Widget HTML Atas

14 Tempat Wisata di Siak Terkini & Terbaru yang Hits 2020

Menjelang hari libur, banyak dari kita menyiapkan perjalanan ke objek wisata populer sekitar Indonesia. Jika sedang menyambangi provinsi Riau, satu kabupaten untuk kamu jadikan tujuan liburan ringkas dengan ragam destinasi tempat wisata berkualitas adalah Siak.

Selaku daerah blok segitiga pertumbuhan dengan ladang minyak terluas, menyambangi tempat wisata di Siak merupakan alternatif terbaik bagi setiap warga yang punya maksud menemukan objek wisata alam, bangunan historis dan tempat populer yang bagus dikunjungi bila pertama kali liburan ke Siak.
 

Lantaran sangat variatif, kini seluruh daerah di Kabupaten Siak mempunyai objek wisata tertentu yang dapat dicocokan dengan keinginan kamu. Baik itu pantai, taman kota, pesona bahari sampai destinasi buatan yang akan membuat kamu terkagum. Maka tidak mengherankan jika sebagian besar wisatawan tak hanya berasal dari daerah ini.
 

Tempat Wisata di Siak

Terdapat beberapa objek maupun tempat yang sudah dipersiapkan oleh pemkab dan swasta, mulai dari hilir, kota hingga ke hulu yang selama ini menjadi rekomendasi para warga. Agar liburanmu semakin punya kualitas, kami pilihkan 13 Tempat Wisata di Siak yang menurut kami lokasinya wajib sekali dikunjungi.
 

Komplek Istana Siak Sri Indrapura

tempat wisata di siak

istana siak indrapura - image credit: instagram/antokenzie

Tak terhitung berapa banyak sudah wisatawan yang bepergian ke Siak demi bisa menikmati Istana Sri Indrapura yang berada di dalam wilayah kota ini. Bangunan ini memang indah dan menjadi seutas cerminan khasanah budaya Nusantara.
 
Istana Indrapura merupakan objek wisata kastil yang dibuka sebagai komplek cagar budaya. Komplek ini terdiri dari 4 istana kesultanan Siak yang dianggap bersejarah yaitu Istana Baroe, Istana Lima, Istana Panjang dan tempat itu sendiri. Keempat bangunan sangat terawat begitu juga koleksi di dalamnya.
 
Terletak di seputaran kota, istana Indrapura dapat kamu datangi dari senin sampai minggu pada jam kunjungan yang mulai dibuka sejak pukul 08 s/d 17.00. Adapun harga tiket masuk ke tempat wisata ini sebesar Rp10 ribu (turis) dan Rp5 ribu (pengunjung lokal).

Area Wisata Bunga Raya

agro wisata bunga raya, siak
Destinasi agro wisata di Bunga Raya Siak, menjadi tempat piknik terbaru yang sering digunakan untuk kegiatan berfoto oleh anak muda zaman sekarang. Seru-seruan di sini, kamu bisa asyik berselfie dengan latar belakang persawahan alam yang luas menghijau.
 
Agro Wisata Bungaraya merupakan daerah pertanian yang belakangan ini tak hanya diketahui sebagai lumbung padi saja, tetapi juga tempat rekreasi alam berkonsep unik yang didirikan pokdarwis setempat. Di daerah administrative kecamatan Bungaraya ini terdapat 4 area yang sudah bisa kamu nikmati, yaitu Taman Harmoni Raya, Taman Bunga Menara Lestari dan Agrowisata Sakabura.
 
Keempat agrowisata andalan di Siak tersebut menawarkan konsep yang sama kok. Jadi mengunjungi salah satunya saja pun sudah terasa lengkap. Kecuali kamu penasaran dan ingin mengelilingi semuanya, maka cobalah mendatangi Sakabura di awal sebelum melangkah ke destinasi lainnya.
  • Lokasi: Bunga Raya, Kabupaten Siak (peta di sini)

Pantai Mengkapan

wisata pantai mengkapan di siak - image via dudi chandra
Terdapat beberapa rekomendasi pantai indah di Siak dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Pasalnya, kabupaten ini bersisian dengan samudera laut dengan daratan yang ditumbuhi bakau. Satu diantaranya adalah Pantai Mengkapan.
 
Dipagari oleh mangrove, pantai di Siak ini layak juga untuk dikunjungi. Meski kamu tak akan menemukan banyak pasir di tepian pantainya karena tempat ini sendiri termasuk kawasan rawa. Namun sederet aktivitas seru dapat kamu coba seperti memancing, menanam pohon dan berburu kepiting.
 
