Home » , » Museum Mahaputra Utama Djamin Ginting

Museum Mahaputra Utama Djamin Ginting

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, December 7, 2014 | 8:00 PM

PariwisataSUMUT.Net - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Karo, tak hanya sebatas berwisata alam menikmati dingin dan sejuknya saja. Wisata budaya dan wisata sejarah juga dapat anda saksikan di kabupaten yang jaraknya hanya sekitar 2 jam-an saja dari Kota Medan ini. Salah satunya adalah Museum Mahaputra Utama Djamin Ginting 

Lokasi Museum Mahaputra Utama Djamin Ginting terletak di Kabupaten Karo, rute menuju lokasi dapat ditempuh dari Kota Medan menggunakan transportasi baik publik maupun pribadi moda roda empat dan roda dua. Aksesibilitas sudah cukup memadai. 

Sejarah
Letjen TNI Pur Djamin Ginting, adalah sosok pahlawan berdarah Karo yang dilahirkan di Desa Suka. Ia terkenal karena kegigihannya dalam menentang penjajahan Belanda. Beliau juga merupakan penulis dari beberapa buku berkaitan dengan perjuangannya mengusir pemerintahan Hindia Belanda. Berkat pengorbanannya, Presiden RI menganugerahi Djamin Ginting sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 7 November 2014. Untuk mengenang jasa-jasa beliau, maka didirikan sebuah museum di Desa Suka Kecamatan Tiga Panah. Museum ini diresmikan pada 07 September 2013 oleh Mentri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dengan tujuan melestarikan nilai-nilai perjuangan dan kebudayaan. 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
20 Tempat Wisata Di Kabupaten Karo.
Review
Memasuki areal museum, arsitektur dan design bangunan cukup menarik. Bentuknya seperti kacang dengan warna milenium atau perak. Monumen kurang lebih setinggi dua meter berlatar kain ternun tradisional Karo dan terdapat juga meriam. Uis menjadi daya pikat yang membuat monumen tersebut terlihat semakin menarik karena unsur kebudayaan karo dari kain tenun tradisional yang terasa kental. 

Fasilitas
Sebagai museum bergaya modern, fasilitas Museum Djamin Ginting sudah sangat memadai, terdapat sebuah Amphiteater yang digunakan untuk perhelatan event-event budaya dan seni. Masih di lantai 1, terdapat sebuah sudut dimana berbagai jenis buku koleksi dari Djamin Ginting yang dapat dibaca bebas oleh para pengunjung. Terdapat 2 galery di museum ini, yakni Galery Lantai 1 yang menyuguhkan berbagai jenis elemen-elemen kebudayaan Karo sedangkan di galery ke 2 terdapat benda-benda berkaitan dengan kisah perjalanan hidup Alm Djamin Ginting. Selain itu ada juga toko merchandise yang menjual berbagai oleh-oleh khas baik T-Shirt dll. Di luar ruangan ada arena permainan diperuntukkan untuk anak-anak. Nah tunggu apalagi? bila tengah hendak berlibur ke Tanah Karo, Museum ini tentu sangat menarik bila dikunjungi. Jangan lupa baca refrensi destinasi wisata lainnya di Kabupaten Karo yakni: Salam Peduli Pariwisata Sumut.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net