Home » , , » 7 Tempat Wisata Sejarah dan Budaya Di Tapanuli Tengah

7 Tempat Wisata Sejarah dan Budaya Di Tapanuli Tengah

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, November 26, 2014 | 2:44 PM


PariwisataSUMUT.net Menelusuri jerjak dan situs budaya adalah aktivitas wisata yang menarik. Sumatera Utara yang terdiri dari 23 kabupaten memiliki warisan budaya berbeda antara yang satu dengan yang lain. Tapanuli Tengah, dikenal sebagai destinasi wisata bahari di Sumut, juga mempunyai tempat wisata budaya layak untuk disambangi. Berikut kami himpun 7 objek wisata budaya di Tapanuli Tengah

Prasasti Sejarah Batu Lobang
Batu Lobang akan anda lewati bila mengadakan perjalanan ke Sibolga atau juga ke Tapteng. Rute ini sudah wajib dilalui. Prasasti Batu Lobang memberikan gambaran sejarah tentang perjuangan para pahlawan yang telah gugur dari Tapanuli. Pada prasasti ini, terdapat ukiran-ukiran sejarah bagaimana perjuangan mereka yang sesungguhnya

Makam Papan Tinggi
Barus adalah pintu masuk agama Islam pertama di Indonesia, Oleh karena itu pula mayoritas penduduk yang tinggal di kabupaten ini beragama Islam. Objek wisata makam Papan Tinggi menjadi lokasi wisata budaya sekaligus wisata budaya di Tapanuli Tengah. Terdiri dari 710 buah tangga dan berada pada ketinggian 200 meter diatas permukaan laut.

Makam Pahlawan Nasional Dr Ferdinand Lumban Tobing
Ferdinand Lumban Tobing adalah sosok pahlawan yang berasal dari Sumatera Utara, kegigihan dan perjuangannya pantas untuk diapresiasi dan ditiru oleh para penerus bangsa. Berada di Kecamatan Kolang, Makam pahlawan ini menjadi tugu peringatan yang layak dikunjungi. Selain itu Bandar Udara di Tapteng juga menggunakan nama Ferdinand Lumban Tobing.

Makam Mahligai
Hanya berjarak sekitar 3 km dari Makam Papan Tinggi, diberi nama Makam Mahligai karena di Tapanuli Tengah dahulu terdapat sebuah istana kerajaan yang bernama Mahligai. Berada diatas sebuah bukit kecil, Makam Mahligai menjadi objek wisata sejarah dan budaya di Tapteng. Banyak para peziarah yang datang ke lokasi ini terutama di bulan-bulan suci Islam

Prasasti Batu Ping
Perjuangan para pahlawan tak pernah surut di Tapanuli. Hal tersebut berkaitan dengan keberadaan wilayah Tapanuli Tengah dan Sibolga yang memang strategis sehingga banyak diincar oleh para penjajah dari bangsa asing. Batu Ping berada di Kecamatan Andam Dewi dan menjadi objek wisata sejarah dan budaya untuk mengenang perjuangan Angkatan Laut Republik Indonesia 1945.

Tugu Perjuangan Perang Gerilya Masyarakat Tapanuli
Diresmikan oleh bapak Menkopolkam RI, Tugu Perjuangan Perang Gerilya Masyarakat Tapanuli adalah bangunan yang didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat tapanuli untuk mengusir penjajah demi mendapatkan kemerdekaan nasional di masa lampau. Objek wisata budaya dan sejarah ini berada di Kecamatan Sitahuis.

Monumen Perjuangan Oswald Siahaan
Monumen setinggi meter ini menjadi saksi bisu perjuangan Oswald Siahaan dalam memerangi penjajah pada masa lampau. Monumen setinggi 7 meter ini kerap dikunjungi oleh wisatawan karena jaraknya hanya sekitar 4 km dari Kota Sibolga. Selain melihat tugu tersebut, kita juga akan menemukan tank besar yang masih terawat dengan baik.

Ke 7 lokasi wisata Budaya di Tapteng diatas tentu saja menarik apabila anda ingin berkunjung. Bila ingin menemukan destinasi wisata bahari, sila baca artikel sebelumya: 10 Wisata Pantai Di Tapanuli Tengah. Salam Peduli Pariwisata Sumut.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net