Widget HTML Atas

Bukit Sitalmak-Talmak: Akses Lokasi, Tiket dan Aktivitas

Kawasan wisata di Danau Toba yang begitu luas mungkin membuat Anda bingung memilih opsi liburan. Sebab, sudah begitu banyak tempat refreshing yang semakin berkembang. Salah satu tempat itu bernama Bukit Sitalmak-Talmak.
 
bukit sitalmak talmak
image credit: ojak l dihotang
Bukit Sitalmak Talmak merupakan bukit yang berada di seberang Sigaol Simbolon, Palipi sebelah utara Kab. Samosir tepatnya Desa Sihotang. Berketinggian 1.121 meter atas permukaan laut, bukit yang romantis ini memiliki lokasi yang mudah dicapai dari beberapa penjuru wilayah.
 
Selain Bukit Cinta, Sitalmak- Talmak juga cocok jadi spot rekreasi Anda berikutnya di kala cuti atau sedang punya waktu luang dari segala kesibukan. Terutama jika Anda lagi bosan ke destinasi hits dan ramai, maka bukit ini adalah pilihan pertama.
 

Harga Tiket Masuk

Terdapat sejumlah biaya yang perlu dikeluarkan pengunjung untuk memasuki Bukit Sitalmak-Talmak. Wisatawan berbujet minim yang datang dapat menikmati seluruh areal perbukitan setelah membeli tiket masuk. Oleh karena harga yang terjangkau dan bersahabat, tempat ini cocok jadi destinasi akhir bulan.
 
Tiket Masuk: Rp10.000/orang
 
Namun, pengunjung wajib memperhatikan biaya untuk kebutuhan transportasi dan logistik. Terutama jika Anda berasal dari luar daerah. Kedua jenis biaya tersebut harus dipertimbangkan. Tak lupa, di sini juga belum ada tempat sewa tenda sehingga harus bawa perlengkapan pribadi.
 
 

Pesona Bukit Indah Sitalmak-Talmak

Nama sebuah destinasi sering kali muncul karena ditenggarai oleh keindahan maupun keunikan yang ada di lokasi. Begitu juga dengan Bukit Sitalmak-Talmak. Penamaan tersebut bermula posisi daratannya yang membentang dengan sudut pemandangan luas.
 
Warga yang bermukim di Kecamatan Harian pun sudah terbiasa menyebut Bukit Sitalmak-Talmak. Jika diperhatikan, sebutan itu memang seolah menggambarkan suasananya yang begitu romantis dan eksotik. Anda tak akan rugi menghabiskan waktu bersama orang tercinta di sini.
 
Bahkan, bukit dengan taman bunga ini sangat ideal untuk kencan romantis. Bukan hanya bisa mengambil foto yang Instagramable bersama pasangan dan orang terdekat sebagai kenang-kenangan manis, sederet aktivitas pun sudah menanti Anda.

Sunset dan Sunrise Menawan

view sunset yang sajikan panorama romantis
Bukit ini banyak dikagumi wisatawan oleh pemandangan yang luar biasa menawan. Anda juga harus tahu bahwa Sitalmak-Talmak adalah spot paling pas untuk menunggu atraksi alami yang tak henti disuguhkan sinar matahari.
 
Pada pagi hari saat rumput dan dedaunan masih basah berembun, Anda akan dimanjakan indahnya sunrise. Sementara pada sore hari ketika hari akan bergulir, sunset dengan cakrawala lembayung senja akan terparti di ufuk barat.
 
Tempat ini sudah jadi favorit fotografer yang hobi memotret lansekap alam. Begitu pula pasangan yang berencana akan menikah, mereka bisa mengadakan foto prewedding di sini. Ada banyak angle menarik yang bisa dipotret menggunakan kamera para fotografer.
 

Berkemah di Tengah Bukit

area camping dengan langit terbuka dan dikelilingi pepohonan
Bagi sebagian besar penikmat alam, menginap di tengah alam justru lebih prestisius daripada bermalam di kamar hotel bintang lima. Nah, Bukit Sitalmak-Talmak ini cocok untuk berwisata camping dengan nyaman dan tanpa rintangan. Pasalnya, Anda tak perlu mendaki alias hiking untuk mencapai puncak.
 
Langit yang dihiasi bintang-bintang malam dan sinar rembulan akan menemani momen camping Anda. Di bawah langit yang diterangi cahaya bulan itu, wisatawan bisa mengadakan acara barbeque, bersenda gurau sembari bermain gitar sebelum masuk ke dalam tenda.
 
Fasilitas di tempat ini memang belum begitu memadai, agar perjalanan tidak sia-sia, ingat untuk membawa perlengkapan camping yang dibutuhkan. Mulai dari tenda, matras, sleeping bag dan peralatan masak. Kecuali Anda hanya ingin berlibur di sini seharian, tentu tidak usah menyiapkan itu semua.
 
 

Menikmati Panorama Danau

pemandangan danau biru dan perbukitan - image: pariwisatasumut.net
Dari sekian banyak wisata alam di Samosir yang mentereng, Sitalmak-Talmak mungkin menjadi salah satu tempat yang masih belum begitu terekspos. Pengunjungnya pun bisa dihitung jari. Padahal, panorama yang ditawarkan sungguh di luar ekspektasi.
 
Berdiri di tepi bukit, permukaan perairan Danau Toba yang tak kunjung henti mempertontonkan kemegahannya. Dari kejauhan ini, sawah berisikan padi yang menguning dan baris pepohonan yang menghijau seolah jadi pembatas antara darat dan perairan.
 
Semilir angin berhembus yang seolah tak henti berbisik akan keindahan bukit ini, tak henti-hentinya membuncahkan rasa kagum. Cobalah duduk sejenak di atas rerumputan hijau bak permadani yang menyelimuti permukaan bukit. Atau, bersantai di taman bunga yang indah. Maka pikiran dan jika akan bertambah rileks.
 

Fasilitas dan Jam Buka

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bukit ini sudah didukung fasilitas memadai. Terdapat spot foto, toilet dan area camping. Sehingga pengunjung tak harus melengkapi kebutuhan yang akan dipakai selama berada di Bukit Sitalmak-Talmak.
 
Akses ke sana yang tergolong mudah akan membuat Anda lebih nyaman. Pun tak perlu merasa diberatkan soal akomodasi. Sebab ada beberapa hotel di Pangururan yang jaraknya sekira 2-4 kilometer saja dari tempat ini.
 
Sementara untuk jam buka, bukit ini sudah bisa dikunjungi wisatawan pada pagi hari mulai pukul 08.00 WIB dan akan tutup pada pukul 18.00 WIB. Tempat ini bisa Anda kunjungi mulai dari hari senin hingga sabtu. Jika hendak berkemah, silakan koordinasi dengan pengelola.
 

Lokasi Bukit Sitalmak-Talmak

Tidaklah butuh perjuangan berat untuk sampai di Bukit Sitalmak-Talmak. Alamat yang akan dituju sudah tercantum pada Google Map, tetapi Anda sama sekali tak akan kesulitan menemukan lokasinya. Cukup cari Desa Sampur Toba, Kec. Harian, Kab. Samosir, Prov. Sumatera Utara, Indonesia.
 
 
Rute menuju bukit akan melewati beberapa titik pandang dan spot menarik, sebut saja Bukit Burung dan Aek Rangat. Berdasarkan beberapa pertimbangan mulai dari keterbatasan transportasi hingga keberadaan destinasi lain di jalur jalan yang akan dilalui, kami sangat merekomendasikan Anda untuk membawa kendaraan pribadi.