sumatera. Tambah lagi, sederet obyek wisata pantai di sana belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Jika mengunjungi tempat tersebut, cobalah menjelajah Taman Pantai Barat Natal yang saat ini sudah sangat bagus pengelolaannya. Di sana, nuansa laut pesisir terasa sangat mewah. Tidak ada sudut yang tak elok. Secara khusus, kamu bisa mengetahui tentang taman pantai barat di link berikut: pantai di mandailing natal.

12 pantai di Medan dan Sumatera Utara yang disebutkan di atas dapat kamu jadikan referensi berlibur tatkala bosan dengan suasana gunung atau wisata kekinian.

Berlangganan via Email