Widget HTML Atas

Tambunan Sunset Beach: Pantai Lumban Gaol yang Aduhai

Bisnis pariwisata gugusan Danau Toba seolah tak pernah padam. Bila dahulu banyak sekali spot terbengkalai, kini berbagai pusat rekreasi mulai dikelola dan muncul ke permukaan. Salah satu yang baru dibuka sejak tahun 2019 adalah Tambunan Sunset Beach, sebuah pantai di Desa Lumban Gaol.

tambunan sunset beach lumban gaol
tambunan sunset beach adalah pantai wisata di lumban gaol, balige
Sesuai dengan nama yang diberikan, Tambunan Sunset Beach adalah pusat rekreasi yang wajib diperhitungkan untuk menengok matahari terbenam. Di luar dari itu, objek wisata pantai yang terletak di Lumbangaol, Kab Tobasa tersebut juga memiliki taman dan area bermain menyenangkan.

Secara garis besar, Sunset Beach di Desa Lumban Gaol ini menawarkan beragam atraksi yang patut dicoba. Tak cukup berenang, wisatawan bisa pula menemukan arena jogging track, taman vegetasi, taman minatur, pasir putih pantai dan broad walk yang dikembangkan Bumdes setempat.

Tambunan Sunset Beach

Dari sekian banyak wisata di Danau Toba, barangkali pantai tambunan lumbangaol ini termasuk jarang atau bahkan sama sekali belum pernah kamu kunjungi. Seperti apa serunya liburan di sini? yuk simak ulasan Pariwisatasumut.net berikut.

1. Sekilas Tentang Desa Lumban Gaol dan Wisata

pantai tambunan sunset beach lumban gaol
desa lumban gaol - image via
Desa Lumban Gaol adalah wilayah administratif yang memiliki segalanya. Hal itu bahkan sudah akan Anda temui ketika melakukan perjalanan ke desa di arah barat Kecamatan Balige. Sebelum tiba di pantai yang diberi nama Tambunan Sunset Beach. Pemandangan alam mulai dari hijaunya persawahan hingga keindahan danau di sepanjang jalan menuju lokasi, selalu jadi suguhan yang tak henti memanjakan mata.

Lantaran Desa Lumban Gaol ini berada persis di semenanjung Kaldera Toba maka hampir seluruh wilayah daratnya langsung berbatasan dengan sisi danau paling eksotis di Indonesia. Sebab itu pula, paras alam yang cantik merupakan potensi wisata yang juga diandalkan oleh warga desa setelah sektor pertanian dan peternakan.

Sejak masyarakat dan pengelola Bumdes giat mempercantik desa, kini sudah ada dua objek wisata di Lumban Gaol paling terkenal yakni Pantai Landai dan Tambunan Sunset Beach yang sekarang sedang kami ulaskan untuk Anda. Jangan khawatir soal fasilitas, masing-masing sudah memiliki amenitas lengkap yang siap menunjang kenyamanan Anda.

2. Keindahan Tambunan Sunset Beach

pantai tambunan sunset beach
image via wisatatobasa
Pantai Tambunan Balige merupakan tempat rekreasi yang akan memenuhi hasrat liburan Anda. Pasalnya, pengunjung tak sekedar datang, duduk dan berpangku tangan saja. Namun, mereka dapat mengisi momen kunjungan melalui kegiatan menarik.

Kawasan wisata di Tambunan Sunset Beach terbagi ke dalam beberapa area. Untuk pantainya, wisatawan dapat memilih untuk berenang atau bermain air di dua tempat berbeda, yaitu pantai berpasir putih dan pantai berlantai bata yang sudah ditata seperti pantai modern pada umumnya.

Destinasi seluas 1 hektar ini pun menyediakan jogging track. Jadi jika Anda sedang menginap di hotel balige terdekat. Mungkin Anda bisa menggunakan fasilitas olahraga itu saat pagi atau sore hari sembari menunggu kehadiran sunrise/sunset. Mengenai jam buka, pantai ini beroperasi 24 jam atau boleh dibilang seharian penuh.

3. Mengelilingi 3 Taman Unik

pantai tambunan balige
taman miniatur di pantai tambunan balige - image via boby bilyard/googlemap
Siap-siap untuk menghabiskan memory kamera kesayanganmu karena di pantai berpasir putih di Lumban Gaol ini terdapat banyak sekali spot alam dan buatan yang keren untuk dijepret. Seperti taman vegetasi dan taman miniatur.

Di taman miniatur, kalian akan menjumpai beberapa bangunan kecil atau versi mini dari rumah adat Batak Toba. Bagi turis lokal, apot ini paling disukai sebab di depan taman ini langsung terhampar danau yang menawan. Menurut kamu, sangat mengasikkan bukan?

Melangkah ke taman selanjutnya, di sini sepertinya khusus diisi dengan tanaman berwarna-warna dan aneka bunga. Koleksi tanamannya memang belum terlalu banyak. Tapi cukup bagus dan lumayan menyejukkan mata.

Butuh kegiatan lain? Coba deh mengelilingi pantai ini dengan menggunakan motor trail yang bisa disewa dari pengelola. Atau, basah-basahan sembari merasakan percik air air dengan menaiki banana boat ramai-ramai. Sudah kebayang dong gimana serunya?

Tiket Masuk dan Fasilitas

Uang masuk untuk menikmati pantai ini tidak terlalu mahal. Hanya Rp5.000 per pengunjung. Selain itu, biaya parkir cuma dibanderol mulai dari Rp3.000 per unit. Wah, murah sekali kan?

Tadi memang sudah sempat disinggung soal fasilitas. Tapi sepertinya perlu diinformasikan lagi. Barangkali, Anda akan melirik pantai ini jadi tujuan rekreasi selanjutnya. Ya, di sini kenyamanan wisatawan sangat diprioritaskan. Karena itu pula kita bisa menikmati backdrop foto, rest room dan pondok istirahat.

Fasilitas di atas akan terus ditambahi lagi mengingat pantai ini adalah unggulan wisata Desa Lumban Gaol. Perlu juga diberitahukan kalau tiket masuk yang tertera bisa saja dinaikkan pengelola pada waktu tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Lokasi

Pantai Tambunan Sunset Beach beralamat di Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara. Yuk lihat titik koordinat pada peta yang telah kami sematkan di bawah ini.


Nah, itulah dia ulasan tentang Tambunan Sunset Beach dan Desa Lumban Gaol yang bisa kalian pegang sebagai pedoman sebelum beekunjung. Jangan lupakan untuk mengikuti Instagram resmi kami di @pariwisata_sumut untuk info-info wisata terbaru.

Berlangganan via Email