Top Ad unit 728 × 90

Taman Alamta Jaya, Harga Tiket Masuk dan Review Lengkap

-- --
Salah satu tempat wisata terbaru yang lumayan mudah dijangkau karena dekat dengan kota Medan adalah Taman Alamta Jaya. Kendati belum lama menunjukkan eksistensinya, spot berlibur ini sudah mulai dilirik para pelancong lokal.

taman alamta jaya - image via lasboy refendy
Taman Alamta Jaya merupakan tujuan rekreasi di desa Sei Gelugur, kecamatan Pancur Batu yang menawarkan pesona danau buatan dengan sarana bermain dan kolam renang dalam satu kawasan destinasi air. Sesuai namanya, udara di sini sejuk dan asik untuk liburan keluarga.

Taman Alamta Jaya memang masih dalam tahap pembangunan. Tetapi obyek wisata ini sudah bisa dikunjungi. Apabila benar-benar sudah rampung, tempat ini diprediksi akan ramai dan menjadi objek wisata favorit bagi pengunjung asal Deli Serdang maupun seputaran Kota Medan.

Pasalnya, kawasan tersebut memiliki pemandangan taman yang cukup luas. Beragam tanaman pun turut dikembangkan untuk memperelok tanah yang lapang. Mulai dari pepohonan hingga aneka jenis bunga yang begitu indah.

Pun bagi penikmat wisata olahraga, di taman ini terdapat sirkuit yang rutin mengadakan perlombaan balap mobil dan motor. Beberapa kejuaraan tingkat lokal dan nasional seperti Kejurda Motorcross pernah diselenggarakan di lintasan tersebut.

wahana bebek-bebekan di area taman alamta jaya image via @muflihan07

Lokasi Taman Alamta Jaya

Tidak perlu bingung untuk menemukan objek wisata di Sei Gelugur ini, meskipun sering disebut Taman Alamta Jaya Medan, sebenarnya tempat tersebut justru berada di wilayah administratif Kab. Deli Serdang.

Secara terperinci, yakni di kelurahan Sei Gelugur, Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang, Sumatera Utara, kode pos 20354.

Atau, boleh dilihat lebih detail melalui google map yang telah kami cantumkan berikut: titik koordinat.

Rute Taman Alamta Jaya

Seperti tempat wisata di Sumut lainnya, lebih baik menggunakan transportasi pribadi meskipun sudah tersedia beberapa kendaraan umum dari Pasar Pancurbatu tapi cukup jarang. Sebagai catatan, di bawah ini rute Taman Alamta Jaya.
  • Naik kendaraan umum jurusan Medan - Pancur Batu nomor 103 merah, 107, a97, 149 dan 142. Kemudian berhenti di pasar Pancurbatu dan tanyakan angkot yang trayeknya ke arah kel. Sei Glugur.
  • Bila menggunakan kendaraan pribadi, kemudikan kendaraan melalui Padang Bulan atau jalan Sunggal hingga menemui jalan Jamin Ginting.
  • Sampai di simpang 5 jalan suka Raya II, teruskan arah sampai ke arah jalan Glugur Rimbun, Gunung Tinggi.
  • Terakhir, sampai di simpang jalan ke Taman Alamta Jaya.
Supaya perjalanan lebih lancar, silahkan bertanya ke penduduk setempat atau gunakan panduan peta google.

taman alamta jaya
suasana sunset di taman alamta jaya - image via asmarady

Jam Buka dan Tiket Masuk Taman Alamta Jaya

Biaya masuk Rp10.000,- per orang dan dibuka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu mulai pukul 08:00 - 17:00. Kecuali jika di tempat itu sedang ada event, waktu operasionalnya sering diperpanjang.

Aktivitas dan Daya Tarik

Selain sering dikunjungi orang karena menjadi tempat lomba balap motor profesional, taman ini juga menghadirkan sederet atraksi wisata. Kita juga dapat melihat pemandangan hijau yang luas serta berfoto di sederet objek yang menjadi daya tariknya.

1. Kolam Renang Taman Alamta Jaya

kolam renang image via cencenbrahmana
Daya tarik pertama adalah kolam renang di taman Alamta Jaya yang memiliki ukuran sekitar 6x10 meter. Kolam renang berjumlah satu buah tersebut bertipe outdoor. Letaknya dibangun persis di pinggir danau buatan.

Kolam renang itu tidaklah dalam, paling banter 1 meteran saja. Wahana memang terbatas, namun airnya sangat jernih dan bersih.

Meski dapat dinikmati oleh pengunjung dewasa, tapi kolam renang itu lebih cocok untuk anak-anak. Orangtua biasanya duduk di sederet kursi yang mengitari area kolam renang. Walau aman, sejatinya anak-anak perlu diawasi ketika bermain air.

Baca: Armaya Wisata Alam

2. Danau Alamta Jaya

danau alamta jaya image via normanti berutu
Sei Gelugur merupakan kelurahan yang dikelilingi lahan perkebunan sawit. Sebagian besar tanah basah di sana bertipe rawa. Daerah ini juga dilintasi beberapa sungai yang dimanfaatkan untuk wisata pemandian alam.

Begitu juga dengan danau Alamta Jaya yang sengaja dibuat untuk memperindah taman. Meskipun kita dapat melihat batasannya, danau ini cukuplah luas kalau dibandingkan danau Griya Martubung. Tempatnya nyaman juga untuk tempat bersantai.

Menariknya, di kawasan taman itu telah disediakan pula sederet aktivitas olahraga air. Pengunjung bisa menyewa motor jet ski untuk berkeliling di permukaan danau yang tenang. Atau yang sedikit lebih murah yakni naik bebek-bebekan.

3. Kolam Pancing

Sedang mencari tempat memancing di sekitar Pancur Batu? taman ini bisa jadi alternatif lho!. Di sudut desa Sawit Rejo, kolam ikannya dipenuhi ikan besar. Mulai dari ikan jenis lele sampai jahir tentu mengasikkan untuk dipancing.

image via zahra surbakti

Fasilitas

Lantaran sudah dikelola dengan baik, maka fasilitas di taman ini lengkap dan bisa digunakan pengunjung, seperti bilik bilas, ruang rapat terbuka dan gazebo. Bagi sahabat PSN yang mau berkeliling di sekitar taman, cobalah kereta ATV.

Melihat pemandangan yang tersaji indah, nggak kalah keren sih untuk spot foto prewedding. Terutama di areal danaunya, cukup ideal untuk latar belakang foto prewedding. Harganya sewa tempatnya pun mungkin tidaklah terlalu mahal.

Sebagai alternatif wisata yang lokasinya mudah dijangkau dari ibukota, Taman Alamta Jaya bisa dilirik juga untuk tujuan berlibur dengan keluarga. Karena atmosfer udaranya yang sejuk, dihiasi pepohonan rindang serta banyaknya objek menarik di dalam kawasan itu.
Taman Alamta Jaya, Harga Tiket Masuk dan Review Lengkap Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/31/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.