Widget HTML Atas

17 Tempat Wisata di Simalungun yang Harus Kamu Kunjungi

Selain Parapat dan Bukit Indah Simarjarunjung, ada banyak obyek wisata di Kabupaten Simalungun yang tersebar di wilayah seluas 4.387 km2 dan berada di Sumatera bagian Utara ini. Ya, beragam destinasi mulai dari pesona alam, ragam budaya hingga sejarah dapat dengan mudah kamu temukan di Simalungun.

Berdekatan dengan Pemko Siantar membuat kedua wilayah ini kerap dianggap sama. Padahal, baik Pematangsiantar maupun Pemkab Simalungun jelas berbeda, terlihat dari sistem pemerintahan yang berlaku di masing-masing daerah. Namun, tidaklah dapat disangkal jika ada sederet tempat wisata di Simalungun dan Siantar yang lokasinya saling berdekatan.

17-tempat-wisata-di-simalungun-yang-harus-kamu-kunjungi
wisata simalungun

Tempat Wisata di Kabupaten Simalungun

Dengan ibukota Pematangraya dan menyandang predikat sebagai 1 dari 8 kabupaten yang mendiami Danau toba, Simalungun kerap dijuluki surga wisata populer di Sumut. Apalagi sektor pariwisata di daerah ini memang berkembang cukup pesat. Terbukti dari kemunculan sederet destinasi hits dan instagenic yang selalu diramaikan oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah lain serta turis mancanegara. Nah, berikut ini 17 tempat wisata di Simalungun yang harus kamu kunjungi jika jadwal traveling time sudah di depan mata.

1. Umbul Manigom Nauli

umbul manigom foto by @van_rino_manggor
Pemandian alam Simalungun ini berada di Desa Nagori Tiga Dolok, Kecamatan Panribuan. Kejernihan air yang menyebul dari bebatuan dan kealamian Umbul Manigom sempat viral di media sosial. Dari kota Medan ke Umbul Manigom membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan, Aksesibilitas belum cukup memadai, jadi lebih baik menggunakan kenderaan roda dua.

Baca juga: Pemandian Aek Manigom di Simalungun

2. Bah Damanik

bah damanik foto by: @ricoperdana1304
Dari sekian objek wisata di kabupaten yang terdiri dari 31 kecamatan ini, Bah Damanik yang berada di Desa Ambarisan, Sidamanik ini sudah terlebih dahulu populer pada 2012 lalu. Para pengunjung biasanya diwajibkan membayar retribusi sebesar rp5.000 di luar biaya parkir.

3. Perkebunan Teh Sidamanik

sidamanik tea plantation foto by: @siska_chiko95
Panorama bak permadani hijau di Perkebunan Teh Sidamanik tak kalah instagramable. Lokasinya yang berada di jalan lintas serta dekat pula dari Bah Damanik membuat salah satu perkebunan teh tertua di Pulau Sumatra ini layak dimasukkan ke dalam itinerary untuk 1 hari tour di Simalungun. Para pengunjung tidak dipungut retribusi kok, jadi kamu bisa bebas berfoto. 
 

4. BIS - Bukit Indah Simarjarunjung

bukit indah simarjarunjung (bis) foto @raymonddiazsitorus05
Berada di areal perbukitan dengan pemandangan Danau Toba ditambah beragam spot foto menarik menjadi alasan mengapa Bukit Indah Simarjarunjung tak butuh waktu lama untuk terkenal. Retribusi masuk BIS sekitar Rp10.000/orang, namun belum termasuk biaya untuk berfoto di spot. Dari lokasi ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Toba, pengelola juga menyediakan tempat untuk berkemah.

5. Bukit Senyum

bukit senyum parapat foto by @mnuryasin_arsah
Lain hal jika kamu butuh lokasi untuk camping di Simalungun, maka Bukit Senyum bisa jadi pilihan. Meski jarang terdengar, Bukit Senyum cukup menarik untuk dijelajah, sepanjang mata memandang, permukaan Danau Toba terlihat bak permadani. Hunting sunset dan sunrise oke banget!. Kerennya lagi, tak ada biaya masuk ke tempat ini lho!.

6. Rumah Bung Karno Parapat

rumah pengasingan bung karno foto by @indrastobh
Di balik pertumbuhan pariwisata Parapat, ada satu rumah tua di pinggiran Danau Toba yang dahulu digunakan sebagai tempat tinggal oleh Bung Karno. Arsitektur masih tetap terjaga, design unik ala Rumah Belanda tetap dipertahankan. Untuk memasuki rumah ini, kamu tak perlu mengeluarkan budget, cukup minta izin kepada penjaga saja.

7. Air Terjun Jambuara

air terjun jambuara foto by: @novesaragih
Terletak di Desa Aek Komangin, Hatonduhan, Jambuara cocok bagi para adventurer karena akses menuju lokasi yang cukup menantang. Aliran airnya masih tergolong rata-rata kok, jadi kamu bisa mandi atau sekedar menikmati udara segar serta pemandangan yang pasti memukau.

