Widget HTML Atas

Dermaga Tepian Mahligai - Tiket Masuk, Aktivitas Lokasi & 7 Gambar Wisata

Nama Dermaga Tepian Mahligai merupakan akronim dari objek wisata yang mencakup Taman Seribu Bunga, Desa Pulau Gadang dan PLTA Koto Panjang. Keunggulan dari kawasan wisata tersebut adalah kondisi alam yang indah, dengan beragam atraksi menarik. Daya tarik itu membuat kawasan ini rutin dikunjungi wisatawan lokal Kampar di musim liburan.
 
lokasi: dermaga tepian mahligai, kampar, riau - image via: novrikumbara
Kondisi kawasan wisata yang atraktif didukung dengan akses jalan di sekitar menciptakan pesona ekslusif. Ditambah lagi ketersediaan spot bersantai dan foto yang turut melengkapi pesonanya. Selain jembatan terapung dengan panjang 100 meter di atas danau, terdapat banyak wahana menyenangkan di seputar dermaga ini.
 
Dermaga Tepian Mahligai patut menjadi tujuan wisata favorit bagi kawula muda maupun keluarga. Kondisi objek wisata dengan wahana yang terus diperbarui otomatis membuat destinasi ini sangat layak dikunjungi. Mulai dari kolam renang, pantai buatan, taman hingga spot instagramable, berikut adalah info objek wisata yang akan kamu temui di sana!
 

Tiket Masuk Tepian Mahligai

Untuk bisa masuk ke dermaga Tepian Mahligai, setiap pengunjung diwajibkan membayar tiket dan biaya parkir kendaraan. Per orang dikenai tiket dengan harga sebesar Rp5.000. Sementara bagi wisatawan yang berkendara pribadi, wajib mengeluarkan sewa parkir sebesar Rp3.000/motor (roda dua dan Rp5.000/mobil (roda empat).
 
Harga tiket masuk tersebut memang cukup murah, wajib diperhatikan seksama jika biaya yang disebutkan belum termasuk menikmati semua wahana permainan. Sedangkan bagi yang ingin bersantai di gazebo atau naik perahu ke pulau sebrang perlu merogoh kocek lagi.
 
Spot gratis yang dapat dinikmati tanpa tambahan biaya yaitu jembatan terapung, pinggir dermaga dan kursi santai. Namun tampaknya, biaya tersebut belum berubah dibanding tahun sebelumnya, terhitung sejak kawasan wisata ini diresmikan pada tahun 2017 lalu.
 

Lokasi Tepian Mahligai

image via wirdatul hasanah
Berlibur mengunjungi Tepian Mahligai sendiri tidaklah sukar, bahkan sangat gampang. Anda dapat menemukan lokasinya di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Silahkan lihat rute dan petanya di sini.
 
Lokasi kawasan wisata ini akan melalui PLTA Koto Panjang. Setelah menempuh jarak 45 kilometer, barulah tiba di tujuan yang dimaksud yaitu Dermaga  Tepian Mahligai. Di sana sudah didirikan gapura selamat datang yang menjadi markah kawasan wisata ini.
 
Bagi pengunjung domestik yang berasal dari luar wilayah, Anda bisa mengambil lajur jalan dari Pekanbaru. Kemudian pilih rute tercepat via Jalan Lintas Bangkinang - Payakumbuh. Dimana kurun waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3 jam.
 

Jam Buka Dermaga Tepian Mahligai

Objek wisata yang semula merupakan bekas perkebunan karet ini sudah dibuka dari pukul 09.00 pagi dan ditutup sore harinya pada pukul 18.00. Untuk pecinta camping, kalian bisa menghabiskan malam di tempat yang sudah ditentukan.
Baca Juga: 17 Tempat Wisata di Simalungun
Waktu terbaik mengunjungi wisata Dermaga Tepian Mahligai yaitu hari sabtu dan minggu. Tidak hanya saat weekend, Anda pun bisa kok mendatangi dermaga tersebut saat weekday.
 

Aktivitas di Objek Wisata Tepian Mahligai

Kawasan wisata ini memiliki 4 atraksi wisata yakni zona rekreasi, bumi perkemahan, taman bunga dan danau. Semua zona ramah bagi anak-anak, keluarga dan wisatawan umum. Setiap wilayah menawarkan kegiatan yang menyenangkan.
 

