Top Ad unit 728 × 90

17 Tempat Wisata di Simalungun yang Harus Kamu Jelajahi

Tempat Wisata di Simalungun - Selain Parapat dan Bukit Indah Simarjarunjung, ada banyak wisata di Simalungun. Ya, kabupaten di Sumatera Utara yang kaya akan destinasi mulai dari alam, budaya hingga sejarah ini memang sudah terkenal sejak dahulu.

Simalungun sangat kaya akan alam dan budaya apalagi kawasannya yang tergolong strategis dan berbatasan dengan sederet kabupaten. Wajar jika Simalungun pantas dijuluki sebagai salah satu surga wisata di Sumatera Utara.

Dengan Ibukota Pematangraya dan memiliki luas wilayah mencapai 483 ribu hektar. Ada banyak objek wisata baru di Simalungun yang memesona. Namun objek wisata lama di kabupaten yang punya slogan 'Habonaran Do Bona' ini tak kalah keren kok, apa saja?

1. Umbul Manigom Nauli
Pemandian alam Simalungun ini berada di Desa Nagori Tiga Dolok, Kecamatan Panribuan. Kejernihan air yang menyebul dari bebatuan dan kealamian Umbul Manigom sempat viral di media sosial. Dari kota Medan ke Umbul Manigom membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan, Aksesibilitas belum cukup memadai, jadi lebih baik menggunakan kenderaan roda dua.

Baca juga: Pemandian Aek Manigom di Simalungun

umbul manigom foto by @van_rino_manggor
2. Bah Damanik
Dari sekian objek wisata di kabupaten yang terdiri dari 31 kecamatan ini, Bah Damanik yang berada di Desa Ambarisan, Sidamanik ini sudah terlebih dahulu populer pada 2012 lalu. Para pengunjung biasanya diwajibkan membayar retribusi sebesar rp5.000 di luar biaya parkir.

bah damanik foto by: @ricoperdana1304
3. Perkebunan Teh Sidamanik
Panorama bak permadani hijau di Perkebunan Teh Sidamanik tak kalah instagramable. Lokasinya yang berada di jalan lintas serta dekat pula dari Bah Damanik membuat salah satu perkebunan teh tertua di Pulau Sumatra ini layak dimasukkan ke dalam itinerary untuk 1 hari tour di Simalungun. Para pengunjung tidak dipungut retribusi kok, jadi kamu bisa bebas berfoto. 
 
sidamanik tea plantation foto by: @siska_chiko95
4. BIS - Bukit Indah Simarjarunjung
Berada di areal perbukitan dengan pemandangan Danau Toba ditambah beragam spot foto menarik menjadi alasan mengapa Bukit Indah Simarjarunjung tak butuh waktu lama untuk terkenal. Retribusi masuk BIS sekitar Rp10.000/orang, namun belum termasuk biaya untuk berfoto di spot. Dari lokasi ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Toba, pengelola juga menyediakan tempat untuk berkemah.

bukit indah simarjarunjung (bis) foto @raymonddiazsitorus05
5. Bukit Senyum
Lain hal jika kamu butuh lokasi untuk camping di Simalungun, maka Bukit Senyum bisa jadi pilihan. Meski jarang terdengar, Bukit Senyum cukup menarik untuk dijelajah, sepanjang mata memandang, permukaan Danau Toba terlihat bak permadani. Hunting sunset dan sunrise oke banget!. Kerennya lagi, tak ada biaya masuk ke tempat ini lho!.

bukit senyum parapat foto by @mnuryasin_arsah
6. Rumah Bung Karno
Di balik pertumbuhan pariwisata Parapat, ada satu rumah tua di pinggiran Danau Toba yang dahulu digunakan sebagai tempat tinggal oleh Bung Karno. Arsitektur masih tetap terjaga, design unik ala Rumah Belanda tetap dipertahankan. Untuk memasuki rumah ini, kamu tak perlu mengeluarkan budget, cukup minta izin kepada penjaga saja.

rumah pengasingan bung karno foto by @indrastobh
7. Air Terjun Jambuara
Terletak di Desa Aek Komangin, Hatonduhan, Jambuara cocok bagi para adventurer karena akses menuju lokasi yang cukup menantang. Aliran airnya masih tergolong rata-rata kok, jadi kamu bisa mandi atau sekedar menikmati udara segar serta pemandangan yang pasti memukau.

Baca: Telusur Keindahan Air Terjun Jambuara

air terjun jambuara foto by: @novesaragih
8. Sipolha Horison
Terletak di Desa Repa, Simalungun, Sipolha Horizon punya spot wisata paling keren karena keberadaan areal perbukitan yang menjorok ke kawasan Danau Toba. Dari Sipolha ini, sebuah pulau juga tampak di kejauhan. Untuk foto pre-wedding, mungkin kamu bisa jadikan Sipolha sebagai referensi.

