Widget HTML Atas

Tinokkah Sigiutan - Pesona Alam, Tiket dan Rute ke Lokasi

Jika ingin menghirup udara segar, maka liburan ke Tinokkah menjadi kegiatan yang direkomendasikan. Salah satu desa kecil di kawasan Sipispis yang hijau dan menawarkan sederet pesona. Seperti air terjun Sigiutan dengan pemandian alamnya.
tinokkah sipispis
image credit: instagram/@g.randa.26/@andretriutama
Desa Tinokkah adalah objek wisata alam nan menawan. Di sana pula, terdapat dua objek wisata yang asyik untuk menghabiskan akhir pekan bareng family. Pertama yaitu Air Terjun Sigiutan yang merupakan aliran sungai dari ketinggian. Kedua, pemandian alam yang tepat di sekitar air terjun.
 
Formasi aliran air terjun dan pemandian alam yang bersumber dari sungai alami ditambah hawa udara menyejukkan membuat desa sekaligus objek wisata ini disukai banyak kalangan. Baik keluarga, komunitas maupun solo traveler. Yuk simak detailnya di bawah ini.
 

Harga Tiket Masuk

Air Terjun Sigiutan merupakan objek wisata di Desa Tinokkah yang murah-meriah. Bayangkan saja, setiap pengunjung yang datang tidak akan merogoh biaya terlampau mahal. Cukup sediakan biaya untuk tiket masuk sebesar 2k saja.
 
- Tiket Normal: Rp2.000/org
- Biaya Parkir: Rp5.000/unit
 
Harga tiket yang terjangkau membuat objek wisata alam ini sering dibanjiri wisatawan dari berbagai daerah. Apalagi bagi wisatawan yang menyukai petualangan. Ditambah pula, tempatnya sendiri sangat pas untuk rekreasi keluarga.
 
 

Cara ke Lokasi

Desa Tinokkah adalah bagian dari daerah Serdang Bedagai. Jika dilihat dari peta menggunakan Google Map dan lainnya, tercatat bahwa desa ini letaknya tepat di arah utara Kecamatan Sipispis, Kab. Sergei, Sumatera Utara, Indonesia.
 
 
Perjalanan menuju desa dimana Air Terjun Sigiutan berada memakan waktu berbeda. Tergantung dari mana kamu menempuhnya. Sementara jika rutenya diambil lewat Sei Rampah dan Tebing Tinggi, akses ke sana kurang lebih 1,5 jam atau 76 km saja.
 
Seperti desa pada umumnya, Tinokkah tidak banyak dilalui kendaraan umum. Oleh karena itu pula, pengunjung dianjurkan untuk mengendarai transportasi pribadi saja. Tak perlu khawatir, terdapat tempat parkir yang cukup luas di bagian atas.
 

Air Terjun Sigiutan

air terjun sigiutan
image credit: instagram/christov_pangaribuan
Air Terjun atau Tangkahan Siguitan menjadi objek wisata utama yang ditawarkan di Desa Tinokkah. Air terjun ini tak begitu tinggi, sekira 7-8 meter saja. Pun debit airnya tak begitu besar, namun sangat dingin karena berasal dari hutan alami yang melingkupi desa tersebut.
 
Dan tentu saja, air terjun yang jernih dan ekstra dingin ini sangat pas untuk menyegarkan badan di saat cuaca sedang terik-teriknya. Sesampainya di area bawah, demi menengok aliran air yang begitu bening, para wisatawan dijamin tidak sabar lagi untuk segera jejeguran.
 
Tak hanya menengok atau jejeguran semata, lho! Pengunjung yang tak pernah lupa membawa kamera traveling setiap kali berwisata, seing kali memanfaatkan panorama air terjun yang permai itu sebagai background atau latar belakang foto.
 

Pemandian Alam Tinokkah

tinokkah sipispis
image credit: googlemap/wahyuumara
Air terjun yang jatuh dari ketinggian tebing akan menyatu dengan aliran sungai. Sungai ini sendiri mengalir cukup tenang dan tak begitu dalam. Karenanya, pengunjung dapat berenang tanpa was-was di area pemandian, sembari merasakan nikmatnya relaksasi di tengah alam.
 
Pun pemandian alam ini sangat terjaga kealamiannya, sejauh mata memandang, tidak ada satu pun sampah di lokasi ini. Sehingga soal kebersihan, wisatawan tak perlu ragu. Belum lagi atmosfir sekitarnya yang begitu hijau karena terlindungi oleh pepohonan.
 
Di pemandian ini, pengunjung yang tak mau basah-basahan bisa menjulurkan kaki ke dalam sungai dan berdiri memijakkan kaki di atas bebatuan kecil untuk merasakan kesegarannya. Pijatan air yang lembut dan dingin akan membuat wisatawan sangat rileks. Sensasinya seperti sedang dipijit-pijit!
 

Pesona Alam Menawan

Keindahan alam yang terdapat di Desa Tinokkah ini memang baru diketahui wisatawan. Meski sempat dilanda banjir beberapa bulan lalu, tetapi pesonanya yang sempat berubah kini sudah kembali cantik seperti sedia kala. Bahkan, keindahannya kini lebih memesona.
 
Pesona menawan yang tersaji di pemandian alam maupun air terjun mampu membuat pengunjung betah. Bahkan tak sedikit penjelajah alam mendirikan tenda dan camping di sekitarnya. Kalau tertarik berkemah di sini, sebaiknya bawa perlengkapan outdoor sendiri ya.
 
 

Fasilitas

Karena belum lama ditemukan dan dibuka untuk publik, maka di sekitar objek wisata Air Terjun Sigiutan terbaru ini belum tersedia fasilitas yang sanggup memanjakan kebutuhan pengunjung. Mau atau tidak, wisatawan harus siap sedia berlibur dengan fasilitas yang seadanya.

Yup, itu dia ulasan tentang Desa Tinokkah di Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai. Selain mengenal desa nan sejuk dan berinteraksi dengan masyarakatnya yang ramah, wisatawan dapat pula menelusuri setiap jengkal ekostika yang terdapat di desa tersebut.

Berlangganan via Email