Widget HTML Atas

Apa Pengertian Guest House: Jenis dan Bedanya dengan Hotel

Sejalan dengan masifnya perkembangan pariwisata di Indonesia, maka semakin banyak pula yang mengenal guest house. Guest house adalah akomodasi yang sering Anda temukan di destinasi wisata dan kota-kota besar Indonesia.

pengertian guest house
lokasi: mailaku guest house - gambar: @mailaku_house
Jika Anda pernah membuka layanan Trivago, Oyorooms, Agoda, Google Trip ataupun website dari Pariwisatasumut untuk mencari lokasi akomodasi hotel terdekat, salah satu yang sering ditawarkan adalah guest house.

Di Indonesia sendiri, lokasi guest house merata di tempat wisata dan keramaian kota. Seperti Bandung, Surabaya, Semarang dan Jakarta. Namun, letaknya tidak selalu strategis, bahkan lebih banyak di area non-prime.

Bisa saja Anda sudah pernah menginap singkat di guesthouse. Tetapi belum mengetahui apa sebenarnya pengertian guest house. Dan, apa pula yang menjadikannya beda dengan hotel. Dalam artikel ini, kami akan paparkan semua secara lengkap, baik mengenai karakteristik, contoh dan pengertiannya.

Apa Itu Guest House

Banyak yang ringkas saja mengartikan guest house ke dalam bahasa Indonesia menggunakan aplikasi google translate. Usai mengetik hurufnya di kolom, maka hasil yang keluar adalah rumah tamu. Terjemahan ini sudah bisa dipakai, tetapi belum bisa menjelaskan guest house secara tepat.

Maka dari itu, pengertian tentang Guest House menurut ahli atau akademisi perhotelan perlu dihadirkan.

Guesthouse merupakan usaha penginapan berskala kecil. Nama lainnya di Indonesia adalah pesanggarahan. penginapan dengan jenis seperti ini banyak yang asalnya dari rumah pribadi yang kemudian diubah menjadi guesthouse.

Ditilik dari sisi global, guesthouse memiliki pengertian yang berbeda-beda di setiap negara. Bahkan di kawasan Asia sendiri, pemilik properti punya standar sendiri dalam mendeskripsikan nama lain dari guest house.

Perbedaan Guesthouse dan Hotel

Secara tampilan gedung, ukuran sebuah guesthouse cenderung kecil. Begitupun dengan jumlah kamar yang disewakan, umumnya hanya terdiri dari 4 sampai 12 kamar tidur. Urusan harga, terdapat perbedaan mencolok antara hotel dan guesthouse dimana tarifnya bisa 2 kali lipat lebih murah.

Fasilitas yang ada di guesthouse hanya meliputi amenitas kamar, seperti ranjang, lemari, meja rias, sarapan pagi (opsional) dan kamar mandi. Sehingga bisa dikatakan jika akomodasi dengan tipe ini tidak sekompleks fasilitas hotel mewah.

Sementara dari model kepemilikan, guesthouse memiliki struktur lebih sederhana. Berbeda dengan hotel yang biasanya bersifat usaha korporat. Hal ini sekaligus memengaruhi manajemennya. Tak jarang pemilik juga bertindak sebagai karyawan, house keeping dan penerima tamu.

guest house
image via @pavilion_19

Karakteristik Guest House

Terdapat 4 karakteristik vital pada guest house yang menjadi kelebihan paling menguntungkan bagi tamu dibanding akomodasi jenis lain, yaitu:

1. Bernuansa kekeluargaan
Jika dilihat dari pelayanan yang disuguhkan, pemilik selalu membuat gueshouse dengan suasana bersahabat. Intinya, Anda akan dibuat senyaman mungkin. Karena itu pula, guesthouse selalu asyik untuk dipakai menginap bersama keluarga maupun individu.

2. Makanan dan Minuman
Pemilik guest house biasanya mempekerjakan staf housekeeper atau karyawan paruh waktu untuk membantu menyiapkan keperluan tamu. Seperti menyiapkan sarapan atau minuman di kitchen. Tetapi tidak semua guest house menyediakan breakfast.

3. Check In / Check Out
Guest house identik dengan staf paruh waktu. Atau dengan kata lain, karyawan yang dipekerjakan oleh pemilik tidak selalu 24 jam stand by berada di tempat. Itulah kenapa jadwal check in sering dilakukan melalui janji temu (appointment) lebih dulu.

4. Ketenangan
Aktivitas tamu di Guesthouse yang terbatas tentu menghadirkan suasana yang kondusif. Tanpa suara bising, ketenangan beristirahat bisa dinikmati penuh.

Sejarah dan Jenis Guest House

Seluk-beluk guesthouse tetap berkaitan dengan sejarah akomodasi. Asal munculnya guest house sudah berkembang sejak 705 masehi. Namun, berkembangnya baru beberapa puluh tahun belakangan seiring kebutuhan tempat menginap yang lebih tinggi.

Beberapa guesthouse di dunia semakin diminati karena fungsinya yang menyamai hotel. Sedangkan di Indonesia, jenis guesthouse syariah cukup berkembang sejak konsep wisata halal muncul jadi tren baru. Kini, tipe penginapan seperti ini sudah banyak dikelola profesional.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, guest house memiliki manfaat banyak bagi traveler. Meski banyak hotel murah di Medan dan kota lainnya di penjuru Indonesia, mungkin Anda penasaran ingin mencoba jenis akomodasi ini.

Berlangganan via Email