Widget HTML Atas

8 Hotel & Homestay di Sawahlunto Harga Rekomended

Sawahlunto sudah menjadi suatu kota di Sumatera Barat yang ramai akan pengunjung. Dimana hal tersebut berpengaruh banyak terhadap kemunculan sederet akomodasi prestisius. Sebut saja homestay, penginapan bahkan hotel di Sawahlunto yang jumlahnya terus bertambah.
 
Dikenal sebagai kota pertambangan dan heritage, Sawahlunto hanya memiliki luas 273,3 km2. Hal itu menjadikan semua hotel dan penginapan terpusat di wilayah perkotaan Sawahlunto. Namun beberapa diantaranya dekat dari destinasi wisata Sawahlunto seperti di Talawi, Lembah Segar dan Silungkang sehingga Anda bisa mengeksplornya.
 
Harga rata-rata hotel di Sawahlunto per malam untuk tipe homestay adalah 200 ribu sedangkan penginapan dibanderol 400 ribu. Tarif di atas bisa lebih murah ataupun sebaliknya tergantung high/low season dan fasilitas.
 
Untuk kamu yang berlibur ke Sawahlunto barangkali sedang mencari info mengenai homestay murah. Dan mungkin daftar akomodasi yang terangkum dalam ulasan daftar berikut dapat menjadi preferensi. Apa saja ya? Dibawah ini ulasan detailnya.
 

1. Inna Ombilin Heritage

image via @innaombilin
Salah satu hotel representatif di Sawahlunto adalah Inna Ombilin Heritage. Terletak di Kecamatan Lembah Segar, Sumatera Barat. Penginapan yang menyuguhkan pemandangan kota yang indah ini adalah akomodasi di bawah naungan management BUMN.
 
Begitu memasuki Inna Ombilin Heritage, Anda akan terkesima oleh properti bangunan yang futuristik. Setiap sudut akomodasi dari ruang tunggu, restoran hingga ke dalam bagian kamar terlihat tertata begitu rapi sehingga memberi kesan istimewa.
 
Hotel ini dekat sekali dengan 2 danau di Sumatera Barat yang bisa Anda hampiri sesudah check-in. Dan, hanya berjarak 18 km dari Terminal Bareh Solok. Untuk harganya mungkin tidak akan membuat Anda resah. Pasalnya, 1 malam hanya diberi tarif Rp425k saja. Cukup terjangkau, bukan?
Info Dasar Inna Ombilin Heritage
Alamat: Jalan Ahmad Yani, Kel. Pasar Segar, Kota Sawahlunto 27422
Telepon: 0754 61184
Rate: Mulai dari Rp425k

2. Meuthia Homestay Sawahlunto

image via maisyah neizima/google.travel
Meuthia Homestay adalah penginapan murah di Sawahlunto yang memastikan tamu bisa nyenyak bermalam. Meski harga kamar per malam cukup terjangkau, tetapi fasilitas yang diberi ke tamu sudah setara layaknya seperti hotel.
 
Lokasi homestay condong dekat dari Sawahlunto. Di mana posisinya cuma 7 km, atau 14 kilometer dari pusat kota. Bukan letaknya yang strategis itu saja sih jadi pertimbangan. Pun pilihan kamar yang tersedia sebanyak 34 unit adalah alasan lain yang membuat kamu wajib menginap di tempat ini.
 
Alamat: Perumnas, Barangin, Kota Sawahlunto, Sumater Barat, 27355
Telepon: 0812-6723-231
Harga: Mulai Rp200k 

3. Homestay Oma

image via traveloka.com
 Rekomendasi penginapan berikutnya di kota Sawahlunto ini berada di seputaran Aia Dingin, Lembah Segar dan diberi nama Homestay Oma.
 
Tempat menginap ini sangat nyaman, pas banget buat kamu yang membutuhkan ketenangan. Apalagi pemiliknya selalu stand by selama 24 jam untuk memberikan layanan terbaik kepada pengunjung. Tak salah jika penginapan ini tak hanya terkenal di kalangan traveler domestik, tetapi juga traveler luar negeri.
 
Kendati tidak menyediakan kolam renang, tetapi udara yang sejuk bisa didapatkan di akomodasi tipe keluarga ini. Nah, untuk menikmati penginapan beserta dengan segudang fasilitas yang pengelola tawarkan, kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar 230 ribu saja. Terjangkau banget kan?
 
Alamat: Aia Dingin, Lembah Segar, Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat 27422
Telepon: 081267294275
Harga Dari: Rp230.000
 

4. Cendana Homestay

image credit: instagram.com/cendanahomestay
Cendana Homestay merupakan penginapan keluarga dan rombongan yang kapasitasnya bisa menampung maksimal 4 orang per kamar. Dengan harga yang tergolong murah, dimana biaya sewa per malamnya hanya dikenai mulai dari 230 hingga 400 ribu saja.
 
Penginapan yang sudah dilengkapi dengan bermacam fasilitas mumpuni seperti kamar tidur, dapur bersama dan ruang tamu tersebut posisinya tak begitu jauh dari Museum Kereta Api, Gudang Ransum dan Lapangan Segitiga. Bagaimana dengan pengalaman tamu yang sudah pernah ke sini?
 
