Widget HTML Atas

9 Danau di Sumatera Barat Memukau untuk Dikunjungi

Dipagari oleh alam luar biasa cantik, Sumatera Barat adalah provinsi di Bumi Andalas yang memukau. Destinasinya bukan hanya gunung atau pantai semata. Jika Anda sedang berada di Padang, maka berkunjung ke danau di Sumatera Barat menjadi kegiatan yang layak diperhitungkan.

Yang tak terduga, Sumatera Barat memiliki banyak telaga dan danau dengan karakteristik unik. Kendati sebagian besar nama-namanya belum begitu terkenal. Tapi, beberapa diantaranya sudah masuk dalam kategori danau terindah di Indonesia yang asalnya dari Sumbar si Tanah Minang.

Selain kontur alam, warna dan bentuk, pun karakteristik yang dimiliki oleh danau yang berada di sekitar Kota Padang tentu saja membuat kita terpukau. Dan, berikut adalah nama-nama danau yang terletak di Sumatera Barat.

Danau Biru Sawahlunto

danau di sumatera barat
danau biru sawahlunto - image via riskiadha_
Danau Biru Sawahlunto ialah danau buatan yang diproses oleh alam. Danau berwarna biru di Sumatera Barat yang sedang kita bicarakan ini dahulunya merupakan bekas pertambangan terbuka. Konon, telaga itu terbentuk setelah ditingalkan oleh sebuah perusahaan tambang batubara.

Akses menuju danau biru Sumbar yang terletak di nagari Kecamatan Talawi tersebut masih sangat minim. Berikut sarana penunjang wisata di lokasi masih menjadi tugas besar untuk bagi pengelola. Bila kebutuhan wisatawan itu sudah terpenuhi, niscaya nama telaga di Sumatera Barat ini tak akan bertambah pudar lagi.

Sesuai dengan namanya, Danau Biru Sawahlunto adalah telaga paling mengagumkan di Sumbar. Warna biru toscha yang dipancarkan oleh permukaan airnya benar-benar menorehkan citra alam memukau. Untuk bisa menikmati danau Sumatera Barat, pengunjung cuma diberi karcis untuk tiket masuk seharga Rp8.000 saja.
Lokasi: Tumpuak Tangah, Talawi, Sumatera Barat, 27443 - peta lihat di sini

Danau Maninjau 

danau di sumatera barat
hotel indah di danau maninjau - image via @dina_amalina
Danau kedua di Sumatera Barat adalah Maninjau. Perairan tawar berkedalaman 105 hingga 165 meter dan menempati kawasan seluas 99 kilometer persegi ini menjadi salah satu ikon wisata Agam, Sumbar yang terbentuk secara alami.

Karakteristik danau tersebut tentu dipengaruhi oleh proses terbentuknya yang diketahui bermula dari letusan vulkanik. Meski demikian, belum ada riset yang benar-benar membuktikan jika danau yang terletak pada ketinggian 461 m dpl itu merupakan kaldera Gunung Tinjau.

Tahun 2010 silam, nama danau di Sumatera Barat ini sempat mengisi headline berbagai media. Hal itu berhubungan dengan fenomena yang terjadi pada masa itu. Dilaporkan oleh Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), ikan penghuni Danau Maninjau hampir mengalami kepunahan akibat kematian 1.100 ton ikan sekaligus.
Lokasi: Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat

Danau Singkarak

danau di sumatera barat
image via: @reeezaaaa1425
Selain Maninjau, karakter unik lainnya juga ditemukan di danau Sumatera Barat ketiga yaitu Singkarak. Dikutip dari Antaranews (03/07/2020) disebutkan bahwa luas danau yang terletak ketinggian 363, meter diatas permukaan laut tersebut bertambah setiap tahun.

Singkarak sendiri merupakan destinasi wisata di Solok yang ideal untuk dijelajahi. Tenang saja, walaupun danaunya semakin luas dari waktu ke waktu, tapi tetap nyaman untuk disinggahi. Pernah mendengar ikan bilah? Di tempat inilah satu-satunya hewan endemik langka khas Sumbar itu dapat dilihat.
Lokasi: X Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat

Danau Diatas

danau di sumatera barat
image via @geligelo
Danau Kembar adalah sebutan bagi dua buah nama danau di Alahan Panjang, Sumbar. Jadi julukan itu sama sekali tidak mendeskripsikan tentang wujud danau kembar Sumatera Barat sendiri. Lantas mengapa dinamai sedemikian rupa? Pasalnya, letak kedua danau itu hanya dipisahkan daratan sepanjang 13,9 km.

Menurut warga lokal Sumbar, Danau Diatas diartikan dari kata "Diateh". Hal itu menggambarkan titik koordinatnya sendiri yang terletak di sebelah atas kaki Gunung Talang. Danau unik di Sumatera Barat ini menawarkan ekosistem tropis khas dengan lingkungan alam produktif.

