Top Ad unit 728 × 90

Haritte Gunung Sibual-Buali


Pernahkah anda mendengar lagu berikut? "keta ke dongan, da keta tu Sipirok. masa musim Salak Sibual-Buali" Dari lagu tersebut terdapat 3 kata kunci yakni Sipirok yang mana merupakan ibukota dari kabupaten Tapanuli Selatan, Salak adalah komoditas dari kabupaten Tapanuli Selatan yang sangat melegenda dan Sibual-Buali yang mana merupakan asal dari buah Salak tersebut. 

Gunung Sibual-Buali memiliki ketinggian 1819 meter dari atas permukan laut dengan vegetasi flora dan fauna yang memiliki kesamaan dengan gunung salah satu gunung yang sudah saya pernah tulis sebelumnya yakni Gunung Lubuk Raya. Fauna seperti kera hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar Sipirok, sebuah fenomena berbeda dari apa yang tengah marak saat ini seperti pembalakan hutan dan aksi berburu liar oleh manusia. menyedihkan. 
Harette Sibual-Buali
Sibual-Buali di Tapanuli Selatan adalah gunung aktif bertipe A. Tak perlu ragu untuk mendaki karena kondisinya yang aman. Penduduk di Sipirok dapat anda minta menjadi pemandu untuk mencapai titik tertinggi. Mereka amat ramah dan bersahabat. 

Harette, puncak gunung di Sibual-Buali menyimpan eksotisme tersendiri, semburan air panas seluas 23 meter bercampur dengan uap belerang seolah menghantarkan anda menikmati alunan merdu lagu "Salak Sibual-Buali" serta mengenakan ulos, menyatu dengan keajaiban nan mempesona di Tapanuli Selatan na jeges. 
Salam Peduli Pariwisata SUMUT (Oleh: Antonius Naibaho)
Haritte Gunung Sibual-Buali Reviewed by pariwisata SUMUT on August 18, 2014 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.