Widget HTML Atas

Pesona Ponot, Air Terjun "Tertinggi" di Sumatera Utara

Air Terjun Ponot di Dusun Sampuransiarimo ini menyandang status sebagai air terjun tertinggi mengalahkan Sipiso Piso yang keduanya berada di Provinsi Sumatera Utara. Masuk ke dalam wilayah Kabupaten Toba Samosir, Ponot merupakan objek wisata yang memiliki pesona tersendiri.

Pesona Pariwisata Toba Samosir tak hanya mengandalkan potensi Danau Toba, Sungai Asahan yang mengalir deras membelah dua kabupaten yakni Asahan dan Toba Samosir (Tobasa) kini acap kali dijadikan sebagai lokasi wisata olahraga rafting atau arung jeram. Bahkan Sungai Asahan sudah begitu dikenal luas oleh rafter dari berbagai negara karena memiliki arus menantang.

instagram/aldojunifer
Lalu bagaimana dengan Air Terjun Ponot? disnyalir memiliki ketinggian mencapai 250 meter, air terjun ini kian ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama dari Kota Medan.

Ponot memiliki peranan penting bagi masyarakat yang bermukim di dua kabupaten yakni Asahan dan Tobasa, derasnya debit air digunakan sebagai daya pembangkit listrik tenaga air yang dikenal dengan nama PLTA Asahan lewat Bendungan Asahan.

Aksesibilitas
Untuk menuju Air Terjun Ponot dari Kota Medan, kamu dapat menggunakan transportasi publik, namun disarankan untuk memakai kendaraan pribadi saja. Medan menuju Tebing Tinggi kemudian lanjutkan perjalanan ke Kisaran. Dari kota ini, arahkan perjalanan kamu menuju Simpang Pulau raja dan terus menuju lokasi yakni Dusun Sampuran Siarimo, Desa Tangga, Aek Songsongan.

Baca juga artikel Pariwisata Sumut Net Lainnya:

Retribusi
Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000/orang. Harga ini tidak terlalu mahal dan menguras kantong.

instagram/putra_pelawi
Fasilitas
Air Terjun Ponot memang belum dikelola secara maksimal, terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan ringan. Sebab itu pula jauh lebih baik jika kamu membawa bekal. Bila ingin menikmati sensasi segarnya deburan air, di lokasi tersedia beberapa tempat untuk berganti pakaian.

Destinasi Terkait
Selain itu kamu dapat menyaksikan keindahan Paritohan yang acap kali dijadikan sebagai tempat persinggahan karena memiliki panorama alam yang menarik. Tidak itu saja, Pemandian Alam Pansur Napitu yang baru-baru ini viral juga layak dikunjungi karena kejernihan dan keasriannya. (LN/PSN).