Pantainya memiliki suguhan panorama laut yang menakjubkan. Pun pemandangan yang dihadirkan oleh pantai di selatan Siak ini cukup menawan. Selain melihat sunset, panorama pada saat sunrise juga bisa membuat kamu terkesima.
  • Lokasi: Desa Mengkapan, Kec. Sungai Apit, Kabupaten Siak

Taman Kota Siak Indrapura

tempat wisata di siak sri indrapura
taman kota siak sri indrapura - image via yuki febrian
Mengisi kegiatan akhir pekan di Siak dapat dengan mengunjungi obyek wisata gratis. Tapi taukah kamu jika sejumlah taman kota di Siak bisa memberikanmu hal tersebut? Ya, bermain-mainlah ke taman kota Indrapura.
 
Taman kota ini dilengkapi oleh jajanan kuliner dan spot WiFi. Fasilitasnya yang lebih dari cukup sangat cocok jadi destinasi alternatif di tengah suasana hiruk pikuk kota Indrapura. Terdapat sarana lain yang dapat kamu pergunakan sebagai pengisi wisata sore bersama keluarga. Yaitu bermain di arena permainan outdoor bareng si kecil.
 
Ciri khas di taman kota Siak ialah areanya yang terhubung dengan beberapa bangunan heritage bernilai budaya. Itu artinya, kamu tak hanya bisa berjalan-jalan di tamannya saja, namun bisa mengexplor spot lainnya di seputaran kota.

Jembatan Tengku Agung Syaifah Latifah

tempat wisata di siak
image via mahdianta pandia
Jangan kaget jika Jembatan Tengku Agung Syaifah ini adalah markah, atau disebut juga ikon pariwisata utama di Kab. Siak. Ada apa gerangan dengan jembatan penghubung antara Kecamatan Mempura dan Desa Rawang Air Putih tersebut?
 
Sesuai dengan namanya yang begitu ikonik, nama obyek wisata ini sendiri diambil dari gelar permaisuri Sultan Syarif Kasim 2. Seorang tokoh terpandang dan dihormati oleh masyarakat Siak.
 
Kelebihan lain yang dipunya Jembatan Tengku Agung Syaifah Latifah tentu dari perspektif dan pola bangunannya. Jembatan terpanjang di Provinsi Riau ini sangat modern. Apalagi dibuat melintas di atas sungai siak yang fenomenal. Pengunjung bisa sekaligus menikmati pemandangan sungai dan kokohnya jembatan tersebut.
  • Alamat: Sungai Mempura, Kecamatan Mempura, Siak

Air Mancur Zapin Menari

tempat wisata di siak
image credit: googlemap/tengkusaid
Diiringi musik tradisional khas Siak, kamu harus meluangkan waktu dengan berwisata malam ke Taman Mahratu. Soalnya, terdapat atraksi air mancur dengan kerlap-kerlip lampu penuh warna yang dipertunjukkan setiap malam sabtu dan minggu.
 
Waktu terbaik untuk melihat Air Mancur Zapin Menari adalah pada pukul sembilan ke atas. Karenanya, selalu upayakan datang lebih awal. Sembari menunggu atraksi air dengan tata cahaya yang setiap detiknya memanjakan mata, kamu boleh bersenang-senang dengan menaiki mobil-mobilan, becak mini atau dunia balon.
  • Alamat: Jalan Sultan Ismail, Kampung Dalam, Siak Regency

Tangsi Belanda

tempat wisata di siak
tangsi belanda, lokasi jalan benteng hulu, mempura, siak - image via masyhuri ali
Di Siak sendiri, kamu tak perlu ragu soal wisata sejarah. Bila berkenan, mampir saja ke Tangsi Belanda di kec. Benteng Hulu yang menurut warga lokal merupakan bekas benteng peninggalan kolonial satu-satunya di 'Kota Matahari Timur".
 
Terdiri dari 7 gedung, Tangsi Belanda tersebut sebetulnya tak lagi utuh. Sebagian unit bangunannya sudah acak-acakan, baik pada bagian depan maupun luarnya. Uniknya, tembok bangunan terlihat masih saja kokoh meski usianya sudah cukup tua.
 
Jika targetmu dari awal memang mencari tempat wisata budaya dan sejarah. Tentu kami sangat merekomendasikanmu datang kemari. Jangan kelupaan untuk menyediakan memori kamera travelingmu yang banyak buat foto-foto vintage ya!
  • Lokasi: Jl. Benteng Hulu, Kecamatan Mempura

Balai Kerapatan Adat Tinggi Siak

tempat wisata di siak
image via pesona-riau-blogspot.com
Merupakan bangunan tradisional bertingkat dua, Balai Kerapatan Adat didirikan pada pertengahan tahun 1886. Sama seperti Istana Darul Arif, pun balai ini dahulu fungsinya untuk perjamuan, musyawah adat dan tempat berkumpulnya para datuk empat suku. 
 
Keunikan di Balai Kerapatan akan terlihat saat kita berdiri di bagian depan yang berseberangan dengan jalan raya. Dimana untuk masuk ke dalam balai, terdapat tangga-tangga yang aksesnya langsung tembus ke lantai dua.
 
