Home » , , » Lemang Tebing Tinggi

Lemang Tebing Tinggi

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, November 6, 2014 | 12:18 PM

pariwisatatebingtinggi/TMC - Tebing Tinggi, sebuah kota kecil di bagian barat Sumatera Utara, merupakan kota yang didiami oleh masyarakat yang berasal dari berbagai etnis. Tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah, kota yang berlambangkan Tugu Peringatan ini juga menjadi salah satu tujuan wisata kuliner terkenal di Sumut.


Lemang Tebing Tinggi, Lemang adalah panganan yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan santan kelapa yang dioleh/dimasak dengan menggunakan bambu dan sebelumnya sudah digulung dengan daun pisang. Ada berbagai jenis lemang khas dari Tebing Tinggi seperti Lemang Batok, Lemang Tapai, Lemang Ketan dan Lemang Kantong Semar. Produksi lemang di kota ini banyak juga didistribusikan ke kota Medan, alhasil penamaan pun sedikit mengalami perubahan menjadi Lemang Medan. Kreatifitas para pengolah lemang di Tebing Tinggi patut diancungi jempol, bagaimana tidak, mereka melakukan inovasi-inovasi dengan memberikan sentuhan berbagai rasa pada lemang. Kini anda dapat menikmati lemang Durian, lemang Rambutan dan berbagai jenis lemang lainnya.


Lemang sangat lezat bila disantap dalam keadaan hangat, karena rasa gurih dan nikmatnya akan terasa ketika bambu berisi beras ketan tersebut dibelah yang kemudian disajikan diatas piring. Umumnya para pengunjung memilih untuk mencari Lemang Batok karena selain sudah terkenal dan tersimpan dibenak para food traveler, Lemang Batok memang berbeda dengan yang lain, memiliki ciri khas pada rasanya dan juga isi lemang yang lumayan berlemak (mengandung minyak).


Karena keunikan ini juga Tebing Tinggi dikenal sebagai Kota Lemang, menyambut baik identitas tersebut, pemerintah setempat bahkan secara rutin melakasanakan event kuliner bertajuk Lemang. Nah bagi anda yang memang ingin berkunjung ke Tebing Tinggi, jangan lewatkan untuk berburu kuliner Lemang yang dapat anda temukan di setiap sudut kota Tebing Tinggi. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Text: Antonius Naibaho Foto: TebingTinggi
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net