Baca: Telusur Keindahan Air Terjun Jambuara

8. Sipolha Horison

sipolha horison foto by: @nandomanik16
Terletak di Desa Repa, Simalungun, Sipolha Horizon punya spot wisata paling keren karena keberadaan areal perbukitan yang menjorok ke kawasan Danau Toba. Dari Sipolha ini, sebuah pulau juga tampak di kejauhan. Untuk foto pre-wedding, mungkin kamu bisa jadikan Sipolha sebagai referensi.

Baca: Keindahan Sipolha Horizon di Simalungun

9. Air Terjun Tarak Ni Onggang

air terjun tarak ni onggang - foto: @danielaritonang
Mau yang menantang? kamu bisa coba air terjun setinggi 50 meter ini yang berlokasi di Desa Dalig Raya. Suasana di Air Terjun Tarak Ni Onggang masih sangat asri. Dengan trek cukup menantang, Tarak Ni Onggang cukup potensial untuk dikembangkan.  

Baca: Riuh Pesona Air Terjun Tarak Ni Onggang di Simalungun

10. Air Terjun Sipitu Tikka

air terjun sipitu tikka foto by: @renosiregar
Kalau yang satu ini ada di Hatonduhan, tepatnya di Desa Buntu Turunan. Terdiri dari 2 air terjun yang saling berdekatan. Namun sayang, lokasinya yang berada di areal pertambangan terbuka membuat tidak sembarang orang bisa masuk, harus izin dulu nih.

Baca: Wisata Air Terjun Sipitu Tikka Hantonduhan di Simalungun

11. Rumah Bolon Pematang Purba

rumah bolon pematangpurba - foto: GĂ©rard Peeters
Berwisata budaya ke Simalungun kurang lengkap rasanya jika tak menginjakkan kaki ke areal Jabu Bolon Pematang Purba. Ya, peninggalan kerajaan Simalungun ini terdiri dari 7 buah bangunan. Dibangun pada 1864 silam oleh Tuan Rahalim yang kala itu menjabat sebagai raja ke-12 di Purba.

12. Air Terjun Bah Biak

air terjun bah biak sidamanik foto by @bandoeng-87
Dari Perkebunan Teh Sidamanik, tak butuh waktu lama ke Air Terjun Bah Biak lantaran berada di lokasi yang sama. Nah wisata air terjun Simalungun ini paling pas untuk liburan keluarga. Disini kamu bisa mandi-mandi atau berselfie ria, patut dicoba!

Baca: Keindahan Air Terjun Bah Biak di Sidamanik 

13. Aek Simata Huting

Berdekatan dengan Pemandian Bah Damanik, Aek Simata Huting bisa jadi opsi lain jika Bah Damanik lagi dipadati pengunjung. Kalau soal jernih, meski kolamnya tergolong kecil tetapi tak jauh beda kok dengan Damanik.

14. Haranggaol Horison

haranggaol horison foto by @dapothsinaga
Mau lihat tempat raja-raja Batak tempo dulu liburan? nah coba ke Haranggaol Horison. Karena teduh dan damai, tempat ini dahulu kerap jadi tempat rekreasi raja-raja Batak. Meski sekarang sudah dipadati keramba, Haranggaol sebenarnya punya pemandangan yang menarik. Lagi pula, Haranggaol masuk kawasan geosite Geopark Kaldera Toba lho!.

15. Tangkahan Bah Alip

tangkahan bah alip foto by @zulpan_ritonga
Satu lagi pemandian di Simalungun bernama Tangkahan Bah Alip yang cuma butuh 5 jam perjalanan dari Kota Medan. Terletak di Desa Parmonangan, air di Bah Alip berwarna hijau toscha dan masih sepi pengunjung. Baca: Tangkahan Bah Alip di Simalungun

16. Kawah Putih Tinggi Raja

tinggi raja
Sejak dibuka beberapa tahun silam, objek wisata Tinggi Raja langsung ramai dikunjungi wisatawan, bahkan dari luar provinsi Sumut. Tinggi Raja terdiri dari beberapa spot mulai dari pemandian air belerang, kawah putih hingga pemandian alam. Namun, pengembangannya masih terkendala lantaran masuk kawasan cagar alam di Sumatera Utara. Walaupun demikian, kamu tetap bisa kok berkunjung ke sini.

17. Kawasan Wisata Parapat

parapat
Parapat sejak lama sudah sangat populer di Indonesia, ketersediaan akomodasi hotel/penginapan serta akses penghubung Simalungun dan Samosir membuat pertumbuhan pariwisata di Parapat cukup pesat. Terkait Parapat, team kami telah membuat ulasan tersendiri dan dapat kamu baca artikelnya di: Tempat Wisata di Parapat.

Dari 17 tempat wisata di Simalungun yang sudah dipaparkan di atas, objek mana saja yang sudah kamu jelajah? Jangan lupa untuk langsung follow akun Instagram kita di @pariwisata_sumut untuk update informasi terkait objek wisata dan destinasi di Sumatera Utara. (AN/PSN)