Baca: Keindahan Sipolha Horizon di Simalungun

sipolha horison foto by: @nandomanik16
9. Air Terjun Tarak Ni Onggang
Mau yang menantang? kamu bisa coba air terjun setinggi 50 meter ini yang berlokasi di Desa Dalig Raya. Suasana di Air Terjun Tarak Ni Onggang masih sangat asri. Dengan trek cukup menantang, Tarak Ni Onggang cukup potensial untuk dikembangkan.  

Baca: Riuh Pesona Air Terjun Tarak Ni Onggang di Simalungun

air terjun tarak ni onggang - foto: @danielaritonang
10. Air Terjun Sipitu Tikka
Kalau yang satu ini ada di Hatonduhan, tepatnya di Desa Buntu Turunan. Terdiri dari 2 air terjun yang saling berdekatan. Namun sayang, lokasinya yang berada di areal pertambangan terbuka membuat tidak sembarang orang bisa masuk, harus izin dulu nih.

Baca: Wisata Air Terjun Sipitu Tikka Hantonduhan di Simalungun

air terjun sipitu tikka foto by: @renosiregar
11. Rumah Bolon Pematang Purba
Berwisata budaya ke Simalungun kurang lengkap rasanya jika tak menginjakkan kaki ke areal Jabu Bolon Pematang Purba. Ya, peninggalan kerajaan Simalungun ini terdiri dari 7 buah bangunan. Dibangun pada 1864 silam oleh Tuan Rahalim yang kala itu menjabat sebagai raja ke-12 di Purba.

rumah bolon pematangpurba - foto: Gérard Peeters
12. Air Terjun Bah Biak
Dari Perkebunan Teh Sidamanik, tak butuh waktu lama ke Air Terjun Bah Biak lantaran berada di lokasi yang sama. Nah wisata air terjun Simalungun ini paling pas untuk liburan keluarga. Disini kamu bisa mandi-mandi atau berselfie ria, patut dicoba!

Baca: Keindahan Air Terjun Bah Biak di Sidamanik 

air terjun bah biak sidamanik foto by @bandoeng-87
13. Aek Simata Huting
Berdekatan dengan Pemandian Bah Damanik, Aek Simata Huting bisa jadi opsi lain jika Bah Damanik lagi dipadati pengunjung. Kalau soal jernih, meski kolamnya tergolong kecil tetapi tak jauh beda kok dengan Damanik.

Baca: 7 Pemandian Alam di Simalungun


14. Haranggaol Horison
Mau lihat tempat raja-raja Batak tempo dulu liburan? nah coba ke Haranggaol Horison. Karena teduh dan damai, tempat ini dahulu kerap jadi tempat rekreasi raja-raja Batak. Meski sekarang sudah dipadati keramba, Haranggaol sebenarnya punya pemandangan yang menarik. Lagi pula, Haranggaol masuk kawasan geosite Geopark Kaldera Toba lho!.

haranggaol horison foto by @dapothsinaga
15. Tangkahan Bah Alip
Satu lagi pemandian di Simalungun bernama Tangkahan Bah Alip yang cuma butuh 5 jam perjalanan dari Kota Medan. Terletak di Desa Parmonangan, air di Bah Alip berwarna hijau toscha dan masih sepi pengunjung. Baca: Tangkahan Bah Alip di Simalungun

tangkahan bah alip foto by @zulpan_ritonga
16. Tinggi Raja
Sejak dibuka beberapa tahun silam, objek wisata Tinggi Raja langsung ramai dikunjungi wisatawan, bahkan dari luar provinsi Sumut. Tinggi Raja terdiri dari beberapa spot mulai dari pemandian air belerang, kawah putih hingga pemandian alam. Namun, pengembangannya masih terkendala lantaran masuk kawasan cagar alam di Sumatera Utara. Walaupun demikian, kamu tetap bisa kok berkunjung ke sini.


17. Kawasan Wisata Parapat
Parapat sejak lama sudah sangat populer di Indonesia, ketersediaan akomodasi hotel/penginapan serta akses penghubung Simalungun dan Samosir membuat pertumbuhan pariwisata di Parapat cukup pesat. Terkait Parapat, team kami telah membuat ulasan tersendiri dan dapat kamu baca di: 8 Tempat Wisata di Parapat, Kota Kecil di Tepian Danau Toba.


Dari 17 tempat wisata di Simalungun yang sudah dipaparkan di atas, objek mana saja yang sudah kamu jelajah? Jangan lupa untuk langsung follow akun Instagram kita di @pariwisata_sumut untuk update informasi terkait objek wisata dan destinasi di Sumatera Utara. (AN/PSN)
17 Tempat Wisata di Simalungun yang Harus Kamu Jelajahi Reviewed by pariwisata Sumut Net on October 15, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.