Widget HTML Atas

Pantai Sentang: Lokasi, Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Pantai Sentang merupakan kawasan wisata di dalam kawasan Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai. Di destinasi ini wisatawan bisa menikmati pesona tepi laut, kuliner hingga suasana segar. Berlibur di alam terbuka terbukti bisa menyenangkan jiwa dan raga.

pantai sentang
image credit: muh. al faritzi/googlemap
Memiliki panjang garis pantai sekitar 2,3 km, membuat Desa Sentang menjadi wisata pilihan untuk berbagai aktivitas liburan. Meski namanya kurang sering terdengar, tetapi warga Teluk Mengkudu (Sergei) tak begitu asing akan pantai tersebut.

Tiket Masuk Pantai Sentang

Setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk pantai sentang. Adapun harga tiket tidak berbeda meski sedang akhir pekan atau hari biasa. Selain itu perlu juga mengeluarkan uang parkir sesuai tipe kenderaan yang pengunjung pakai.

# Tiket masuk: Rp6.000,-
# Parkir motor: Rp2.000,-
# Parkir mobil: Rp3.000,- 

Kawasan pantai ini buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga 19.00 WIB setiap hari. Pengunjung bisa menikmati suasana malam maupun pagi di sepanjang tepi pantai. Jika kemari saat malam, jangan lupa bawa lotion anti nyamuk.

Lokasi Pantai Sentang

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung hanya perlu mengambil rute ke alamatnya yaitu Desa Sentang, Tlk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, 20997.

Lokasinya dapat diakses dalam kurun 2 jam saja dari ibukota. Untuk berkunjung ke Sentang tidak perlu menghabiskan banyak waktu perjalanan. Namun, harus mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemkab setempat.

Baca Juga: Pantai Sialang Buah

Beragam Aktivitas Wisata

Desa Sentang merupakan kawasan setingkat kelurahan yang 70 % wilayahnya berada di tepi laut. Meski termasuk wilayah pesisir, gelombang pasang surut di desa ini masih dalam batas aman. Sehingga perairan dangkalnya dikembangkan jadi tujuan wisata.

Sama seperti Pantai Bogak Indah, antusiasme wisatawan yang sengaja datang ke kawasan ini memang belum begitu tinggi. Entah karena masih baru atau namanya yang belum cukup populer. Kendati demikian, terdapat beberapa hal menarik yang ada di Pantai Sentang.

1. Bermain Pasir dan Piknik Santai

pantai sentang
pemandangan kapal nelayan di pantai desa sentang jadi spot foto menarik - image via rizky ray
Pantai Sentang memiliki hamparan pasir putih yang cukup lebar dan panjang, sangat pas untuk bermain sekaligus berlibur bersama keluarga.  Apalagi seluruh pasir di sepanjang kawasan ini sangat bersih. Anak-anak bisa dilepas untuk bermain sesukanya.

Bermain pasir di pantai ini akan sangat menyenangkan. Seperti membuat bola salju atau mendirikan istana pasir. Kegiatan praktis seperti ini bisa menjalin kedekatan dengan keluarga. Wisatawan bisa juga menggelar tikar sebagai alas duduk.

Sangking luasnya, tak sulit mencari area yang cocok untuk dijadikan tempat piknik di pantai ini. Wisatawan dengan mudah bisa menemukan tempat lesehan untuk bersantai. Tak jarang pula wisatawan membentangkan tikar sembari membuka bekal piknik dari rumah.

2. Berenang dan Menikmati Sunset

keindahan sunset di kawasan desa sentang
Setiap wisata pantai memang identik dengan sunset. Bagi wisatawan yang kemari untuk menyaksikan keindahan Pantai Selang, momen sunset yang cantik dengan semburat jingga di langit ersebut dapat ditunggu kehadirannya sambil berenang di bibir pantai. 

Berenang di pantai ini adalah aktivitas yang paling difavoritkan wisatawan. Banyak juga wisatawan yang berfoto sambil berenang dengan kamera tahan air. Atau jika hanya membawa kamera biasa, baris pepohonan yang tumbuh di bibir pantai keren untuk dipilih jadi latar foto.

Spot foto di pantai ini mengandalkan keindahan lautnya. Jadi tak usah berharap ada dekorasi atau instalasi foto kekinian disini. Lagi pula, pemandangan tepi laut dan alamnya sudah lebih dari cukup kalau hanya untuk dijadikan background gambar.

3. Menikmati Kuliner di Pantai Sentang

image via: rhafa el huda
Semilir angin laut yang tak henti bertiup membuat udara sekitar cukup dingin. Ketika dingin sudah melanda, rasa lapar pun sering kali mengikuti. Nah, wisatawan dapat menikmati kuliner di Pantai Sentang. Entah untuk santap siang maupun malam.

Sajian utama di tempat makan yang ada di Sentang ini ialah aneka seafood. Seperti ikan bakar, tongkol dan kerapu. Bagi wisatawan yang suka aneka kerang-kerangan, pilihan kuliner seperti kepah dan kerang bulu juga tersedia.

Hembusan angin sepoi di tempat wisata ini membuat selera makan terus bertambah. Untuk menghemat biaya liburan, wisatawan terutama rombongan keluarga banyak yang membawa makanan sendiri dari rumah. Seperti nasi, camilan, kue kering maupun kerupuk laut.

Fasilitas

Area pantai Sentang sudah memiliki sederet fasilitas standard yang memadai. Sederet sarana seperti pondok, kuliner dan tempat parkir sudah tersedia demi mendukung kenyamanan bagi para wisatawan yang datang dari luar kota.

Berlangganan via Email