Seperti yang bisa kamu tebak, menurut review tamu, akomodasi ini adalah salah satu tempat bermalam favorit karena pengelola menawarkan suasana seperti di rumah sendiri. Eits, harga menginap di sini cuma dibanderol 180 ribuan.
 
Alamat: Jalan Tangsi Baru, Tanah Lapang, Lembah Segar
Telepon: 082174163000
Harga: Rp350k
 

5. Balqis Homestay

balqis homestay sawah lunto
balqis homestay
Balqis Homestay terletak di Barangin, Sawah Lunto. Selain mencakup kamar menginap di seluruh area akomodasi. Dengan tarif 361 ribu per malam, tersedia akses WiFi, Air Conditioner dan Parkir yang bisa dipakai gratis oleh pengunjung.
 
Akomodasi ini berselang 15 menit dari pusat keramaian. Cocok untuk backpacker dan pengunjung keluarga. Furnitur dan kamar di Balqis Homestay sangat nyaman. Dari jendela, Anda bisa menengok pepohonan rimbun, gunung dan kolam yang indah.
 
Karena nyaris di jantung kota, letaknya itu pun akan memudahkan Anda menemukan tempat makan di Sawahlunto yang tersohor. Bila mencari kendaraan untuk berwisata, di persimpangan jalan Lembah Segar sudah nongkrong beberapa angkutan yang bisa membawa Anda berkeliling ke kota heritage ini.
 
Lokasi: Jl. Abdurrahman Hakim, Aia Dingin, Lembah Segar, Kota Sawah Lunto.
Telepon: 085384919234
Harga: Rp360k ke atas.
 

6. Parai City Garden Hotel

hotel sawahlunto
parai city garden hotel sawahlunto - image via hestiaji r irawanto/googlemap
Sawahlunto memang tidak dipadati oleh bangunan tinggi dan modern seperti di Padang. Namun, masih ada akomodasi mewah dengan tarif bersahabat yang sukses menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Namanya adalah Parai City Garden Hotel.
 
Hotel yang menyisipkan nuansa tradisional dengan bubungan atap menyerupai rumah adat Minangkabau ini sangat menarik, semua propertinya didominasi oleh warna oranye. Di penginapan ini, Anda juga bisa merasakan atmosfir Sawahlunto di antara pemukiman.
 
Hotel berbujet murah ini memberikan penawaran harga mulai dari 400 ribuan. Dengan tarif kurang dari setengah juta itu, Anda sudah dapat mengistirahatkan tubuh, mandi dan tidur nyenyak. Misal ingin plesiran di lokasi wisata terdekat, Anda tinggal menyusuri jalan. Ada banyak angle cantik untuk mengisi feed Instagram Anda.
 
Lokasi: Jalan Baginda Aziskan, Pasar, Lembah Segar, 27418.
Tarif: Mulai Rp400k
Reservasi: (0754) 62888
 

7. Homestay H Sanusi Rasyid

sanusi rasyid homestay talawi, sawahlunto
Kalau Anda sedang berada di Talawi dan membutuhkan daftar penginapan di sana, tidak ada salahnya jika memilih Homestay H. Sanusi Rasyid ini saja. Jika tidak, masih ada Wisma KKSO dan Wisma Mutiara dimana lokasi akomodasinya cukup berdekatan.
 
Homestay di Talawi ini mungkin menyediakan kamar terbatas. Tetapi aksesnya sangat strategis, tepatnya di jalur jalan raya lintas Prof, Mohn Yamin, SH. Posisinya tak jauh begitu dari pusat perbelanjaan dan Wisma Mutiata.
 
Berdiri pada tahun 2019 dan menawarkan harga yang murah menjadi kelebihan dari penginapan ini. Sesuai review dari pengunjung, Homestay H. Sanusi Rasyid masih yang terbaik di kawasan Talawi. Mengingat jumlah akomodasi di daerah tersebut memang tak begitu banyak.
 
Lokasi: Jalan Prof. Moh. Yamin, SH, Talawi Hilir, Kota Sawahlunto 27427
Kontak: 082170831351
Harga: Rp150k.
 

8. Kampung Silungkang

image via kopidatuk.wordpress.com
Kampung Silungkang merupakan sebuah kecamatan di Sawahlunto yang kini dikembangkan jadi tujuan wisata baru. Untuk mendukung prospek tersebut, sudah berdiri beberapa akomodasi di sana seperti Homestay Nurlis dan Penginapan Murni yang terletak di Dusun Munggu, Muaro Kalaban.
 
Berbeda dengan akomodasi sebelumnya, Homestay Nurlis membanderol kamarnya lebih murah, cukup dengan biaya 200 ribu saja kamu sudah bisa memilih kamar terbaik. Sore hari menjelang malam, kalian bisa berkeliling di daerah Silungkang dan menikmati nuansa heritagenya.
 
Lokasi: Dusun Munggu, Muaro Kalaban, Silungkang, Sawahlunto
Kontak: 081363474754
Harga: Mulai dari Rp200k
 
Yap, itulah dia data mengenai akomodasi di Sawahlunto meliputi hotel, penginapan, wisma dan homestay. Perlu diketahui bahwa data di atas kami rangkum ketika artikel ini dibuat. Mungkin ada perubahan terbaru yang belum kami update.

Berlangganan via Email