Home » , , , » Air Terjun Negeri Suah Sampuren Putih

Air Terjun Negeri Suah Sampuren Putih

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, November 12, 2014 | 10:33 AM

PariwisataSUMUT.net - Air Terjun Sampuren Putih atau lebih dikenal Air Terjun Negeri Suah berada di kawasan wisata Desa Negeri Suah. Berjarak 50 km dari ibukota Provinsi Sumatera Utara dan lokasinya masuk ke dalam wilayah Kabupaten Deli Serdang. Air Terjun ini merupakan bagian tak terpisahkan dari keberadaan Sungai Dua Rasa yang pamornya semakin terkenal akhir-akhir ini.

Rute/Alamat
Rute menuju Air Terjun Sampuren Putih dapat ditempuh dari Kota Medan menuju Sibolangit dengan menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Dari Sibolangit atau Bandar Baru anda hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit menuju lokasi. Namun ada opsi lain melalui kabupaten Deli Serdang dengan rute Delitua - Desa Penen - Desa Cinta Rakyat dan akhirnya sampai di objek wisata dengan waktu tempuh sekitar 55 menit.

Sarana dan Prasarana
Belum tersedia sarana dan prasarana yang memadai adalah kendala yang akan dihadapi oleh para wisatawan, jadi bila anda hendak berkunjung silahkan mempersiapakan segala sesuatunya dengan sempurna. 

Aksesibilitas
Jalan menuju Air Terjun Sampuren Putih akan sedikit banyak menggoda anda untuk menarik nafas dalam-dalam. Jalan yang masih belum mulus ditambah jalur transportasi yang hanya dapat dilalui moda roda dua dan roda empat.

What To See
Kawasan hutan tropis Bukit Barisan yang sangat memberi efek sejuk terasa begitu menyegarkan. Pemandangan hijau sejauh mata memandang akan menghantarkan anda pada satu ucapan syukur kepada sang pencipta. Perjalanan yang anda lalui tidak akan terasa begitu melelahkan karena rimbunnya pepohonan sebagai pelindung alami dari sengatan matahari. Luas areal air terjun mencapai 10 hektar dengan pemandangan air jernih disertai bebatuan padat. 

Sebenarnya air terjun Negeri Suah memiliki ketinggian hingga 150 meter, tetapi yang terlihat adalah bagian paling rendahnya saja. Dibutuhkan nyali yang kuat untuk menelusuri setapak demi setapak dari surga tersembunyi ini. Alkisah objek wisata Air Terjun Sampuren Putih terjadi karena legenda menarik yang mengkisahkan tentang dua orang abang beradik yang mencintai seorang gadis. Cinta yang membutakan, begitulah kira-kira. Sang abang membunuh sang adik dengan menyuruhnya turun menggunakan seutas tali, sesaat setelah sang adik menggantung sang abang dengan tega memutus tali tersebut hingga kemudian sang adik jatuh. Jalur dimana sang adik tersebut jatuh kemudian membentuk tujuh tingkatan air terjun.

Air Terjun ini mengandung belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit, oleh karena itu banyak pengunjung tak menyia-nyiakan kunjungannya dengan berendam di aliran sungai. Air Terjun dengan ketinggian sekitar 3 meter dan keluar dari goa kecil sepanjang 5 meter ini memang cukup pendek apabila dibandingkan dengan objek wisata lain sejenis di Sumatera Utara akan tetapi kandungan belerang dan juga legenda yang mengiringi berhasil menarik minat wisatawan. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Text: Lia N )

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net