1. Taman Wisata Seribu Bunga

tepian mahligai
taman seribu bunga menjadi objek wisata favorit di tepian mahligai
Taman Wisata Seribu Bunga di Tepian Mahligai menjadi obyek wisata paling menarik di areanya. Spot-pot menarik sengaja dibangun pengelola agar pengunjung dapat berfoto sepuasnya sembari menyusuri setiap area yang Instagramable. Menyusuri taman dapat kamu lakukan dengan berjalan kaki.
 
Ada gerbang atau gapura yang dihias dengan tumbuhan hias, lorong jalan, tangga aestetik dan backdrop payung berwarna-warni. Semua spot unik tersebut kerap dijadikan wisatawan sebagai latar berswafoto bersama teman, keluarga maupun orang tercinta. Sering juga menjadi tempat foto prewedding.
 
Meskipun dinamai Taman Wisata Seribu Bunga, namun varietas bunga yang dibudidayakan di sana belum bisa dikatakan banyak. Beberapa tanaman hias yang sudah tumbuh subur didominasi oleh Bugenvil, Morning Glory, Common Ivy dan Kembang Sepatu.

2. Bermain Wahana Air

rekreasi air menjadi andalan kawasan wisata ini
Selain menikmati suasana taman, pengunjung tentu bisa menghabiskan liburan dengan mencoba bermain wahana air. Pasalnya, di sini tersedia beberapa permainan yang aman digunakan sebagai wahana rekreasi dan olahraga. Lokasinya persis di tepi danau yang tenang.
 
Wisatawan dapat menghibur diri dengan sederet aktivitas yang tak terlupakan, sebut saja bermain perahu bebek, balon air atau perahu kecil yang disewakan pengelola. Wahana di kawasan wisata ini menjadi pilihan tepat jika kamu ingin seru-seruan.
 
Namun bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berbeda, Tepian Mahligai sudah menyiapkan wahana rekreasi di area darat, salah satunya Motor ATV. Nah, kamu akan diajak berkeliling sambil menikmati sepoi angin yang berhembus dari danau.
 

3. Berkemah dan Pesta Api Unggun

image via ajipamungkas lala/googlemap
Lain hal jika pengunjung tertarik untuk bermalam di kawasan wisata ini. Maka, para pengunjung dapat memilih lokasi camping yang berada di arah utara. Dengan begitu, pengunjung akan mendapatkan bonus bermalam ditemani bintang dan udara yang menyejukkan.
 
Bonusnya tak hanya itu, kamu bisa menyaksikan matahari terbenam pada sore hari. Wah, asyik banget, kan? Untuk mengisi kekosongan dan menjaga liburanmu tetap happy, mengadakan pesta api unggun sepertinya tak boleh dilupakan. Menjelang subuh, kamu dapat menikmati matahari terbit di pagi harinya.
 
Kendati di sana belum ada villa atau sarana penginapan. Tetapi bermalam di tenda sudah seperti menikmati kamar hotel bintang 5, lho! Tak percaya? Kamu bisa mencobanya sendiri. Dijamin bikin ketagihan.
 

4. Wisata Kuliner

Siapa yang lapar setelah mengemasi peralatan berkemah? Tenang saja, kamu tak akan kesulitan mencari tempat makan di sini. Sebab di sini sudah tersedia spot kuliner yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi perut yang lapar.
 
Wisata kuliner di sana memang tak begitu khas, hanya olahan makanan yang biasa kita jumpai seperti Pop Mie, Nasi Goreng dan lainnya. Jadi jangan berharap menemukan makanan khas Kampar seperti Kue Palito, Sate Ocu dan Gulai Asam Pedas.
 

Fasilitas Dermaga Tepian Mahligai

Sebagai sebuah kawasan wisata yang terus berkembang, fasilitas yang disediakan bisa dikatakan sudah maksimal. Selain spot berfoto, di kawasan wisata ini tersedia area parkir kendaraan, gazebo, cafe untuk kulineran dan area camping

Walaupun sudah sangat memadai, pengelola terus berencana menambah fasilitas di objek tersebut. Sehingga semua wisatawan semakin nyaman beraktivitas disana. Hal itu sebenarnya tak lepas dari tingginya kunjungan wisatawan yang memang terus saja meningkat.
 
Demikian ulasan ringkas dari pariwisatasumut.net terhadap Dermaga Tepian Mahligai di Kampar, Provinsi Riau ini. Mungkin kamu tertarik mengadakan kunjungan ke sana akhir tahun ini. Jadi rencana perjalanan dan info mengenai obyek menarik sudah kamu ketahui lebih awal.

Berlangganan via Email