Top Ad unit 728 × 90

Air Terjun Lae Une


Air Terjun Lae Une merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di wilayah kabupaten Pakpak Bharat, kabupaten yang dimekarkan dari kabupaten induk, Dairi ini memiliki berbagai macam keindahan alam yang menjadi sentra pariwisata yang terus dikembangkan.

Lae Une, berasal dari bahasa Pakpak. Lae yang berarti Sungai dan Une yang merupakan nama sungai itu sendiri. Lae Une mengalir hingga ke wilayah Provinsi Aceh.Air Terjun Lae Une sudah menjadi tempat wisata bagi masyarakat lokal semenjak lama.

Lokasi
Desa Kecupak - Kab Pakpak Bharat - Provinsi Sumatera Utara

Rute
Medan - Kabanjahe - Sidikalang - Pakpak Bharat

Aksesibilitas
Perjalanan menuju objek wisata akan menempuh waktu sekitar 6 jam bila dari kota Medan. Kondisi jalan sudah sangat baik namun anda perlu berhati-hati karena jalur sepanjang perjalanan dari Sidikalang tepatnya dari Puncak Sidiangkat berkelok-kelok.

Air Terjun Lae Une berada di tengah kawasan hutan hijau, sebenarnya terdapat satu air terjun lainnya namun hanya muncul apabila di musim penghujan saja. Air Terjun ini kerap mengalami banjir sehingga tahun ke tahun ketinggian air semakin berkurang. Bila anda penyuka olahraga mancing, disekitar sungai ini anda dapat mencoba peruntungan. Berenang diantara bebatuan juga amatlah menyenangkan karena arinya begitu jernih. Namun berhati-hatilah, debit air terjun amatlah deras, wisatawan biasanya dilarang apabila ingin mengarungi sungai. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Text: Antonius Naibaho - Foto: Sampe Berutu)




Air Terjun Lae Une Reviewed by pariwisata SUMUT on August 29, 2014 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.