Home » , , » Telisik Gua Batu Rizal Di Langkat

Telisik Gua Batu Rizal Di Langkat

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Saturday, November 22, 2014 | 8:30 PM


PariwisataSUMUT.net - Gua Batu Rizal, objek wisata speologi di Langkat Sumatera Utara ini memang benar-benar memukau. Berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Gua Batu Rizal menambah deretan objek wisata di area Bahorok. Di kawasan TNGL, terdapat objek wisata sejenis lainnya yakni Gua Kampret (Baca: Gua Kampret Alias Bat Cave Di Langkat )

Lokasi Batu Rizal Cave (Patu Rizal) berada persis di lereng Bukit Barisan Hulu Bahorok - Langkat. Rute menuju objek wisata ini apabila berangkat dari Kota Medan maka sila arahkan kemudi anda ke Binjai, selanjutnya teruskan ke Bahorok. Aksesibilitas cukup memadai, namun dari Kota Binjai ke lokasi wisata tidak terlalu bagus, pengunjung harus extra hati-hati. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Binjai dengan jarak kurang lebih 87 km.

Review
Gua Patu Rizal memiliki keindahan alam nan asri, kelestarian ekosistem di kawasan TNGL memang sudah menjadi brand dari dari kawasan eko wisata di Langkat ini. Panorama Bukit Barisan disepanjang perjalanan menuju lokasi wisata terlihat begitu hijau bak permadani. Sesampainya di lokasi Gua Batu Rizal anda akan menyaksikan wisata geo sesungguhnya.

Ibarat masuk ke dalam perut bumi, begitulah istilah yang kerap digunakan para penjelajah alam bila memasuki gua sepanjang 250 meter. Terbentuk sejak ratusan tahum silam, Gua Batu Rizal menjadi surga tersembunyi stalagmit dan stalagnit yang terbentuk akibat proses kimia dari tetesan air di dalam goa. Keindahan batu-batu tersebut akan semakin semarak tatkala musim hujan tiba, Jamur Glow In The Dark yang memancarkan cahaya di kondisi gelap seolah memberi penerangan dengan warna hijaunya. Aneka jenis bebatuan alami di Gua Patu Rizal juga tidak kalah menarik, ada bebatuan yang menyerupai air terjun, sawah terasering, batu karang dan pilar yang jarang anda temukan di alam terbuka.

Gua Batu Rizal cocok dijadikan sebagai lokasi camping dan bumi perkemahan. Di sekitar mulut gua terdapat sungai-sungai kecil (anak sungai) yang dapat anda gunakan untuk mandi, merasakan kesegaran sungai alami di Bukit Barisan. 
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net