Home » , , , » 10 Wisata Pantai di Tapanuli Tengah

10 Wisata Pantai di Tapanuli Tengah

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, September 14, 2014 | 8:31 AM

pariwisataSUMUT.Net - Anda tengah berkunjung ke Tapanuli Tengah? atau sedang merencanakan perjalanan wisata ke negeri sejuta pesona ini? tak perlu khawatir, Tempat Wisata Tapteng memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik mulai dari sejarah, heritage, religi, dan tentunya wisata bahari. Wajar, Tapteng terletak di pesisir pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tempat wisata di kota Medan mungkin sudah terlalu mainstream bagi anda, Atau dibenak anda hanya terdapat kata Danau Toba? Saatnya untuk mengubah pandangan, dan mari jelajah Sumatera Utara lebih dekat.

Nah sebagai panduan, berikut Pantai di Tapanuli Tengah yang harus anda kunjungi:

1. Pantai Binasi
Pantai Binasi dikenal sebagai lokasi wisata bahari favorit baik bagi wisatawan lokal, domestik maupun international. Aksesnya yang tidak begitu jauh dari ibukota kabupaten Tapanuli Tengah, Pandan adalah salah satu alasan bagi wisatawan. Selain itu aksesibilitas, sarana dan prasarana yang tersedia turut mendukung sehingga pantai ini biasa dipadati oleh wisatawan terlebih saat hari libur nasional. Pantai Binasi cocok dijadikan untuk tempat berwisata bersama keluarga.
Baca selengkapnya


2. Pantai Putri
Pulau Putri sudah kerap menjadi perbincangan, keindahan alam yang menyatu di Samudera Hindia menjadikan pantai di pulau Putri amatlah begitu mengagumkan. Anda tak perlu berfikir dua kali untuk melangkahkan kaki, dijamin anda akan sangat puas. Pantai berpasir putih dengan hamparan laut biru bergradasi warna, memukau dan memanjakan mata. Aktifitas seperti snorkeling dan diving dapat juga 


3. Pantai Bilalang 
Bukan belalang, tetapi Bilalang. Itulah nama yang disematkan kepada salah satu pantai di Tapanuli Tengah ini. Berada di kecamatan Barus, yang lebih dikenal sebagai pintu masuk agama Islam pertama di Indonesia, pantai Bilalang merupakan tempat wisata laut di Tapanuli Tengah yang amat memukau. Birunya laut berpadu dengan awan biru akan membuat anda terkesima. Pantai di Barus memang dapat disandingkan dengan pantai di Bali.


4. Pantai Sosor Godang
 Pantai Sosor Godang berada di kecamatan yang sama dengan pantai Bilalang, Barus. Pantai dengan view eksotis Tapanuli Tengah ini memang cukup menarik dikunjungi dan dimasukkan kedalam list itenary saat kamu tengah berplesir ke Tapteng. Pantai yang biasanya dikelilingi oleh kapal-kapal nelayan dan boat ini sangat menarik dipandang oleh mata saat cuaca cerah. Awan putih menyelimuti perbukitan dan laut biru memantulkan warna, this is heaven. Bermain di pantai berpasir putih.



5. Pantai Kalimatung
Pantai ini berada di pulau Kalimatung, jajaran pulau yang tak berpenghuni di kabupaten Tapanuli Tengah. Kalimatung biasanya dilewati bila anda hendak berkunjung ke pulau Murshala. Wisatawan selalu memilih tempat peristirahatan di pulau Putri atau pulau Kalimatung. Pantai ini dihiasi dengan taburan pasir berwarna putih bersih dengan hamparan laut berwarna biru. View eksotis terlihat sangat mempesona, pulau-pulau kecil di sekitar Kalimatung.



6. Pantai Kalangan
Pantai di Tapteng ini cukup terkenal, karena salah satu event di kabupaten yang famous dengan sebutan negeri sejuta pesona ini selalu diadakan di pantai Kalangan. Event Kenduri Laut yang diadakan satu tahun sekali sebagai wujud terimakasih warga akan karunia sang pencipta. Pantai Kalangan tidak jauh dari ibukota, Pandan. Terdapat banyak fasilitas seperti permainan air, kuliner seafood, dan masih banyak lagi. Wisatawan biasanya datang dengan rombongan keluarga mereka.



7. Pantai Batu Gerigis
Batu Gerigis adalah pantai yang unik, hamparan pasir yang luas merupakan salah satu keunikan dibanding 27 pantai di kabupaten Tapanuli Tengah. Pantai Batu Gerigis sudah menjadi lokasi wisata lokal yang dipadati oleh pengunjung, terutama bila musim libur tengah tiba. Terletak di Barus, pantai ini memiliki sarana dan prasarana yang sudah lengkap, tersedia sudut kuliner dan penyewaan alat-alat aktifitas pantai. Bermain olahraga pantai akan sangat menyenangkan disini.


8. Pantai Pandan
Pantai Pandan, mungkin anda sudah kerap mendengar pantai eksotis ini, Terletak di tepi pusat perkotaan Tapanuli Tengah, ia seolah menjadi penyegar ditengah hiruk pikuk dan aktifitas masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Pantai Pandan sudah menjadi primadona sejak dulu, saat masa penjajahan kolonial Belanda yang mengekspansi Sumatera Utara. Pantai ini memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai seperti pusat kuliner, penyewaan peralatan aktifitas pantai dan juga berbagai souvenir khas Tapteng maupun Sibolga.

9. Pantai Kade Tigo
Kade Tigo, dari kata-katanya saja sudah bisa ditebak bahwa masyarakat di Tapteng dan Sibolga berasal dari berbagai etnis dan rumpun. Sehingga tak jarang anda dapat menemukan berbagai bahasa lokal seperti melayu, batak, nias, dll. Pantai Kade Tigo terletak di kecamatan Barus. Pantai ini sangat indah bila dinikmati saat matahari akan terbit dan juga akan terbenam. Kade Tigo biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berwisata bahari.


10. Pantai Sitiristiris
Pantai Sitiristiris terletak di kecamatan Andam Dewi. Ia memiliki pemandangan garis pantai yang indah. Sepanjang bibir pantai, anda dapat menikmati air laut, gemercik yang menyentuh kaki anda, sebuah perjalanan yang tak akan mudah anda lupakan. Di pantai ini anda juga dapat melihar para nelayan yang menggantungkan hidup dengan cara mencari ikan di laut. Jadi bila anda hendak membawa oleh-oleh khas ikan Sibolga, anda tentu dapat membeli ikan segar langsung dari para Nelayan.

10 pantai diatas tentu menjadi refrensi bila anda hendak berkunjung ke Tapanuli Tengah atau juga Sibolga. Masih banyak pantai-pantai lainnya yang bisa anda kunjungi seperti: 11) Pantai Simanuk-Manuk 12) Pantai Muara Takus 13) Pantai Sipaubat 14) Pantai Kade Gadang 15) Pantai Hajoran 16) Pantai Kute 17) Pantai Lubuk Tukko 18) Pantai Kahona 19) Pantai Bottot 20) Pantai Muara Kolang dan lain-lainnya. Untuk akomodasi berupa hotel atau penginapan di Tapteng anda dapat memilih tempat beristirahat di Pandan atau juga boleh di Sibolga.

Nah demikian daftar pantai di Tapanuli Tengah yang tentunya semakin menyemarakkan pantai di Indonesia. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Text: Antonius Naibaho - Foto: Johny Siahaan)

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net