Sekitar tahun 2019, danau yang sejarahnya selalu jernih tersebut menggemparkan warga Sumbar ketika  warna airnya sekonyong-konyong berubah menjadi merah. Misteri itu akhirnya terpecahkan setelah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menemukan jika perubahan itu ada kaitannya dengan gempa lokal yang membuat unsur kimia di dalam air mengalami peningkatan.
Alamat: Nagari Alahan Panjang, Solok, Sumbar - koordinat lihat di sini

Telaga Talamau

danau di sumatera barat
image via @fahmi_adn
Danau paling tersembunyi di Sumatera Barat adalah Telaga Talamau. Lokasinya tepat di puncak Gunung Talamau yang memiliki jalur trek lumayan ekstrim. Sangking sulitnya dijangkau, maka tak sembarang orang bisa menginjakkan kaki ke sana.

Ada 13 buah telaga di dataran tinggi Kinali, Pasaman Barat, Sumatera Barat ini. Ceruk-ceruk kecil tersebut tampak sangat luar biasa. Lataran sangat indah, destinasi memikat itu bahkan diberi julukan surga telaga di bumi Andalas.

Perjalanan ke danau jika ditempuh dari arah Padang setidaknya menghabiskan 18 jam melalui rute Bingkuang - Pasaman Barat  - Desa Pinaga. Tak cukup sampai disitu, kita harus mendaki lagi dalam kurun waktu 12 jam penuh agar bisa menyaksikan keindahan telaga yang instagramable itu.
Lokasi: Malampah, Tigo Nagari, Pasaman, Sumbar - peta lihat di sini

Danau Talang

danau di sumatera barat
danau talang, sumbar - image via @satprakoja
Satu lagi danau di Sumatera Barat yang mungkin sudah tak asing bagi pendaki gunung Indonesia ialah Danau Talang.

Sisi aestetik danau yang berada di Nagari Aia Batumbuk, Kab Solok, Provinsi Sumatera Barat ini memancar indah dari panorama alam yang memukau. Perairan tawar dengan latar gunung berapi aktif berketinggian 2.597 mdpl tersebut terlihat begitu cantik, terutama saat kawah Gunung Talang sedang mengeluarkan kabut asapnya.

Sensasi liburan ke danau di Sumbar ini akan semakin nikmat bila Anda sekalian mendaki ke Gunung Talang. Pasalnya, dari puncak tersebutlah pengunjung bisa menikmati rupa sesungguhnya dari si Danau Kembar. Saat matahari terbit, pesonanya tak pernah gagal membuat pengunjung terpana.
Baca Juga: Tempat Wisata di Lima Puluh Kota Sumbar

Danau Dibawah

danau di bawah sumatera barat
image via @robycahyady
Danau Dibawah merupakan pasangan dari danau Diatek. Daripada kembarannya, tempat ini lebih terisolir dan sulit dijangkau karena hampir 80 % kawasan ini dibentengi oleh tebing yang curam. Wisatawan pun hanya bisa menikmatinya dari ketinggian semata.

Sisi menakjubkan dari danau yang ada di Sumatera Barat ini adalah tingkat kedalamannya yang diperkirakan hampir 1 km (880 m). Pun ke mana lepasan air danau ini keluar masih menjadi fakta lain yang hingga kini masih belum terungkap. Penduduk menyebutkan jika di bawah terdapat sungai bawah tanah.

Sama seperti perairan tawar lainnya, pun Danau Diatas dilapisi oleh air yang jernih. Pepohonan hijau dengan lekuk perbukitan ikut menambah pesona yang dimilikinya. Tanah di sekitarnya sangat subur, tak mengherankan jika di sekeliling danau bertipe tektonik ini terhampar berbagai jenis perkebunan, meliputi kebun teh dan buah-buahan.
Alamat: Danau Kembar, Kota Solok, Sumatera Barat 

Telaga Dewi

telaga di sumatera barat
telaga dewi - image via shohibulazmirivai
Danau cantik lainnya yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang ikonik karena menghiasi kaki Gunung Singgalang adalah Telaga Dewi.

Danau ini berjarak 88,3 km dari Kota Padang. Tapi, perjalanannya akan terasa sangat melelahkan. Kamu harus melewati beberapa spot menantang sesuai jalur pendakian, dari hutan lumut hingga lembah yang diselimuti semak belukar.

Telaga Dewi banyak dimanfaatkan pendaki sebagai area camping sebelum melanjutkan pendakian ke Puncak Singgalang. Destinasi di Tanah Datar ini memang menawarkan potret alam yang khas, tenang dan memberikan suasana damai.

Danau Tarusan Kamang

danau di sumatera barat
image via @gowesbukittinggi
Tarusan Kamang adalah danau bertipe musiman yang terbentuk akibat fenomena sungai bawah tanah di sekitar Jorong Halalang dan Jorong Babukik. Hal spesial dari danau ini ialah keberadaannya yang terkadang dipenuhi air tetapi di waktu lain justru berubah dratis jadi padang rumput.

Fenomena uniknya bukan itu saja, danau di Sumatera Barat bertipe karst ini masih menyimpan pemandangan yang tak akan dijumpai di tempat lain yaitu bebatuan kapur yang tersusun acak. Katanya, bebatuan gamping itu sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Itulah danau cantik di provinsi Sumatera Barat yang lokasinya tersebar di berbagai kabupaten. Karakternya yang unik dengan ciri khas spesial tentu menjadi alasan mengapa kamu perlu meluangkan waktu menjelajahinya satu per satu.

Berlangganan via Email