Balai Kerapatan Adat ini berada di Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak. Perlu dicatat kalau destinasi budaya tersebut masih difungsikan sampai sekarang.  Agar tak mengganggu aktivitas di dalamnya, pengunjung diharapkan tak membuat keriuhan.

Danau Naga Sakti

tempat wisata di siak
image via ge jn/googlemap
Bagi kamu yang sepertinya lebih punya ketertarikan ke tempat wisata berbau alam, sangat disarankan untuk meluangkan waktu agar bisa mengunjungi Danau Naga Sakti. Selain indah dengan panoramanya yang asri, terdapat beberapa atraksi super seru untuk kamu lakuin.
 
Atraksi di Danau Naga Sakti tersebut di antaranya ialah menaiki rakit untuk berkeliling seputaran danau, bermain air dan camping. Danau ini juga menawarkan saung atau tempat bersantai yang bisa dipilih jika liburan bersama keluarga. Kawula muda? Nih lokasi camping yang wajib kamu masukin ke list.
  •  Lokasi: Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Kab. Siak

Kapal Kato Sultan Siak

tempat wisata di siak
image via goriau.com
Masih banyak sekali tempat historis yang diwariskan pada masa kejayaan Kesultanan Siak, termasuk Kapal Kato yang merupakan kapal laut kerajaan dengan bobot seberat 16 ton. Sekarang kapal ini sudah tak lagi dioperasikan namun dipajang di Jalan Sultan Dalam.
 
Ibarat terdampar di tepi jalan Siak, kapal sepanjang 15 meter tersebut dijadikan sebagai monumen peringatan bermuatan sejarah. Pada masanya, kapal Kato dahulu sering dipakai oleh Sultan Siak ketika akan melawat ke wilayah kuasanya yang terletak di seberang sungai.
  • Lokasi Sri Indrapura, Kp. Dalam, Siak

Queen Star Waterpark

tempat wisata di siak
queen star waterpark siak
Jika kamu mendengar nama Queen Star Waterpark pasti tahu betul kalau tempat ini adalah taman wisata air. Yap, Queen Star merupakan tempat rekreasi waterpark di kota Siak yang cukup ternama. Areanya bisa dibilang sangat luas dan penuh dengan permainan.
 
Kamu bisa mengitari Queen Star Waterpark sambil mencari wahana yang cocok untukmu. Sebut saja kolam renang, berbagai macam wahana dan sederet gazebo untuk kamu bersantai. Menariknya lagi, tempat wisata ini menjadi salah satu spot rekreasi yang lumayan ramai dikunjungi oleh sejumlah wisatawan.
 
Tiket masuk ke obyek wisata rekreasi di Siak ini sangat terjangkau. Harga masuknya Rp25.000 per orang, HTM tersebut sama ketika weekday ataupun weekend. Kamu juga akan difasilitasi aneka permainan seru yang bikin lupa waktu lho!
  • Lokasi: Jl. Lintas Sumatra, Kampung Rempak, Siak, Kabupaten Siak, Riau.

Tepian Bandar Sungai Jantan

tempat wisata di siak
tepian bandar sungai jantan - image via khairunsah danil
Menjadi objek wisata paling ikonik di Kabupaten Siak membuat Tepian Bandar Sungai Jantan tak boleh dilewatkan begitu saja. Banyak sekali wisatawan luar singgah ke objek wisata tersebut karena lokasinya memang punya pesona tersendiri.
 
Di Tepian Bandar Sungai Jantan disediakan spot yang sangat Instagramable. Meski sudah dirancang begitu modern, destinasi ini bisa dikatakan sangat kreatif sehingga kamu mudah mendapatkan foto terbaik. Tanbah lagi udara sejuk dan segar seolah ikut mendukung kenyamanan pengunjung.
 

Masjid Syahabuddin

tempat wisata di siak
image credit: instagram.com/kopijambi
Masjid Raya Syahabuddin merupakan wisata religi di Siak yang didirikan pada 1926 silam. Masjid bercorak kuning dengan arsitektur ini sudah dipugar pada 1882. Jika dahulu bangunannya terbuat dari kayu, kini sudah diubah lebih modern dan permanen.
 
Masjid Raya Siak terletak di sebelah makam Sultan Syarif Kasim II dan permainsurinya. Destinasi religi ini pun telah ditetapkan menjadi cagar budaya Riau. Kamu tak perlu mengeluarkan tiket masuk jika ingin mendatangi tempat bersejarah ini lho!
 
Setelah mendapatkan informasi mengenai tempat wisata di Siak yang menarik di atas. Segera diskusikan kepada teman, keluarga atau pasangan yang akan kamu ajak berlibur ke kabupaten Siak ya. Selamat berlibur!

Berlangganan via Email