Home » , , , » Rafting Di Sungai Asahan

Rafting Di Sungai Asahan

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, November 17, 2014 | 11:36 AM


PariwisataSUMUT.net - Lokasi Arung Jeram Sungai Asahan sudah sangat populer di mata para rafter baik domestik maupun internasional. Keganasan arus dan tantangan jeram di Sungai Asahan bahkan mengantarkan sungai yang berasal dari Danau Toba ini menjadi lokasi arung jeram terbaik ketiga di dunia setelah Colorado di Amerika dan Zambesi di Afrika. Sungai Asahan adalah satu dari tujuh lokasi wisata olahraga arung jeram di provinsi Sumatera Utara.

Aliran deras Sungai Asahan mencapai 20 meter kubik perdetik sehingga digolongkan ke dalam grade level 4 dan 5. Panjang sungai Asahan kurang lebih mencapai 147 km. Sungai ini berhulu dari Danau Toba dengan jumlah 5 buah anak sungai. Curah hujan di kawasan Asahan berkisar 2.114 mm per tahunnya. Sungai Asahan melintasi beberapa daerah besar di Sumatera Utara seperti Kota Kisaran, Tanjung Balai. Pematang Siantar dan juga Balige (Ibukota Kab Tobasa). 


Sungai Asahan adalah lokasi kayaking dan arung jeram bagi para rafter profesional dengan melintasi sungai sepanjang 22 km yang biasanya dimulai dari Desa Tangga hingga kemudian berakhir di Bandar Pulau. Asahan kerap dijadikan sebagai lokasi perlomban arung jeram baik tingkat nasional maupun internasional karena memiliki 4 jenis tantangan yang luar biasa mulai dari level 4 hingga level 5 yang dibagi kedalam 2 bagian. Salah satu lomba rafting tingkat internasional di sungai Asahan adalah Asahan Whitewater Festival. 

Level 1-3
Level Ringan berada di kawasan hulu sungai yang aliran airnya belum begitu deras, pemandangan hijau dari flora di sekitar aliran sungai terlihat begitu menarik. Level ini berlokasi di sekitar kawasan setelah hulu sungai dan juga hilir sungai atau di Desa Tangga dan Bandar Pulau.

Level 4-5
Level ini sangat ekstrim dan memiliki tingkat kesulitan yang sangat berbahaya sehingga sangat tidak dianjurkan bagi rafter pemula. Di kawasan ini akan ditemui beberapa air terjun di tepi sungai dan juga debit air deras dengan jeram yang sulit ditebak ditambah bebatuan besar dan kecil. Berada pada bagian wilayah hulu dan juga sebelum hilir sungai.


Ketidakteraturan tantangan arung jeram di Sungai Asahan menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan yang memiliki hobby wisata ekstrim. Di kota Medan terdapat beberapa rafter yang secara khusus menangani jenis wisata arung jeram. Nah bila anda memang sudah profesional dan ingin mencoba adrenalin di lokasi arung jeram Sungai Asahan, tunggu apalagi?. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Oleh: Antonius Naibaho)

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net